ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN SEKSUALITAS PADA SISWA REMAJA DENGAN DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLB X DAN SLB Y KOTA DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37763Keywords:
CIPP, DISABILITAS INTELEKTUAL, KESEHATAN REPRODUKSI DAN SEKSUALITAS, SISWA REMAJA, SEKOLAH LUAR BIASA, INTELECTUAL DISABILITY, Reproductive Health and Sexuality, Special SchoolAbstract
Jumlah penyandang disabilitas usia sekolah (5-19 tahun) berkisar 2.197.833 jiwa. Sementara, yang terdata di Pusat Data dan Informasi Kemendikbudristek ada sekitar 269.398 anak yang mendapatkan pendidikan di sekolah luar biasa (SLB) dan sekolah inklusi artinya baru sekitar 12 % anak yang dilayani kebutuhan pendidikannya. Siswa remaja dengan disabilitas intelektual membutuhkan pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas dalam konteks pendidikan formal di SLB sebagai bekal pengetahuan dan untuk merespons dengan tepat situasi bahaya kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas, kesulitan yang dialami guru dan siswa remaja dengan disabilitas intelektual di SLB X dan SLB Y Kota Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus yang dilakukan selama bulan Januari-Februari 2024 di SLB X dan SLB Y Kota Depok. Penentuan informan wawancara mendalam dilakukan secara purposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan model CIPP. Hasil analisis variabel Context ; sebagian besar komponen kebijakan sudah terpenuhi, analisis variabel Input ; sebagian besar komponen sudah terpenuhi dengan baik, analisis variabel Process; dilaksanakan dengan maksimal di SLB X sedangkan di SLB Y belum maksimal, analisis variabel Product Dampak program di SLB X sudah ada dampak dari hasil pelaksanaan sedangkan di SLB Y belum ada dampak dikarenakan belum adanya program. Kesulitan yang dialami guru adalah waktu pelaksanaan dan kompetensi guru. Kesulitan yang dialami siswa adalah lingkungan dan dukungan orangtua/pengasuh.References
Adiilah, Martiana Wati , Dwi, & Baroya, Ni’mal.2015. Gambaran Kebutuhan Pelayanan Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja Penyandang Cacat di SMPLB Dan SMALB TPA Bintoro Kabupaten Jember: Universitas Jember.
Afiyanti, Yati & Pratiwi, Anggi.2016. Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Perempuan, Promosi, Permasalahan , dan Penanganannya dalam Pelayanan Kesehatan dan Keperawatan. Jakarta: Rajawali Pers
Agustinus Hermino, (2014), Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter, Bandung: Alfabeta.
Amaliah,Ledia Hanifa.2016. Dari Disabilitas Pembangunan Menuju Pembangunan Disabilitas.Jakarta : Beebooks Publishing
Ambiyar; Muharika D. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. In Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Bandung: Alfabeta
APA. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5 TM, 5th ed. In Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5 TM, 5th ed. American Psychiatric Publishing, Inc. https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425596
Apsari, Nurliana Cipta & Raharjo, Santoso Tri. 2021.Orang dengan Disabilitas: Situasi Tantangan dan Layanan di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan - Vol. 24 No. 3 Juli 2021: 159-169
Arifin, Zainal.2019.Evaluasi Program : Teori dan Praktik dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan.Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Arikunto,S & C.S.A. Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Ayuningtyas, Dumilah. 2018. Analisis Kebijakan Kesehatan : Prinsip dan Aplikasi.Depok : RajaGrafindo Persada
Ayuningtyas, Dumilah. 2014. Kebijakan Kesehatan : Prinsip dan Praktik. Depok : RajaGrafindo Persada
Badan Pusat Statistik Kota Depok.2022. KOTA DEPOK DALAM ANGKA : Depok Municipality in Figures 2022.Depok
Badan Pusat Statistik Kota Depok.2023. KOTA DEPOK DALAM ANGKA : Depok Municipality in Figures 2023.Depok
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Badan Pusat Statistik, & Kementrian Kesehatan RI. (2018). Laporan SDKI 2017 Kesehatan Reproduksi Remaja: BKKBN, BPS dan Kemenkes RI.
