PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA MELALUI PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG MENCUCI TANGAN DI TK DHARMA WANITA GELURAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.38288Keywords:
anak-anak, cuci tangan, sekolah, penyuluhanAbstract
Hasil observasi di TK Dharma Wanita Geluran, dari 25 siswa dalam satu kelas ditemukan hanya ada 3 siswa yang mencuci tangan secara mandiri sebelum memakan bekal dan 2 siswa yang tidak masuk sekolah karena diare. Atas permasalahan yang ada, maka diperlukannya edukasi melalui penyuluhan PHBS pada siswa. Tujuan dari penyuluhan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa terkait cara cuci tangan yang baik dan benar. Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak usia dini yang bersekolah di TK Dharma Wanita Geluran, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo dan diikuti oleh 65 Siswa TK B. Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu tanggal 19, 20, dan 21 Oktober 2023. Kegiatan ini dilaksanakan melalui sarana kegiatan belajar bersama dalam bentuk tatap muka dalam kelompok, penyuluhan yang diberikan, meliputi: materi melalui slides PowerPoint dan dongeng interaktif, demonstrasi mengenai 6 langkah cuci tangan yang baik dan praktik mencuci tangan basah dengan air mengalir dan cuci tangan kering dengan hand sanitaizer. Melalui observasi langsung oleh tim, hasil yang dicapai dari kegiatan penyuluhan praktik PHBS di TK Dharma Wanita menunjukkan terdapat sebanyak 71% peserta mampu melakukan cuci tangan, hal ini menandakan mereka mampu untuk menyerap informasi sederhana yang telah disampaikan khususnya dengan bantuan media audio visual dan praktik langsung. Diharapkan kedepannya pihak sekolah dan orangtua dapat terus mensosialisasikan dan membiasakan siswa untuk mencuci tangan dengan benar sehingga anak-anak dapat membiasakan perilaku mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dalam kehidupan sehari hari.References
Afrinis, N., Indrawati, I., & Farizah, N. (2020). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Karies Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 763-767.
Aindrawati, K. (2014). Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Sikap Pola Asuh Gizi Ibu Anak Usia Dini (AUD) Di Tk Idhata Unesa. E-Journal Boga. 3(1), 1-7.
Amareta, D. I., & Ardianto, E. (2017). Penyuluhan Kesehatan dengan Metode Emo Demo Efektif Meningkatkan Praktik CTPS di MI Al-Badri Kalisat Kabupaten Jember. Seminar Nasional Hasil Penelitian Ristekdikti, 246-250.
Anggela Larumunde, G. (2022). Media Kartu Bergambar Prosedur Mencuci Tangan Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Aktivitas Mencuci Tangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 5(2), 31–42.
Arumie, P. A., & Paramita, F. B. (2022). Inovasi Pembelajaran “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)” Terhadap PAUD. Conference Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 168-175.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2013). Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Kementrian Kesehatan republik Indonesia
Centers for Disease Control and Prevention. (2022). Handwashing: A Family Activity. US: United Nations Children's Fund
Hasanah, U., Mahardika, D.R. (2020). Edukasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia Dini untuk Pencegahan Transmisi Penyakit. Jurnal Universitas Muhammadiyah jakarta, 1(1), 12-17.
Hendrasari, R. S., Suseno, & Antara, A. N. (2021). Peningkatan Pengetahuan Dan Kesadaran Pola Hidup Bersih Dan Sehat. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2044-2052.
Hidayati, Musniati, M. (2020). Sosialisasi Perilaku Cuci Tangan melalui Gerak dan Lagu pada Komunitas Satu Senyum. Jurnal Arsip Pengabdian Masyarakat.,1(2), 53-61.
Juliawan, D. G., Mirayanti, N. K. A., & Parwati, N. A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Bernyanyi Lagu Cuci Tangan Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Anak Prasekolah. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 3(1), 11–20.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Pasal 79 tentang Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Marlina, E., Aticeh. (2024). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (Mencuci Tangan) Pada Siswa TK Al Husnayain Kotabaru Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mentari, 1(3), 38-42.
Megawati, A., Hastuti, E. D., & Sari, D. E. M. (2018). Peningkatan Kualitas Kesehatan Anak Dengan Penerapan Cara Mencuci Tangan Yang Benar Dan Pengenalan Tentang Obat Kepada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 1(1), 26-35.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Pendidikan dan Promosi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pebiansyah, A., Yuliana, A., Nita, P., & Anisa, R. (2023). Pemberdayaan Kelompok Ibu-Ibu Persatuan Islam Istri Tawang dalam Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(5), 4887–4897.
Prasanti, D., & Fuady, I. (2017). Penyuluhan Program Literasi Informasi Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Sanitasi bagi Masyarakat di Kaki Gunung Burangrang Kab. Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 129.
Primantoro, Rosita, Yunitasari N. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi Dengan Metode Bermain (Bercerita) Terhadap Perilaku Menggosok Gigi Anak Prasekolah. Global Health Science, 2(2), 103-110.
Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385.
Suryani, L. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa/I Sekolah Dasar Negeri 37 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 1(2), 17–28.
Tsinallah, N., dkk. (2022). Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Dini Terhadap Perilaku Cuci Tangan dengan Penerapan Media Modern. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakar LP UMJ, 94-105.
Yuliana, A., Priatna, M., Rahmiyani, I., Amin, S., Yeni A, A., & Indra, I. (2022). Gambaran Tingkat Kesadaran Masyarakat Dalam Penerapan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-. Jurnal PengaMAS, 4(3), 259–269.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Neha Nabila Balqis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


