MENGINTEGRASIKAN PERMAINAN KARTU DALAM PBL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KOGNITIF MAHASISWA KEPERAWATAN

Authors

  • Lisa Fradisa Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Perintis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.38270

Keywords:

Domino Card Game, Problem-Based Learning (PBL), motivation, learning outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan permainan kartu domino dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa keperawatan pada mata kuliah Ilmu Dasar Keperawatan (IDK). Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing mencakup empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aktivitas dosen dan mahasiswa. Pada siklus pertama, rata-rata aktivitas dosen tercatat 3,71 (kategori sangat baik) dan meningkat menjadi 4,00 pada siklus kedua. Aktivitas mahasiswa juga mengalami peningkatan dari 3,37 pada siklus I menjadi 3,89 pada siklus II. Penggunaan permainan kartu domino dalam pembelajaran PBL terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam diskusi, penyelidikan kelompok, dan evaluasi proses pemecahan masalah. Selain itu, motivasi belajar mahasiswa juga meningkat, dengan persentase mahasiswa yang merasa lebih termotivasi untuk mengikuti pembelajaran meningkat dari 28,10% pada siklus I menjadi 68,80% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan PBL yang dipadukan dengan permainan kartu domino dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa keperawatan, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di pendidikan tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi PBL dan permainan kartu domino adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi mahasiswa, sehingga dapat diadopsi lebih luas dalam pendidikan keperawatan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

References

Ainurrahman, A. (2012). Aktivitas Belajar dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 18(4), 301-310.

Darma, S., Supriyadi, S., & Firdaus, M. (2018). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Penerbit Pendidikan.

Djamarah, S. B. (2002). Motivasi Belajar dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 17(3), 223-229.

Hafidzulloh, A., & Erman, I. (2021). Pembelajaran yang Menyenangkan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 23(2), 157-165.

Jayanti, N., Setyaningrum, T., & Purnama, M. (2017). Penggunaan Permainan dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 21(3), 113-120.

Kristiana, N., & Radia, S. (2021). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 19(2), 101-109.

Nurmala, S., Sari, I., & Widyastuti, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ilmu Dasar Keperawatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 45-53.

Retna Widayanti, A. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 89-97.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, D. (2016). Penggunaan Model Kooperatif dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Pendidikan Keperawatan, 14(3), 211-219.

Djamarah, S. B. (2000). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rizki, R. (2019). Pengaruh Pembelajaran Aktif terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas X. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 95-108.

Simamora, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 19(2), 121-130.

Febriani, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan, 17(1), 45-52.

Utami, R. (2020). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 89-97.

Karwanto, A., & Yulianti, E. (2020). Penerapan Pembelajaran Bermain dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 21(3), 115-121.

Purnama, M., & Widiastuti, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran yang Menarik untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Media Pembelajaran, 19(3), 112-119.

Utami, A. S. (2020). Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 24(2), 202-209

Downloads

Published

2024-12-27