EFEKTIVITAS EDUKASI KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PASIEN HIPERTENSI DI PROVINSI LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.38194Keywords:
Edukasi Kesehatan, Kepatuhan, HipertensiAbstract
Dengan memberikan lebih banyak pengetahuan dan mendorong lebih banyak kepatuhan, edukasi bertujuan untuk mengurangi kemungkinan timbulnya masalah. Edukasi kesehatan juga dapat mengubah perspektif dan perilaku masyarakat dalam hal pencegahan penyakit. Ketika diukur dalam dua interval 5 menit yang terpisah, hipertensi didefinisikan sebagai peningkatan tekanan darah sistolik sebesar 140 mmHg atau lebih dan peningkatan tekanan darah diastolik sebesar 90 mmHg atau lebih. Peneliti bertujuan untuk mengetahui seberapa baik tingkat kepatuhan pasien hipertensi meningkat setelah menerima edukasi kesehatan. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, yang mengikuti desain kuasi-eksperimental berdasarkan eksperimen seri waktu atau desain pra dan pasca-tes dengan satu kelompok. Metode seperti pengambilan sampel non-probabilitas berdasarkan pengambilan sampel insidental digunakan untuk mengumpulkan sampel. Nilai p-value sebesar 0,03 ditemukan dari hasil uji-t berpasangan. Jumlah kepatuhan hipertensi berbeda sebelum dan sesudah sekolah, seperti yang ditunjukkan oleh hasil p Value <0,05References
Andri, J., Padila, P., Sartika, A., Andrianto, M. B., & Harsismanto, J. (2021). Changes of Blood Pressure in Hypertension Patients Through Isometric Handgrip Exercise. JOSING: Journal of Nursing and Health, 1(2), 54–64.
Andri, J., Permata, F., Padila, P., Sartika, A., & Andrianto, M. B. (2021). Penurunan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi Menggunakan Intervensi Slow Deep Breathing Exercise. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 255–262.
Bensley, R. J., & Brookins-Fisher, J. (2009). Metode Pendidikan Kesehatan Msyarakat.
Hyseni, L., Green, A. E., Lloyd-Williams, F., O’Flaherty, M., Kypridemos, C., McGill, R., Orton, L., Bromley, H., Cappuccio, F., & Capewell, S. (2016). P48 Systematic review of dietary salt reduction policies: evidence for an “effectiveness hierarchy”? BMJ Publishing Group Ltd.
Kemenkes, R. I. (2019). Hipertensi si pembunuh senyap. Kementrian Kesehatan RI, 1(5).
Lenfant, F., Trémollières, F., Gourdy, P., & Arnal, J.-F. (2011). Timing of the vascular actions of estrogens in experimental and human studies: why protective early, and not when delayed? Maturitas, 68(2), 165–173.
Lukitaningtyas, D., & Cahyono, E. A. (2023). Hipertensi; Artikel Review. Pengembangan Ilmu Dan Praktik Kesehatan, 2(2), 100–117.
Mahayuni, K. S. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Hipertensi Pada Pasien Hipertensi Di RSUD Kabupaten Klungkung Tahun 2021. Jurusan Keperawatan 2021.
MF, M., & Samiasih, A. (2012). Karakteristik dan pengetahuan pasien dengan motivasi melakukan kontrol tekanan darah di wilayah kerja puskesmas sragi i pekalongan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(2).
Ningsih, A. P. (2018). Pengaruh Edukasi Hipertensi Berbasis Budaya Makassar Terhadap Tingkat Pengetahuan Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Paccerakkang. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Hasanuddin.
Noni, Y. (2019). Gambaran Tingkat Kepatuhan Pengobatan Terapi Diabetes Mellitus Tipe II Di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Periode Juli-Agustus 2019. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi penelitian kesehatan. Rineke Cipta.
Nugraha, D. P., Amalia, A., Oktafiona, E. W., Alifa, A. R., Ernawati, E., & Maurizka, I. O. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dengan Menggunakan Pillbox dalam Rangka Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi di Desa Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Journal of Community Service (JCS), 1(2), 1–6.
Permata, F., Andri, J., Padila, P., Andrianto, M. B., & Sartika, A. (2021). Penurunan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi Menggunakan Teknik Alternate Nostril Breathing Exercise. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(2), 60–69.
Purwono, J., Sari, R., Ratnasari, A., & Budianto, A. (2020). Pola konsumsi garam dengan kejadian hipertensi pada lansia. Jurnal Wacana Kesehatan, 5(1), 531–542.
Riskesdas, K. (2018). Hasil utama riset kesehata dasar (RISKESDAS). Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–200.
Rosyida, L. (2015). Kepatuhan Pasien Pada Penggunaan Obat Antidiabetes Dengan Metode Pill Count dan MMAS-8 di Puskesmas Kedurus Surabaya Selatan. UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Saputri, Y. I., & Abi Muhlisin, H. M. (2015). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan kepatuhan diit hipertensi pada lanjut usia di desa Wironanggan Kecamatan Gatak Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sari, J. I., & Tahun, O. D. R. (2023). Efektivitas Metode Edukasi Terhadap Kepedulian Masyarakat Dalam Meningkatkan Pengetahuan Hipertensi di Puskesmas Liwa Tahun 2023. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 13254–13266.
Siders, W. M., Shields, J., Garron, C., Hu, Y., Boutin, P., Shankara, S., Weber, W., Roberts, B., & Kaplan, J. M. (2010). Involvement of neutrophils and natural killer cells in the anti-tumor activity of alemtuzumab in xenograft tumor models. Leukemia & Lymphoma, 51(7), 1293–1304.
Suharmanto, S. (2021). Hubungan Persepsi Manfaat dengan Pencegahan Hipertensi. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 5(2).
Ulfiana, E., Priyantini, D., & Fauziningtyas, R. (2018). Physical Activity, Sleep Quality and Physical Fitness of the Elderly who Live in Nursing Homes. Proceedings of the 9th International Nursing Conference (INC 2018), 388–393.
Umaya, C. (2019). Pengaruh Pengingat Minum Obat (PMO) terhadap Tingkat Kepatuhan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit Universtas Sumatera Utara Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.
Waskito, A., Safitri, N. D., Mandiri, M. D. A., Rahmah, A., & Paulina, P. (2022). Penyuluhan Pola Hidup Sehat Melalui Program Masyarakat Cerdik Cegah Hipertensi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 848–855
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Emylia Rossa, Rasmi Zakiah Oktarlina, Muhammad Aditya, Evi Kurniawaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


