PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA TIM DI PUSKESMAS

Authors

  • Datik yuli Darwati Program Studi Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Ressy Guslita Program Studi Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Miftah Mudrikah Program Studi Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Purwadhi Purwadhi Program Studi Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Yani Restiani Wijaya Program Studi Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Kota Bandung, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.38199

Keywords:

budaya organisasi, kinerja tim, puskesmas, pelayanan kesehatan

Abstract

Budaya organisasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja tim di puskesmas, terutama dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Artikel ini mengulas berbagai literatur tentang penerapan budaya organisasi di sektor kesehatan, khususnya pada puskesmas. Budaya organisasi meliputi inovasi dan pengambilan risiko, orientasi pada hasil dan detail, kerja sama tim dan orientasi pada individu, komitmen, dan stabilitas. Melalui kajian literatur, artikel ini menyimpulkan bahwa penerapan budaya organisasi yang tepat dapat meningkatkan kualitas pelayanan di puskesmas. Diharapkan adanya penguatan budaya organisasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di berbagai puskesmas.

References

Akpa, V. O., Asikhia, O. U., & Nneji, N. E. (2021). Organizational culture and organizational performance: A review of literature. International Journal of Advances in Engineering and Management, 3(1), 361–372.

Fidorova, Y., Ningsih, U. Y., Oktami, R., & Agustina, D. (2023). Penerapan budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanjung Langkat. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1224–1229. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15124

Hidayah, N. M., & Muh Multazam, A. (2024). Hubungan budaya organisasi terhadap kinerja Puskesmas Tanralili Kabupaten Maros Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 443–461.

King, K. A. (2021). The Employee and Talent Management: An Interaction Framed Through Three Lenses: Work, Team, and the Organization. In The Routledge Companion to Talent Management (pp. 44–56). Routledge.

Manalu, G. (2022). Identifying an organizational culture model/framework for an effective approach to quality management: a comprehensive literature review. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(12), 4250–4259.

Ridwan. (2021). Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 1(4), 14–4.

Rizky, M., Fakultas Ekonomi, M., Bisnis, D., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi: Gaya kepemimpinan, kepuasan kerja & budaya organisasi (suatu kajian studi literatur manajemen sumberdaya manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 290–301. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3

Schein, E. H. (2010). Organizational culture and leadership (Vol. 2). John Wiley & Sons.

Wirtama, I. B. S., Darsono, J. T., & Sumarsono, T. G. (2020). Job Satisfaction as a Mediating of Leadership Style and Organizational Culture on Employee Performance of Togamas Discount Bookstore,Indonesia. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering, 06(01). https://doi.org/10.31695/ijasre.2020.33677

Downloads

Published

2024-12-07