PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP BULLYING PADA ANAK SDN 004 LOA JANAN ILIR SAMARINDA

Authors

  • nurmita sari mimit Jurusan Promosi Kesehatan , Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Dian Ardyanti Jurusan Promosi Kesehatan , Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Eka Putri Rahayu Jurusan Promosi Kesehatan , Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37522

Keywords:

bullying, pengetahuan, sikap, video animasi

Abstract

Perilaku bullying adalah perilaku kekerasan yang menyalahgunakan kekuasaan berlangsung terus menerus kepada seseorang yang dirasa lemah. Murid yang mengaku pernah mengalami perundungan bullying di indonesia sebanyak 41%. Bullying merupakan suatu tindaka yang dilakukan oleh individu atau kelompok kepada individu yang dianggap lebih lemah. Tindakan bullying dapat berupa kontak fisik maupun kontak verbal. Bullying dapat memberikan pengaruh buruk terhadap prestasi akademik sekolah, kesehatan fisik dan mental korban. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk – bentuk bullying, faktor penyebab, dampak bagi responden dan meminimalisir terjadinya bullying menggunakan video animasi terhadap pengetahuan dan sikap bullying. Desain one group pretest-posttest design merupakan desain pra-eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini. Terdapat 65 responden baik dalam populasi maupun sampel. Strategi sampel yang digunakan adalah total sampling. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data, dan uji Wilcoxon digunakan untuk menganalisis hasilnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi untuk mengajar orang tentang risiko penindasan dapat memengaruhi sikap dan tingkat pengetahuan mereka tentang subjek tersebut, bedasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test data pengetahuan, sikap nilai  – Value = 0,000 < 0,05, tindakan  – Value = 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat pengaruh terhadap responden dengan menggunakan video animasi.

References

Ana Samiatul Milah, SKM., M. Mk. (2022). pendidikan kesehatan dan promosi kesehatan dalam keperawatan. Jawa Barat: Edu Publisher

Ariestuti, N. P. D. (2021). Pengetahuan Dan Keterampilan Menyikat Gigi Pada Ibu Hamil Di Kabupaten Gianyar Tahun 2021 (Studi Dilakukan Di Lokasi Kkn Ipe Poltekkes Denpasar Kelompok 5 Gianyar Ii). Poltekkes Kemenkes Denpasar.

Bernadetha, Rahayu, Eka Putri, & Tonapa, E. (2023). Peran Promosi Kesehatan Dalam Pelaksanaan Skrining Kesehatan Di Kel Harapan Baru Samarinda. https://doi.org/10.36082/gemakes.v3i2.1077.

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526

Dr. H. Fakrur Rozi, M. A. (2021). pendidikan anti-bullying profetik. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257

Firna Yolanda, Gani Apriningtyas Budiyati. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Video Edukasi Tentag Bullying Tehadap Perilaku Bullying Pada Anak Di Sd Pujokusuman 1 Yogyakarta. Nursing Science Journal (NSJ), 1(2), 28–37. https://doi.org/10.53510/nsj.v1i2.28

Herawati, N. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak. NERS: Jurnal Keperawatan, 15(1), 60–66.

Ismaningsih, E., Fitriana, R. N., Program, M., Keperawatan, S., Sarjana, P., Ilmu, F., Kusuma, U., Surakarta, H., Program, D., Keperawatan, S., Sarjana, P., Ilmu, F., Kusuma, U., Surakarta, H., & Kesehatan, P. (n.d.). 1) 1) ,. 1–9.

Jayani, dwi hadya. (n.d.). Murid Korban “Bully” di Indonesia Tertinggi Kelima di Dunia. 2019. https://doi.org/ datapublish/2019

Kesehatan, P. (2022). IKM & PROMKES “ Pendidikan Kesehatan .” Surabaya: Airlangga University Press

Mamahit, A. Y., Oktavyanti, D., Aprilyawan, G., Wibowo, M., Ishak, S. N., Solehah, E. L., Farani, S., Suwarni, L., & Patilaiya, H. L. (2022). Teori Promosi Kesehatan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Mardelita, S., Keumala, C. R., & Aprillia, A. (2023). Pengaruh Metode Simulasi Dan Demonstrasi Terhadap Kemampuan Menyikat Gigi Pada Siswa Sdn Gue Gajah Aceh Besar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Dan Lingkungan Hidup, 8(1), 1–8.

Mardiyah, S., & Abdul Syukur, B. (2020). Pengaruh Edukasi Dengan Metode Role Play Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pencegahan Bullying Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 2015, 99–104. https://doi.org/10.34035/jk.v11i1.426

Munawarah, R. R. D. (2022). Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo. Bunayya:Jurnal Pendidikan Anak, 15–32. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/14468%0Ahttps

Patmawati, D., Ws, R., & Halimah, M. (2018). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengaruh,5(2),308–316. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Pedadidaktika/Article/View/7256

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

Putri, E. D. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah?: Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10,24–30.https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/view/6263/4702

Risca, M., Herlina, H., & Yanto, Y. (2019). Program Penyuluhan Perpustakaan Guna Menganalisis Pemahaman Dasar Pustakawan Sekolah Di Perpustakaan SMP Negeri 2 Lubai Ulu. Jurnal PKM Ilmu Perpustakaan, 1, 30–37. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/creativity/article/view/10073%0A

Saputra, M. K. F., Hedo, D. J. P. K., irawan, F., Fitriana, N. G., Setyawati, B., Anwari, F., Mudzakir, A. K., Sulung, N., & Wahyuni, T. P. (2023). Pendidikan Kesehatan Dan Ilmu Gizi Remaja. Global Eksekutif Teknologi.

Silitonga, I. R., & Nuryeti, N. (2021). Profil Remaja Putri Dengan Kejadian Anemia. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIKA), 3(3), 184–192. Https://Doi.Org/10.36590/Jika.V3i3.199

Sri Rahmah Haruna, S. K. N. M. K., Herti Haerani, S. K. N. M. K., Safira Senggo’ Palayukan, S. K. N. M. K., Nur Afni Ponseng, S. K. M. M. K., Suci Ramadhani, S. K. M. M. K., & Rofina Mondjil, S. K. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Gadget Addicted Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Uwais Inspirasi Indonesia.

Swarjana, I Ketut. (2023). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: CV Andi Offset

Tristanti, I., Nisak, A. Z., & Azizah, N. (2020). Bullying Dan Efeknya Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 11(1), 1. https://doi.org/10.26751/jikk.v11i1.803

Wijayanti, M., & Hidayat, S. (2022). Karakteristik Pendidik dalam Isu Bullying di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 385–394. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i3.53442

Wulandari, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Kartu Uno Sebagai Media Permainan Tentang Buah Dan Sayur Pada Anak Sekolah Dasar Di Sdn Brosot Dan Sdn Prembulan Galur Kulonprogo. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-12-27