ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN SEKSUALITAS PADA SISWA REMAJA DENGAN DISABILITAS INTELEKTUAL DI SLB X DAN SLB Y KOTA DEPOK

Authors

  • Vahlufi Eka Putri Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Evi Martha Departemen Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Dadan Erwandi Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37763

Keywords:

CIPP, DISABILITAS INTELEKTUAL, KESEHATAN REPRODUKSI DAN SEKSUALITAS, SISWA REMAJA, SEKOLAH LUAR BIASA, INTELECTUAL DISABILITY, Reproductive Health and Sexuality, Special School

Abstract

Jumlah penyandang disabilitas usia sekolah (5-19 tahun) berkisar 2.197.833 jiwa. Sementara, yang terdata di Pusat Data dan Informasi Kemendikbudristek ada sekitar 269.398 anak yang mendapatkan pendidikan di sekolah luar biasa (SLB) dan sekolah inklusi artinya baru sekitar 12 % anak yang dilayani kebutuhan pendidikannya. Siswa remaja dengan disabilitas intelektual membutuhkan pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas dalam konteks pendidikan formal di SLB sebagai bekal pengetahuan dan untuk merespons dengan tepat situasi bahaya kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas, kesulitan yang dialami guru dan siswa remaja dengan disabilitas intelektual di SLB X dan SLB Y Kota Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus yang dilakukan selama bulan Januari-Februari 2024 di SLB X dan SLB Y Kota Depok. Penentuan informan wawancara mendalam dilakukan secara purposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan model CIPP. Hasil analisis variabel Context ; sebagian besar komponen kebijakan sudah terpenuhi, analisis variabel Input ; sebagian besar komponen sudah terpenuhi dengan baik, analisis variabel Process; dilaksanakan dengan maksimal di SLB X sedangkan di SLB Y belum maksimal, analisis variabel Product Dampak program di SLB X sudah ada dampak dari hasil pelaksanaan sedangkan di SLB Y belum ada dampak dikarenakan belum adanya program. Kesulitan yang dialami guru adalah waktu pelaksanaan dan kompetensi guru. Kesulitan yang dialami siswa adalah lingkungan dan dukungan orangtua/pengasuh.

References

Adiilah, Martiana Wati , Dwi, & Baroya, Ni’mal.2015. Gambaran Kebutuhan Pelayanan Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja Penyandang Cacat di SMPLB Dan SMALB TPA Bintoro Kabupaten Jember: Universitas Jember.

Afiyanti, Yati & Pratiwi, Anggi.2016. Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Perempuan, Promosi, Permasalahan , dan Penanganannya dalam Pelayanan Kesehatan dan Keperawatan. Jakarta: Rajawali Pers

Agustinus Hermino, (2014), Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter, Bandung: Alfabeta.

Amaliah,Ledia Hanifa.2016. Dari Disabilitas Pembangunan Menuju Pembangunan Disabilitas.Jakarta : Beebooks Publishing

Ambiyar; Muharika D. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. In Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Bandung: Alfabeta

APA. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5 TM, 5th ed. In Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5 TM, 5th ed. American Psychiatric Publishing, Inc. https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425596

Apsari, Nurliana Cipta & Raharjo, Santoso Tri. 2021.Orang dengan Disabilitas: Situasi Tantangan dan Layanan di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan - Vol. 24 No. 3 Juli 2021: 159-169

Arifin, Zainal.2019.Evaluasi Program : Teori dan Praktik dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Arikunto,S & C.S.A. Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Ayuningtyas, Dumilah. 2018. Analisis Kebijakan Kesehatan : Prinsip dan Aplikasi.Depok : RajaGrafindo Persada

Ayuningtyas, Dumilah. 2014. Kebijakan Kesehatan : Prinsip dan Praktik. Depok : RajaGrafindo Persada

Badan Pusat Statistik Kota Depok.2022. KOTA DEPOK DALAM ANGKA : Depok Municipality in Figures 2022.Depok

Badan Pusat Statistik Kota Depok.2023. KOTA DEPOK DALAM ANGKA : Depok Municipality in Figures 2023.Depok

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Badan Pusat Statistik, & Kementrian Kesehatan RI. (2018). Laporan SDKI 2017 Kesehatan Reproduksi Remaja: BKKBN, BPS dan Kemenkes RI.