Bafadal. 2014. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikaisnya. Jakarta: Bumi Aksara
Cummins, C, Pellicano, E and Crane L.2020. Autistic adults’ views of their communication skills and needs. International Journal Of Language and Communication Disorder 2020 Vol 00 No 0, 1-12
Dhani, R. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Adminstrasi Pendidikan, 9(1), 45–50
Dilfa, Alrizka Hairi. 2023. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka.Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup
Dinas Kesehatan Kota Depok.2023. Profil Kesehatan Kota Depok Tahun 2022.Depok Dinas Kesehatan Kota Depok.2022. Profil Kesehatan UPTD Puskesmas Depok Utara Tahun 2022. Depok
Dinas Kesehatan Kota Depok.2022. Profil Kesehatan 2022: UPTD Puskesmas Depok Jaya. Depok
Elfiyani, Nur Khotimah.2021.TESIS : Gambaran Perilaku Personal hygiene Remaja Putri dengan Physical dan Intellectual Disability Selama Menstruasi di Jakarta Selatan Tahun 2021 : Depok : Universitas Indonesia
Ernawati, H., 2018. Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Di Daerah Pedesaan.Indonesian Journal for Health Sciences, 2(1). P.58. Doi: 10.24269/ijhs.v2i1.820
French,Kathy.2015.Kesehatan Seksual : Keterampilan Klinik Penting untuk Perawat.Jakarta: Bumi Medika
Hamalik, Oemar.2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Hanjarwati,Astri dkk.2022. The Resilience of Persons with Disabilities during theCOVID-19 Pandemic. MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, Vol. 28, No. 2, July 2022: 25-41
Hapsari, Anindya.2019. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Modul Kesehatan Reproduksi Remaja. Malang : Wineka Media
Harianti, rini & Mianna, Rika.2016. Pendidikan Seks Usia Dini ; Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: TransMedika
Hasan.Haliza & Junid,Syed Mohamed Aljunid Syed.2019. Experiences of parents and caregivers of children with disability on community-based rehabilitation (CBR) services in Malaysia: A qualitative study Makara J Health Res. 2019;23(3):163– 169 doi: 10.7454/msk.v23i3.1144 December 2019 | Vol. 23 | No. 3
Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara
Hermawan, Jajang. (2017). Pengaruh kompetensi profesional guru dan pengelolaan sarana prasarana olahraga terhadap prestasi belajar siswa. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 5(1), 1–6.
Hermino, Agustinus. 2014. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter : Konsep, Pendekatan dan Aplikasi. Bandung : CV Alfabeta
Irianto, Koes.2014.Seksologi Kesehatan.Bandung: CV Alfabeta
J.R.Raco,2010,Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya,Jakarta: PT.Grasindo
John Hopkins Center for Communication Program (JHCCP). (2017). Universitas Gadjah Mada (UGM)
Jumari, & Suwandi. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Madrasah Ramah Anak.CV. Adanu Abimata.
Kamil, Mustofa.2010.Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Penerbit Alfabeta
Kelrey, Fathimah.2020. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dalam Meningkatkan Pengetahuan. MOLUCCAS HEALTH JOURNAL ISSN 2686-1828 Volume 2 Nomor 2, Agustus 2020 Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku
Kementerian Kesehatan RI.2017. Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2017 : Kesehatan Reproduksi Remaja.Jakarta : BKKBN
.2018. Pedoman Pelaksanaan : Paket Pelayanan Awal Minimum (PPAM) Kesehatan Reproduksi pada Krisis Kesehatan. Jakarta: Direktoral Jenderal Kesehatan Masyarakat
.. 2020. Buku Saku Pengelola Program Kesehatan Reproduksi Remaja pada Krisis Kesehatan. Jakarta
..2021. Modul Kesehatan Reproduksi Remaja Luar Sekolah. Jakarta
.. 2022. Modul Kesehatan Reproduksi Remaja Tingkat SMP dan Sederajat : Untuk Guru. Jakarta
.. 2022. Modul Kesehatan Reproduksi Remaja Tingkat SMA dan Sederajat : Untuk Guru. Jakarta
. 2022. Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Dalam Angka 2023. Jakarta
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi RI.2020. Modul Guru: Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas bagi Remaja dengan Disabilitas Intelektual. Jakarta: Rutgers WPF Indonesia
..2020. Modul Orangtua/Pengasuh: Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas bagi Remaja dengan Disabilitas Intelektual. Jakarta: Rutgers WPF Indonesia
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional .2021. Kajian Disabilitas Tinjauan Peningkatan Akses dan Taraf Hidup Penyandang Disabilitas Indonesia : Jakarta: Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan
Kementerian PPPA.2018.Modul Kesehatan Reproduksi : Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).Jakarta: Rutgers WPF Indonesia
Kementerian PPPA.2019.Menemukenali dan Menstimulasi Anak Penyandang Disabilitas Panduan Dasar untuk Orang Tua, Keluarga dan Pendamping.Jakarta: Deputi Bidang Perlindungan Anak
Kriswanto, Erwin Setyo. 2012. Konsep, Proses, dan Aplikasi dalam Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: FIK UNY
Kumalasari, Dewi & Kurniawati,Farida.2018. Behavioral Skills Training Program to Improve Personal Safety Skills for a Down Syndrome Adolescent with Mild Intellectual Disability. Psychological Research on Urban Society 2018, Vol. 1(2): 81-89
Lembaga Demografi FEB UI Analisis Situasi Pembangunan Kependudukan Kota Depok. Brief Notes Lembaga Demografi FEB UI. No. 5, 2022, Depok: Universitas Indonesia
Ma’rifah, Hestilia Nurul.2018.Skripsi : Gambaran Praktik Pendidikan Seksualitas oleh guru Kepada Remaja Tunagrahita di SLB-C Dharma Asih Depok. Depok: Universitas Indonesia
Mansur, Arif Rohman dkk.2023. Meningkatkan kesadaran Remaja Tunagrahita tentang Pencegahan Kekerasan Seksual melalui Media Video. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ISSN(e): 2775–2054 Volume 03, Nomor 02, Juni (2023) | eISSN: 2775–2054
Martha, Evi & Kresno, Sudarti. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Bidang Kesehatan. Depok : RajaGrafindo Persada
Matin dan Nurhayati Fuad. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Nafi, Dian. 2020.ABK Punya Rasa.Yogyakarta : RELASI INTI MEDIA
Notoadmodjo,S.. (2010). Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta.
