KEPEMIMPINAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.38427Keywords:
Kepemimpinan, Pelayanan Kesehatan, kesehatanAbstract
Gaya kepemimpinan memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi. Saat ini, Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan primer berperan krusial dalam upaya meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat. Dari Segi realitas puskesmas dipandang sebagai salah satu instansi ujung tombak bagi peningkatan pembangunan kesehatan. Dalam pelaksaanan kerjanya, puskesmas maupun rumah sakit tidak jarang dihadapkan dengan adanya berbagai kendala yang berhubungan dengan diskonsistensi kebijakan dan juga permasalahan internal yang bersumber langsung dari puskesmas tersebut. Keseluruhan tantangan dan permasalahan di kedua unit pelayanan kesehatan tersebut tentunya memerlukan respon cepat dan tata kelola organisasi yang baik dan benar serta adanya sosok pemimpin yaitu kepala puskesmas dan juga kepala rumah sakit yang dinilai berkompeten. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara lebih mendalam tentang keterkaitan antara kepemimpinan dalam pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode narrative literature review, yang melibatkan perbandingan dan analisis teori-teori yang telah ada sebelumnya serta mencari referensi untuk mendukung landasan teori yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan memainkan peran krusial dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di berbagai tingkatan, termasuk pelayanan tingkat pertama, tingkat lanjut, dan lembaga non-pemerintah. Didapakan kesimpulan yaitu Kepemimpinan yang baik terbukti mampu mengatasi berbagai tantangan, seperti distribusi tenaga kesehatan yang tidak merata, minimnya sarana dan prasarana di daerah terpencil, serta cakupan wilayah kerja yang luasReferences
Journal
Agustiningsih C,T, Kurniasih D.E, Rodiyah. (2021). Model Kepemimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat Dalam Program Kesejahteraan Lanjut Usia Daerah Istimewa Yogyakarta (Studi Kasus Indonesia Ramah Lansia).
Amir, A., Lesmana, O., Noerjoedianto, D., & Subandi, A. (2021). Peran Kepemimpinan di Puskesmas terhadap kinerja organisasi dan kualitas pelayanan Kesehatan. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 526-537.
Fauzi, W. N. A., Noviansah, A., Mizaniya, M., Andrean, S., & Ats-Tsauri, M. S. (2020). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Lembaga Pendidikan Islam. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 61-72.
George, B., Walker, R. M., & Monster, J. (2019). Does Strategic Planning Improve Organizational Performance? A Meta?Analysis. Wiley Online Library, 79(6), 810–819. https://doi.org/10.1111/puar.13104
Juniati, M., Rita, K., & Wahyuni, W. (2024). Pengaruh Kompetensi, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja Terhadap Keamanan Obat yang Harus Diwaspadai di Rumah Sakit Citragarden City. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4(6), 2259-2282.
Murnisiah, E., & Sureskiarti, E. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Long Ikis. Borneo Studies and Research, 2(1), 99-105.
Nurdiyansyah, A. K., Asgiani, P., Septiyani, N., Nurafiani, N., Devi, P. S., & Yasmin, S. H. (2024). Problem Solving Permasalahan Unit Rekam Medis Di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Rm. Seodjarwadi Jawa Tengah. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 14(1), 41-49.
Rahmatillah, F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Suportif Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan.
Saputra, D., Parashakti, R. D., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Lapangan. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 1(01), 1-14.
Setiani, R. B., Meliala, A., & Kusumaratna, R. (2022). Kepemimpinan Klinis Dokter Umum Di Rumah Sakit Kanker Dharmais. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 25(4).
Sophian, S., & Kbp, I. E. (2023). Sistem informasi pengolahan data pasien di puskesmas. JEECOM Journal of Electrical Engineering and Computer, 5(1), 86-90.
Tawalujan, T. W., Korompis, G. E. C., & Maramis, F. R. R. (2019). Hubungan antara Status Akreditasi Puskesmas dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Kota Manado. Jurnal Kesmas,7(5), 1-11.
Usman, U., Badiran, M., & Muhammad, I. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Peureulak Barat. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 5(1), 23-33.
Yuniarto, A., Runtu, J., Tulasi, D., Wulani, F., & Muljani, N. (2024). Pelatihan Kepemimpinan Transformasional Dan Keterikatan Pada Organisasi Untuk Peningkatan Kapabilitas Pengurus Lsm Biinmafo Di Surabaya. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 1-9.
Book
Kurniasih, D, E., Untari, J. (2023). Buku ajar kepemimpinan bidang kesehatan Masyarakat. Makassar: Mitra ilmu.
Siregar, P, A., Hasibuan, R., Susanti, N., Ashar, Y, K. (2024). Pengembagan dan Pengorganisasian Kesehatan Masyarakat. Medan: Merdeka Kreasi.
Thesis, Desertation
Itawari, L. (2020). Pelaksanaan Kepemimpinan Klinis di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara Tahun 2019 (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azzahra Al Adawiyah, Nanda Nabilah, Faiz Agung Luthfiansyah, Puteriyani Khairunisa, Wasiyem Wasiyem

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