Bafadal. 2014. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikaisnya. Jakarta: Bumi Aksara

Cummins, C, Pellicano, E and Crane L.2020. Autistic adults’ views of their communication skills and needs. International Journal Of Language and Communication Disorder 2020 Vol 00 No 0, 1-12

Dhani, R. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Adminstrasi Pendidikan, 9(1), 45–50

Dilfa, Alrizka Hairi. 2023. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka.Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup

Dinas Kesehatan Kota Depok.2023. Profil Kesehatan Kota Depok Tahun 2022.Depok Dinas Kesehatan Kota Depok.2022. Profil Kesehatan UPTD Puskesmas Depok Utara Tahun 2022. Depok

Dinas Kesehatan Kota Depok.2022. Profil Kesehatan 2022: UPTD Puskesmas Depok Jaya. Depok

Elfiyani, Nur Khotimah.2021.TESIS : Gambaran Perilaku Personal hygiene Remaja Putri dengan Physical dan Intellectual Disability Selama Menstruasi di Jakarta Selatan Tahun 2021 : Depok : Universitas Indonesia

Ernawati, H., 2018. Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Di Daerah Pedesaan.Indonesian Journal for Health Sciences, 2(1). P.58. Doi: 10.24269/ijhs.v2i1.820

French,Kathy.2015.Kesehatan Seksual : Keterampilan Klinik Penting untuk Perawat.Jakarta: Bumi Medika

Hamalik, Oemar.2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Hanjarwati,Astri dkk.2022. The Resilience of Persons with Disabilities during theCOVID-19 Pandemic. MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, Vol. 28, No. 2, July 2022: 25-41

Hapsari, Anindya.2019. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Modul Kesehatan Reproduksi Remaja. Malang : Wineka Media

Harianti, rini & Mianna, Rika.2016. Pendidikan Seks Usia Dini ; Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: TransMedika

Hasan.Haliza & Junid,Syed Mohamed Aljunid Syed.2019. Experiences of parents and caregivers of children with disability on community-based rehabilitation (CBR) services in Malaysia: A qualitative study Makara J Health Res. 2019;23(3):163– 169 doi: 10.7454/msk.v23i3.1144 December 2019 | Vol. 23 | No. 3

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Hermawan, Jajang. (2017). Pengaruh kompetensi profesional guru dan pengelolaan sarana prasarana olahraga terhadap prestasi belajar siswa. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 5(1), 1–6.

Hermino, Agustinus. 2014. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter : Konsep, Pendekatan dan Aplikasi. Bandung : CV Alfabeta

Irianto, Koes.2014.Seksologi Kesehatan.Bandung: CV Alfabeta

J.R.Raco,2010,Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya,Jakarta: PT.Grasindo

John Hopkins Center for Communication Program (JHCCP). (2017). Universitas Gadjah Mada (UGM)

Jumari, & Suwandi. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Madrasah Ramah Anak.CV. Adanu Abimata.

Kamil, Mustofa.2010.Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Penerbit Alfabeta

Kelrey, Fathimah.2020. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dalam Meningkatkan Pengetahuan. MOLUCCAS HEALTH JOURNAL ISSN 2686-1828 Volume 2 Nomor 2, Agustus 2020 Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku

Kementerian Kesehatan RI.2017. Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2017 : Kesehatan Reproduksi Remaja.Jakarta : BKKBN

.2018. Pedoman Pelaksanaan : Paket Pelayanan Awal Minimum (PPAM) Kesehatan Reproduksi pada Krisis Kesehatan. Jakarta: Direktoral Jenderal Kesehatan Masyarakat

.. 2020. Buku Saku Pengelola Program Kesehatan Reproduksi Remaja pada Krisis Kesehatan. Jakarta

..2021. Modul Kesehatan Reproduksi Remaja Luar Sekolah. Jakarta

.. 2022. Modul Kesehatan Reproduksi Remaja Tingkat SMP dan Sederajat : Untuk Guru. Jakarta

.. 2022. Modul Kesehatan Reproduksi Remaja Tingkat SMA dan Sederajat : Untuk Guru. Jakarta

. 2022. Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Dalam Angka 2023. Jakarta

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi RI.2020. Modul Guru: Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas bagi Remaja dengan Disabilitas Intelektual. Jakarta: Rutgers WPF Indonesia

..2020. Modul Orangtua/Pengasuh: Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas bagi Remaja dengan Disabilitas Intelektual. Jakarta: Rutgers WPF Indonesia

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional .2021. Kajian Disabilitas Tinjauan Peningkatan Akses dan Taraf Hidup Penyandang Disabilitas Indonesia : Jakarta: Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan

Kementerian PPPA.2018.Modul Kesehatan Reproduksi : Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).Jakarta: Rutgers WPF Indonesia

Kementerian PPPA.2019.Menemukenali dan Menstimulasi Anak Penyandang Disabilitas Panduan Dasar untuk Orang Tua, Keluarga dan Pendamping.Jakarta: Deputi Bidang Perlindungan Anak

Kriswanto, Erwin Setyo. 2012. Konsep, Proses, dan Aplikasi dalam Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: FIK UNY