. (2011). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta : Rineka Cipta.
.(2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan edisi revisi 2012.Jakarta : Rineka Cipta.
. (2013). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nurul Afifa, Firda.2022.Gambaran Sex Education Remaja Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Purworejo. Surakarta: UIN RADEN MAS SAID
Pandji, Dewi & Wardhani, Winda.2013.Sudahkah kita Ramah Anak Special Needs?.Jakarta: Gramedia
Pakasi, Diana Teresa & Kartikawati,Reni.2013. Antara Kebutuhan dan Tabu : Pendidikan Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi bagi Remaja di SMA.Depok: Universitas Indonesia
Pasalina,Putri Engla.2023. Upaya Perlindungan dan Pemenuhan Hak Kesehatan Reproduksi Penyandang Disabilitas melalui Edukasi Kesehatan Reproduksi di SLB Perwari Padang Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), Januari 2023, 5 (1): 179-185 p-ISSN: 2655-9226 e-ISSN: 2655-9218
Patel, D. R., Cabral, M. D., Ho, A., & Merrick, J. (2020). A clinical primer on intellectual disability. Translational Pediatrics, 9, S23–S35. https://doi.org/10.21037/TP.2020.02.02
Pratiwi, Eka Adithia & Romadonika,Fitri.2020. Peningkatan Pengetahuan Anak Berkebutuhan Khusus Tentang Pendidikan Seks Usia Pubertas Melalui Metode Sosiodrama Di SLB Negeri 1 Mataram Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis 2 (1) 2020: 47-52
Pratomo, Hadi. 2015. Advokasi : Konsep, Teknik dan Aplikasi di Bidang Kesehatan di Indonesia. Jakarta : Rajawali Pers
Pratomo,Hadi.2022. Kesehatan Reproduksi Remaja: Teori dan Program Pelayanan di Indonesia.Depok : Rajawali Pers
Priansa, Donni Juni & Somad, Rismi.2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung : CV Alfabeta
Prihastuti,Dewi.2022. Ringkasan: Analisis Situasi Pembangunan Kependudukan Kota Depok. Brief Notes Lembaga Demografi FEB UI. No. 5, 2022: Depok: Universitas Indonesia
Pursitasari, I. D., Suhardi, E., Putra, A. P., & Rachman, I. (2020). Enhancement of student’s critical thinking skill through science context-based inquiry learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 97–105. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21884
Puspitasari, Novianti & Agustiani.2020. Pubertas Menurut Perspektif Remaja Putri Dengan Disabilitas Intelektual . Psikostudia Jurnal Psikologi Volume 9 No.3 | November 2020: 237-250
Puspito,Heri dkk.2019. Faktor penghambat pemenuhan hak kesehatan reproduksi penyandang disabilitas (studi pada remaja SMP di SLB negeri Bantul Yogyakarta). VISIKES : Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol 18 No.2 September 2019
Ratnawati,Dhefi.2018. TESIS: Kebijakan Pendidikan Kesehatan Reproduksi pada Remaja Tunagrahita di Indonesia.Depok: Universitas Indonesia
Republik Indonesia. 2011. Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention On the Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas). Lembaran negara Republik Indonesi Tahun 2011 Nomor 107 https://bphn.go.id/data/documents/11uu019.pdf . Diunduh 17 Mei 2024
Republik Indonesia. 2014. Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Lembaran negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 297. https://www.kpai.go.id/files/2013/09/uu-nomor-35-tahun-2014-tentang perubahan-uu-pa.pdf . Diunduh 17 Mei 2024
Republik Indonesia.2014. Peraturan Pemerintah RI Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 169.https://gizikia.kemkes.go.id/assets/file/pedoman/PP%20No.%2061%20Th% 202014%20ttg%20Kesehatan%20Reproduksi.pdf . Diunduh 17 Mein 2024
Republik Indonesia. 2016. Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Lembaran negara Republik Indonesia Tahun 2016 no 69 https://www.kemendagri.go.id/media/documents/2016/05/11/u/u/uu_nom.Diunduh 17 Mei 2024
Republik Indonesia.2023. Undang-Undang RI Nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan. https://www.kemkes.go.id/id/undang-undang-republik-indonesia-nomor-17- tahun-2023-tentang-kesehatan. Diunduh 26 Juni 2024
