MENGINTEGRASIKAN PERMAINAN KARTU DALAM PBL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KOGNITIF MAHASISWA KEPERAWATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.38270Keywords:
Domino Card Game, Problem-Based Learning (PBL), motivation, learning outcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan permainan kartu domino dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa keperawatan pada mata kuliah Ilmu Dasar Keperawatan (IDK). Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing mencakup empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aktivitas dosen dan mahasiswa. Pada siklus pertama, rata-rata aktivitas dosen tercatat 3,71 (kategori sangat baik) dan meningkat menjadi 4,00 pada siklus kedua. Aktivitas mahasiswa juga mengalami peningkatan dari 3,37 pada siklus I menjadi 3,89 pada siklus II. Penggunaan permainan kartu domino dalam pembelajaran PBL terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam diskusi, penyelidikan kelompok, dan evaluasi proses pemecahan masalah. Selain itu, motivasi belajar mahasiswa juga meningkat, dengan persentase mahasiswa yang merasa lebih termotivasi untuk mengikuti pembelajaran meningkat dari 28,10% pada siklus I menjadi 68,80% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan PBL yang dipadukan dengan permainan kartu domino dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa keperawatan, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di pendidikan tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi PBL dan permainan kartu domino adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi mahasiswa, sehingga dapat diadopsi lebih luas dalam pendidikan keperawatan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.References
Ainurrahman, A. (2012). Aktivitas Belajar dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 18(4), 301-310.
Darma, S., Supriyadi, S., & Firdaus, M. (2018). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Penerbit Pendidikan.
Djamarah, S. B. (2002). Motivasi Belajar dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 17(3), 223-229.
Hafidzulloh, A., & Erman, I. (2021). Pembelajaran yang Menyenangkan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 23(2), 157-165.
Jayanti, N., Setyaningrum, T., & Purnama, M. (2017). Penggunaan Permainan dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 21(3), 113-120.
Kristiana, N., & Radia, S. (2021). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 19(2), 101-109.
Nurmala, S., Sari, I., & Widyastuti, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ilmu Dasar Keperawatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 45-53.
Retna Widayanti, A. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 89-97.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sari, D. (2016). Penggunaan Model Kooperatif dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Pendidikan Keperawatan, 14(3), 211-219.
Djamarah, S. B. (2000). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rizki, R. (2019). Pengaruh Pembelajaran Aktif terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas X. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 95-108.
Simamora, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 19(2), 121-130.
Febriani, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan, 17(1), 45-52.
Utami, R. (2020). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 89-97.
Karwanto, A., & Yulianti, E. (2020). Penerapan Pembelajaran Bermain dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 21(3), 115-121.
Purnama, M., & Widiastuti, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran yang Menarik untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Media Pembelajaran, 19(3), 112-119.
Utami, A. S. (2020). Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 24(2), 202-209
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lisa Fradisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