Kumalasari, Dewi & Kurniawati,Farida.2018. Behavioral Skills Training Program to Improve Personal Safety Skills for a Down Syndrome Adolescent with Mild Intellectual Disability. Psychological Research on Urban Society 2018, Vol. 1(2): 81-89

Lembaga Demografi FEB UI Analisis Situasi Pembangunan Kependudukan Kota Depok. Brief Notes Lembaga Demografi FEB UI. No. 5, 2022, Depok: Universitas Indonesia

Ma’rifah, Hestilia Nurul.2018.Skripsi : Gambaran Praktik Pendidikan Seksualitas oleh guru Kepada Remaja Tunagrahita di SLB-C Dharma Asih Depok. Depok: Universitas Indonesia

Mansur, Arif Rohman dkk.2023. Meningkatkan kesadaran Remaja Tunagrahita tentang Pencegahan Kekerasan Seksual melalui Media Video. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ISSN(e): 2775–2054 Volume 03, Nomor 02, Juni (2023) | eISSN: 2775–2054

Martha, Evi & Kresno, Sudarti. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Bidang Kesehatan. Depok : RajaGrafindo Persada

Matin dan Nurhayati Fuad. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Nafi, Dian. 2020.ABK Punya Rasa.Yogyakarta : RELASI INTI MEDIA

Notoadmodjo,S.. (2010). Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta.

. (2011). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta : Rineka Cipta.

.(2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan edisi revisi 2012.Jakarta : Rineka Cipta.

. (2013). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nurul Afifa, Firda.2022.Gambaran Sex Education Remaja Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Purworejo. Surakarta: UIN RADEN MAS SAID

Pandji, Dewi & Wardhani, Winda.2013.Sudahkah kita Ramah Anak Special Needs?.Jakarta: Gramedia

Pakasi, Diana Teresa & Kartikawati,Reni.2013. Antara Kebutuhan dan Tabu : Pendidikan Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi bagi Remaja di SMA.Depok: Universitas Indonesia

Pasalina,Putri Engla.2023. Upaya Perlindungan dan Pemenuhan Hak Kesehatan Reproduksi Penyandang Disabilitas melalui Edukasi Kesehatan Reproduksi di SLB Perwari Padang Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), Januari 2023, 5 (1): 179-185 p-ISSN: 2655-9226 e-ISSN: 2655-9218

Patel, D. R., Cabral, M. D., Ho, A., & Merrick, J. (2020). A clinical primer on intellectual disability. Translational Pediatrics, 9, S23–S35. https://doi.org/10.21037/TP.2020.02.02

Pratiwi, Eka Adithia & Romadonika,Fitri.2020. Peningkatan Pengetahuan Anak Berkebutuhan Khusus Tentang Pendidikan Seks Usia Pubertas Melalui Metode Sosiodrama Di SLB Negeri 1 Mataram Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis 2 (1) 2020: 47-52

Pratomo, Hadi. 2015. Advokasi : Konsep, Teknik dan Aplikasi di Bidang Kesehatan di Indonesia. Jakarta : Rajawali Pers

Pratomo,Hadi.2022. Kesehatan Reproduksi Remaja: Teori dan Program Pelayanan di Indonesia.Depok : Rajawali Pers

Priansa, Donni Juni & Somad, Rismi.2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung : CV Alfabeta

Prihastuti,Dewi.2022. Ringkasan: Analisis Situasi Pembangunan Kependudukan Kota Depok. Brief Notes Lembaga Demografi FEB UI. No. 5, 2022: Depok: Universitas Indonesia

Pursitasari, I. D., Suhardi, E., Putra, A. P., & Rachman, I. (2020). Enhancement of student’s critical thinking skill through science context-based inquiry learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 97–105. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21884

Puspitasari, Novianti & Agustiani.2020. Pubertas Menurut Perspektif Remaja Putri Dengan Disabilitas Intelektual . Psikostudia Jurnal Psikologi Volume 9 No.3 | November 2020: 237-250

Puspito,Heri dkk.2019. Faktor penghambat pemenuhan hak kesehatan reproduksi penyandang disabilitas (studi pada remaja SMP di SLB negeri Bantul Yogyakarta). VISIKES : Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol 18 No.2 September 2019

Ratnawati,Dhefi.2018. TESIS: Kebijakan Pendidikan Kesehatan Reproduksi pada Remaja Tunagrahita di Indonesia.Depok: Universitas Indonesia

Republik Indonesia. 2011. Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention On the Rights Of Persons With Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas). Lembaran negara Republik Indonesi Tahun 2011 Nomor 107 https://bphn.go.id/data/documents/11uu019.pdf . Diunduh 17 Mei 2024