Rini,Cempaka.2016.TESIS: Advokasi Kebijakan Publik Bagi Remaja Disabilitas Intelektual.Depok: Universitas Indonesia
Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. In Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatanhttps://doi.org/10.12688/f1000research.46544.1
Rusdiana. (2017). Manajemen Evaluasi Program Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Samsudin, Sadili. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Sari,Hakan & Pürsün,Tu?ba.2022. Attitudes of Turkish Parents Toward Sex Education of Their Intellectual Disability Children. Makara J Health Res. 2022;26(1):36?43 doi: 10.7454/msk.v26i1.1302
Satryawan, Bayu & Kusmiati,Ratriana.2021. Perilaku Seksual Remaja dengan Disabilitas Intelektual. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana,
Setianti,Yanti.2019. Media informasi kesehatan reproduksi bagi remaja disabilitas tunagrahita di Jawa Barat. urnal Kajian Komunikasi, Volume 7, No. 2, Desember 2019, hlm. 170-183
Shobirin. (2016). Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.Yogyakarta: Budi Utama.
Sikti, Ahmad Syahrus.2019. Altruisme Hukum: Kepedulian Terhadap Penyandang Disabilitas; Yogyakarta: UII Press
Sonhadji, A. 2012. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru.Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)
Sonhadji, Ahmad., Huda, Muhammad. 2015. Asesemen Kebutuhan, Pengambilan Keputusan, dan Perencanaan: Merantai dalam Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang
Stufflebeam, D. L. (2015). CIPP Evaluation Model Checklist: A Tool for Applying the CIPP Model to Assess Projects and Programs. Diunduh 17 Mei 2024 dari http://wmich.edu/evaluation/checklists
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan:Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukardi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta : Bumi Aksara
Sulistyowati (2021). Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Camat Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Manajemen dan Aministrasi Publik. 4 (4)
Syafaruddin, dkk. (2016). Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing UNESCO. (2018). International technical guidance on sexuality education. Unesco.https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.052 9-04.2004
UNICEF.2020. Annual Report 2020. Child Rights Connect. https://childrightsconnect.org/wpcontent/uploads/2021/05/child_rights_ar_2020_final.pdf Diunduh pada 17 Mei 2024.
Wahyudin, Dinn. 2014. Manajemen Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Wibowo, Adik. 2014.Metodologi Penelitian Praktis Bidang Kesehatan. Depok : Raja Grafindo Persada
Widyastono, Herry. 2014. Pengembangan Kurikulum di daerah Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara
Wijaya, Ardhi.2016.Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita. Yogyakarta: KYTA
Wijaya, Candra, dkk. 2019. Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Medan: LPPPI
W.M, Maria Petronela dkk.2021. Analisis Pelaksanaan Pemenuhan Hak Atas Informasi dan Hak Kesehatan Reproduksi Perempuan Penyandang Disabilitas di Kota Semarang. Jurnal USM Law Review Vol 4 No 2 Tahun 2021
Winarso,Hudi.2019.Seks Pria dan Wanita : Manfaat, Masalah , dan Solusinya, Tanya Jawab Lengkap: Sukabumi : CV Jejak
World Health Organization (WHO). (2018). Deafness and hearing loss. http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs300/en/
Yati,Dwi, Susilawati, Latifah & Trisetyaningsih, Yanita.2019.Panduan Pelatihan Sexual Education bagi Peer Educator.Yogyakarta: Gosyen Publishing
Yuni,Hamidatul dkk.2022. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Personal Hygiene pada Penyandang Disabilitas di Panti Sosial Bina Grahita Padang. Prosiding Forum Ilmiah Tahunan IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia) ISSN : 2774-3217
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vahlufi Eka Putri, Evi Martha, Dadan Erwandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


