THE KNOWLEDGE LEVEL OF EDUCATION STUDENTS AT THE UNIVERSITY OF MATARAM REGARDING ANEMIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37782Keywords:
anemia, mahasiswa pendidikan, pengetahuanAbstract
Anemia ialah suatu kondisi ketika kadar hemoglobin atau eritrosit dalam darah kurang dari normal. Data Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi anemia di Indonesia sekitar 23,7%. Kurangnya pengetahuan mengenai anemia menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kejadian anemia pada setiap individu, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa pendidikan Universitas Mataram mengenai anemia. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross-sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner online yang dibagikan kepada mahasiswa/i dan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 220 mahasiswa, dimana 103 mahasiswa (46,8%) memiliki pengetahuan tinggi, 112 mahasiswa (50,9%) memiliki pengetahuan cukup, dan 5 siswa (2,27%) memiliki pengetahuan rendah mengenai anemia. Analisis statistik yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Kruskal Wallis dan uji Man-Whitney didapatkan tidak ada perbedaan yang signifikan (CI 90%, p>0,05) antara jenis kelamin (p=0,317) dan usia (p=0,911), serta terdapat perbedaan yang signifikan antara program studi (p=0,043) dengan tingkat pengetahuan responden. Sebagian besar mahasiswa/i pendidikan Universitas Mataram memiliki pengetahuan yang cukup mengenai anemia (50,9%).References
Agus Cahyono, E., Studi Ilmu Keperawatan, P., Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Jombang, S., Korespondensi, A., Veteran Mancar, J., Peterongan, K., Jombang, K., & Timur, J. (2019). PENGETAHUAN?; ARTIKEL REVIEW. In Jurnal Keperawatan (Vol. 12, Issue 1).
Anifah, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Vidio Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 296–300. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.6335
Anriani, L. S., Candra Eka Puspitasari, & Ima Arum Lestarini. (2022). Sosialisasi Terkait Anemia Pada Santriwati Di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 270–273. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2212
Dieniyah, P., Maeta Sari, M., Avianti, I., Kesehatan Reproduksi dan Kesehatan Ibu Anak, K., Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan, P., & Ibn Khaldun Bogor, U. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di Smk Analisis Kimia Nusa Bangsa Kota Bogor Tahun 2018. In PROMOTOR Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Vol. 2, Issue 2).
Harahap, N. R. (2018). FAKTOR- FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI. 36 Nursing Arts, XII(Desember), 78–90.
Izzara, W. A., Yulastri, A., Erianti, Z., Putri, M. Y., & Yuliana, Y. (2023). Penyebab, Pencegahan dan Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri (Studi Literatur). Jurnal Multidisiplin West Science, 2(12), 1051–1064. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i12.817
Kusnadi, F. N. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Medika Hutama, 03(01), 1293–1298. https://doi.org/http://www.jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/266
Laia, O., Halawa, O., & Lahagu, P. (2022). Pengaruh sistem informasi manajemen terhadap pelayanan publik. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 70-76.
Lindaan, M. P., Rantung, V. V., & Memah, M. Y. (2016). Persepsi Masyarakat Terhadap Pengembangan Industri Rumah Pangguang di Desa Tombasian Atas Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa (Vol. 12, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.35791/agrsosek.12.2A.2016.12985
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Research & Learning in Faculty of Education Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Pendidikan. PENDIDIKAN Dan KONSELING, 3, 101–109.
Noviazahra D, Hastuti S, Santi MY. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Tablet Tambah Darah dalam Program Sekolah Peduli Kasus Anemia pada Siswi SMA Negeri di Kabupaten Bantul Tahun 2017. Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta. 2017.
Patimah, I., Yekti, S. W., Alfiansyah, R., Taobah, H., Ratnasari, D., Nugraha, A., Studi Sarjana Keperawatan, P., Karsa Husada Garut, Stik., & Studi Profesi Ners, P. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Pencegahan Penularan Covid-19 pada Masyarakat Relationship between Knowledge Level and Behavior to Prevent Covid-19 Transmission in the Community. In Jurnal Kesehatan (Vol. 12, Issue 1). Online. http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK52
Purnamasari, I., & Raharyani, A. E. (2020). Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Masyarakat Kabupaten Wonosobo Tentang COVID -19. Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.14421/lijid.v3i1.2224
Riskesdas. (2013). Laporan_riskesdas_2013_final. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/4467/
Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3514/
Simanungkalit, S. F., & Simarmata, O. S. (2019). Pengetahuan dan Perilaku Konsumsi Remaja Putri yang Berhubungan dengan Status Anemia. Buletin Penelitian Kesehatan, 47(3), 175–182. https://doi.org/10.22435/bpk.v47i3.1269
Sudarman, S., Hadi, A. J., Manggabarani, S., & Ishak, S. (2020). Pengaruh Intervensi Perilaku Jajan Sehat terhadap Pencegahan Anemia Gizi pada Anak Usia Sekolah Dasar di Kota Makassar. Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 67–72.
Sukesih, S., Usman, U., Budi, S., & Sari, D. N. A. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 11(2), 258. https://doi.org/10.26751/jikk.v11i2.835
Sungkawa, H. B., & Wahdaniah. (2020). Penentuan Nilai Rujukan Hemoglobin Pada Masyarakat Kalbar. Jurnal Vokasi Kesehatan, 6(1), 13. https://doi.org/10.30602/jvk.v6i1.441
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Baiq Hawarikatun, Candra Eka Puspitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