Republik Indonesia. 2014. Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Lembaran negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 297. https://www.kpai.go.id/files/2013/09/uu-nomor-35-tahun-2014-tentang perubahan-uu-pa.pdf . Diunduh 17 Mei 2024

Republik Indonesia.2014. Peraturan Pemerintah RI Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 169.https://gizikia.kemkes.go.id/assets/file/pedoman/PP%20No.%2061%20Th% 202014%20ttg%20Kesehatan%20Reproduksi.pdf . Diunduh 17 Mein 2024

Republik Indonesia. 2016. Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Lembaran negara Republik Indonesia Tahun 2016 no 69 https://www.kemendagri.go.id/media/documents/2016/05/11/u/u/uu_nom.Diunduh 17 Mei 2024

Republik Indonesia.2023. Undang-Undang RI Nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan. https://www.kemkes.go.id/id/undang-undang-republik-indonesia-nomor-17- tahun-2023-tentang-kesehatan. Diunduh 26 Juni 2024

Rini,Cempaka.2016.TESIS: Advokasi Kebijakan Publik Bagi Remaja Disabilitas Intelektual.Depok: Universitas Indonesia

Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. In Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatanhttps://doi.org/10.12688/f1000research.46544.1

Rusdiana. (2017). Manajemen Evaluasi Program Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Samsudin, Sadili. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Sari,Hakan & Pürsün,Tu?ba.2022. Attitudes of Turkish Parents Toward Sex Education of Their Intellectual Disability Children. Makara J Health Res. 2022;26(1):36?43 doi: 10.7454/msk.v26i1.1302

Satryawan, Bayu & Kusmiati,Ratriana.2021. Perilaku Seksual Remaja dengan Disabilitas Intelektual. Salatiga : Universitas Kristen Satya Wacana,

Setianti,Yanti.2019. Media informasi kesehatan reproduksi bagi remaja disabilitas tunagrahita di Jawa Barat. urnal Kajian Komunikasi, Volume 7, No. 2, Desember 2019, hlm. 170-183

Shobirin. (2016). Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.Yogyakarta: Budi Utama.

Sikti, Ahmad Syahrus.2019. Altruisme Hukum: Kepedulian Terhadap Penyandang Disabilitas; Yogyakarta: UII Press

Sonhadji, A. 2012. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru.Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)

Sonhadji, Ahmad., Huda, Muhammad. 2015. Asesemen Kebutuhan, Pengambilan Keputusan, dan Perencanaan: Merantai dalam Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang

Stufflebeam, D. L. (2015). CIPP Evaluation Model Checklist: A Tool for Applying the CIPP Model to Assess Projects and Programs. Diunduh 17 Mei 2024 dari http://wmich.edu/evaluation/checklists

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan:Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukardi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta : Bumi Aksara

Sulistyowati (2021). Analisis Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Camat Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Manajemen dan Aministrasi Publik. 4 (4)

Syafaruddin, dkk. (2016). Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing UNESCO. (2018). International technical guidance on sexuality education. Unesco.https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.052 9-04.2004

UNICEF.2020. Annual Report 2020. Child Rights Connect. https://childrightsconnect.org/wpcontent/uploads/2021/05/child_rights_ar_2020_final.pdf Diunduh pada 17 Mei 2024.

Wahyudin, Dinn. 2014. Manajemen Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Wibowo, Adik. 2014.Metodologi Penelitian Praktis Bidang Kesehatan. Depok : Raja Grafindo Persada

Widyastono, Herry. 2014. Pengembangan Kurikulum di daerah Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara

Wijaya, Ardhi.2016.Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita. Yogyakarta: KYTA

Wijaya, Candra, dkk. 2019. Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Medan: LPPPI

W.M, Maria Petronela dkk.2021. Analisis Pelaksanaan Pemenuhan Hak Atas Informasi dan Hak Kesehatan Reproduksi Perempuan Penyandang Disabilitas di Kota Semarang. Jurnal USM Law Review Vol 4 No 2 Tahun 2021

Winarso,Hudi.2019.Seks Pria dan Wanita : Manfaat, Masalah , dan Solusinya, Tanya Jawab Lengkap: Sukabumi : CV Jejak

World Health Organization (WHO). (2018). Deafness and hearing loss. http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs300/en/

Yati,Dwi, Susilawati, Latifah & Trisetyaningsih, Yanita.2019.Panduan Pelatihan Sexual Education bagi Peer Educator.Yogyakarta: Gosyen Publishing

Yuni,Hamidatul dkk.2022. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Personal Hygiene pada Penyandang Disabilitas di Panti Sosial Bina Grahita Padang. Prosiding Forum Ilmiah Tahunan IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia) ISSN : 2774-3217

Downloads

Published

2024-11-30