HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DI RUMAH SAKIT HARAPAN SEHAT KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37445Keywords:
Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, BPJSAbstract
Jaminan kesehatan merupakan salah satu hak yang harus dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia, salah satu upaya pemerintah dalam memberikan hak tersebut adalah dengan memberikan Program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan. Namun fenomena yang terjadi terdapat perbedaan pelayanan kesehatan pada pasien jalur umum dengan pasien BPJS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan kesehatan (Tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di rumah sakit Harapan Sehat Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada Bulan Oktober 2022. Populasi sebanyak 1500 pasien. Sampel dengan metode Proporsional Random Sampling sebanyak 94 responden rawat jalan. Analisis data menggunakan uji Chi Square dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 26. Hasil penelitian univariat menunjukkan tangible baik sebesar 56,4%, reliability baik sebesar 79,8%, responsivness baik sebesar 69,1%, assurance baik sebesar 63,8%, empathy baik sebesar 63,8% dan kepuasan pelayanan baik sebesar 74,5%. Hasil uji bivariat adalah terdapat hubungan signifikan tangible (P=0,008), reliability (P=0,000), responsiveness (P=0,004), assurance (P=0,000) dan empathy (P=0,000) terhadap kepuasan pasien Pengguna BPJS di Rumah Sakit Harapan Sehat Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat.References
Hasan. A. (2021). Pengaruh Tangibles, Empathy, Reliability, Responsiveness dan Assurance Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Puskesmas Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 85-.
Hidayatun. (2021). Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Penerbit Adab.
Ilyas. M. M. (2017). Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya., Vol. 1, No.
Imbalo. (2016). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Elex Media Komputindo.
Mamik. (2018). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Zifatama Jawara.
Maulina. L. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Unit Rawat Inap Puskesmas Cibungbulang Kabupaten Bogor Tahun 2018. In Jurnal Kesehatan Masyarakat. UIKA.
Mu’ah. (2021). Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Emosi dan Kepuasan Pasien. Zifatama Jawara.
Mustofa. A. & Roekminiati.S. Lestari.D.S. (2019). Administrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Jakad Media Publishing.
Natasya. Nuning.Yusuf. Muhammad. (2021). Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Yang Pernah Menggunakan BPJS. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan., 5(3);, 128–134.
Ningrum. A. (2015). Respon Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pekan baru. In Skripsi FISIP: Vol. Vol.2 No.2. : Universitas Riau.
Nur’aeni. R. & Simanjorang. A. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), 1097-1111.
Nurdhila., H. S. K. W. M. A. A., & D. A. P. & Hadiyatama. (2017). Hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(2), 161.
Pertiwi. A. A. N. Lamsudin. R. & Wajdi. M. F. (2016). Analisis perbedaan kualitas pelayanan pada pasien bpjs dan pasien umum terhadap kepuasan pasien di rawat jalan rsud kota surakarta. In Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pramadia. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan Di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien Meulaboh. At-Tasyri’: Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 177-189.
Rianda dan Roli. (2018). Analisis Penggunaan Kartu BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Teuku Peukan Kabupaten Aceh Barat Daya. J-Kesmas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat., 1(1).
Rumah Sakit Harapan Sehat. (2022). Laporan Pengambilan Data Awal di Rumah Sakit Harapan Sehat Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat Tahun 2022.
Saputra. A. & Ariani. N. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasaan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu Bpjs Di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Borneo Nursing Journal (BNJ), 1(1), 48–6.
Sellang.K. Jamaluddin. D. H. & Ahmad Mustanir. S. I. P. (2022). Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dimensi, Konsep, Indikator Dan Implementasinya. Penerbit Qiara Media.
Utomo. L. (2020). Buku Ajar Hukum Jaminan Sosial. Lembaga Studi Hukum Indonesia,.
Wiyono. (2018). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2. UNAIR Press.
Yulistia. Shinta & Setiyana. Rusma. (2022). Working from Home: Kinerja Karyawan BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh Pada Era Pandemi Covid-19. Warmadewa Management & Business Journal., 4(1), 51–62.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmad Didim, Vera Nazhira Arifin, Tahara Dila Shanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


