PENGGUNAAN APLIKASI KESEHATAN DALAM PENGELOLAAN STRESS DAN KECEMASAN PADA MAHASISWA : TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • eva Sahriani sikumbang Program Studi Ilmu Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mayla Faiza Program Studi Ilmu Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Fitra Naufal Program Studi Ilmu Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sri Hajijah Purba Program Studi Ilmu Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37465

Keywords:

Kata kunci: Aplikasi kesehatan, intervensi digital, kecemasan mahasiswa, teknologi kesehatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan aplikasi kesehatan dalam menangani dan kecemasan pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif melalui tinjauan literatur. Tahapan dalam penelitian ini meliputi mengumpulkan informasi dari perpustakaan, membaca, membuat catatan, menganalisis, mengumpulkan konsep atau teks, kemudian mengembangkan dan memperjelas informasi atau teks yang dikumpulkan sehubungan dengan masalah utama penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penelusuran secara online dan melalui media elektronik di berbagai sumber, antara lain tesis, disertasi, dan publikasi ilmiah seperti jurnal. Kata kunci yang berkaitan dengan variabel penelitian digunakan saat mencari data di Google Scholar. Kemajuan teknologi yang pesat juga akan membawa pada sejumlah revolusi baru, seperti peralihan dari model kinerja tradisional ke digital. Faktor penting lainnya yang berkontribusi terhadap globalisasi adalah kemajuan teknologi informasi.Untuk menurunkan risiko gangguan kesehatan mental pada generasi muda, inisiatif pencegahan dan intervensi juga sama pentingnya. Di era digital ini, hal ini memerlukan penciptaan taktik yang menggabungkan elemen psikologis, sosial, budaya, dan teknologi untuk menumbuhkan suasana yang mendukung kesehatan mental generasi berikutnya. Penting untuk menyadari bahwa teknologi kesehatan berdampak pada masalah sosial, budaya, dan keamanan yang lebih umum, selain terhadap individu. Meskipun konektivitas sosial dan ketersediaan informasi merupakan dua keunggulan utama teknologi digital, penggunaan yang berlebihan atau tidak tepat dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan mental seperti kecanduan internet, gangguan tidur, kesedihan, stress dan kecemasan.

References

Afnan, A., Fauzia, R., & Tanau, M. U. (2020). Hubungan efikasi diri dengan stress pada mahasiswa yang berada dalam fase quarter life crisis. Jurnal Kognisia, 3(1), 23-29.

Alfani, R. R., Rasyd, M. R. A., & Pramesti, M. R. A. (2021). Here To Hear: Metode Therapys Group dalam Proses Mental Health Attention untuk Menangani Stress Mahasiswa Akibat Study From Home di Tengah Pandemi. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(02), 266-273.

Amaliyah, S., & Sumantiawan, D. I. (2024). Studi Eksploratif tentang Efektivitas Manajemen Stres Berbasis Mobile Health Application pada Tenaga Kesehatan. Observasi: Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(2), 206-215.

Cahyani, D. I. G., & Mastuti, E. N. D. A. H. (2022). Pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa perantau pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 789-798.

Faizah, I., Miftahussurur, M., & Has, E. M. M. A. (2023). Penerapan Teknologi Kesehatan pada Gaya Hidup dan Tingkat Stres Pasien Gastroesophageal Reflux Disease. Journal of Telenursing (JOTING), 5(2), 2284-2292.

Febriany, S. E., Alkaff, R. N., Rosidati, C., Lubis, S. R. H., & Hananingtyas, I. (2022). Faktor-faktor yang berhubungan dengan stres pada mahasiswa FIKES UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saat kuliah daring. Jurnal Masyarakat Sehat Indonesia, 1(02), 83-91.

Hasni, N. I., Supriatun, E., & Toruan, S. A. L. (2023). Penerapan Psikoedukasi Dalam Penanganan Stress Akademik Pada Siswa Di Sma N 1 Sliyeg Kabupaten Indramayu. Journal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 49-60.

Mansyur, A. I., Wahyuni, E., & Fitri, S. (2022). Analisis Kebutuhan Aplikasi Untuk Mengelola Stres Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 248-258.

Purba, N. F., Annisa, F. S., Syafitri, A., & Purba, S. H. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pelayanan Kesehatan Publik: Sebuah Tinjauan Analisis Kebijakan. Jurnal Kesehatan Unggul Gemilang, 8(6).

Rachmawati, N. (2020). Penggunaan Aplikasi Mobile Mindfulness GFR Bermanfaat untuk Mengelola Stres Mahasiswa di Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta. Health Information: Jurnal Penelitian, 12(2), 161-172.

Sembiring, Q. B. (2024). DAMPAK TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP KESEHATAN MENTAL GENERASI MUDA. Circle Archive, 1(4).

Yuliana, A. R., Safitri, W., & Ardiyanti, Y. (2022). Penerapan Terapi Mindfulness dalam Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 11(2), 154-163.

Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. W. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165 Journal, 235-239.

Downloads

Published

2024-12-29