PENGARUH KELEKATAN PADA ORANG TUA (ATTACHMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Aufa Rizqia Sahna Program Studi Psikologi, UIN Walisongo Semarang
  • Azizah Nur Rahmawati Program Studi Psikologi, UIN Walisongo Semarang
  • Dewi Khurun Aini Program Studi Psikologi, UIN Walisongo Semarang1

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.37136

Keywords:

kelekatan pada orang tua, prestasi belajar

Abstract

Kelekatan pada orang tua merupakan Sebuah ikatan emosional yang terbentuk antara anak dan orang tua, yang memiliki implikasi yang signifikan dalam perkembangan anak, termasuk dalam konteks prestasi belajar.Kelekatan yang erat dapat memberikan dasar yang kuat bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial, motivasi intrinsik, dan sikap positif terhadap sikap belajarnya yang berdampak pada prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas, dengan menggunakan skala Attachment untuk mengukur variabel kelekatan dan nilai raport siswa untuk mengukur variabel prestasi belajar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa MA Husnul Khatimah Kota Semarang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji regresi sederhana dengan bantuan software SPSS v26. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara kelekatan pada orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XII di MA Husnul Khatimah di kota Semarang yang dibuktikan dengan nilai sig. 0.000 (<0, 05). Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. dengan pengaruh kelekatan sebesar 53,1% (R Square = 0.531) dan 40,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.  Dengan demikian kelekatan siswa dengan orang tuanya, memiliki kontribusi terhadap prestasi belajar siswa. Kelekatan  dapat mendorong keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak, yang terbukti memberikan dampak positif pada prestasi belajar.

References

Agustin, A., & Kusnadi, S. K. (2019). Kelekatan Orangtua Terhadap Kemampuan Kontrol Diri Pada

Remaja Awal. Jurnal Psikologi Poseidon: Jurnal Ilmiah Psikologi & Psikologi Kelautan Kemaritiman, 2(2), 67–80.

Ainsworth, M. D. S., Blehar, M. C., Waters, E., & Wall, S. N. (2015). Patterns of attachment: A

psychological study of the strange situation. Psychology press.

Alfaruqy, M. Z., Sari, I. A., & Safuroh, S. (2023). Hubungan dukungan sosial orangtua dan adversity

quotient dengan motivasi belajar pada siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Baturetno. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 10(01), 38–50.

Dearing, E., McCartney, K., & Taylor, B. A. (2006). Within-child associations between family income a

nd externalizing and internalizing problems. Developmental Psychology, 42(2), 237–252. https://doi.org/10.1037/0012-1649.42.2.237

Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan lingkungan keluarga, interaksi teman sebaya dan

kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 15–31.

Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar

terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61.

Fletcher, H. K., & Gallichan, D. J. (2016). An overview of attachment theory: Bowlby and beyond.

Attachment in Intellectual and Developmental Disability: A Clinician’s Guide to Practice and Research, 8–32.

Hanifah, S. D., Nurwati, R. N., & Santoso, M. B. (2022). Seksualitas dan Seks Bebas Remaja. Jurnal

Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(1), 57–65.

Holmes, P., & Farnfield, S. (2022). The Routledge Handbook of Attachment (3 volume set). Taylor &

Francis. https://books.google.co.id/books?id=uGN7EAAAQBAJ

Iftinan, Q., & Junaidin. (2021). Hubungan Antara Kelekatan Orang Tua (Ibu) Terhadap Kecerdasan Emosi

Pada Siswa Kelas XII Jurusan IPA SMAN 01 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. JURNAL PSIMAWA, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.36761/jp.v4i1.1273

Janah, M. (2017). HUBUNGAN KELEKATAN IBU DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA

PENGGUNA INSTAGRAM. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Mahmudah, H., & Rusmawati, D. (2019). Hubungan antara kelekatan anak-orang tua dengan stres

akademik pada siswa sd n srondol wetan 02 semarang dengan sistem pembelajaran full day school. Jurnal Empati, 7(4), 1160–1169.

Manalu, P. K., & Marheni, A. (2019). Hubungan antara kelekatan orangtua-remaja dengan motivasi

belajar pada remaja di SMA Negeri 4 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 130.

Mariyati, L. I., & Rezania, V. (2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan 1. Umsida Press, 1–114.

Marpaung, J. (2015). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. KOPASTA: Journal of the

Counseling Guidance Study Program, 2(2).

Millati, S. I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Setelah Menikah Pada Program Studi Akuntansi dan

Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar

terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451.

Munawaroh, E., & Mashudi, E. A. (2018). Resiliensi; Kemampuan Bertahan dalam Tekanan, dan Bangkit

dari Keterpurukan. CV. Pilar Nusantara.

Mutmainah, F. (2016). Pengaruh secure attachment terhadap kemandirian anak usia dini di RA Muslimat

NU 1 Belung Poncokusumo Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Nur, F., & Damayanti, E. (2021). Kelekatan Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa. Psikostudia?:

Jurnal Psikologi, 10(2), 122. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i2.4547

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development. McGraw-Hill.

https://books.google.co.id/books?id=8eKfPwAACAAJ

Paputungan, F. (2023). Developmental characteristics of early adulthood. Journal of Education and

Culture (JEaC), 3(1), 47–56.

Pertiwi, Y. W., Pohan, H. D., Hutahaean, E. S. H., Thamrin, D., & Perdini, T. A. (2021). Caring dan

Observing Orang Tua Kepada Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(2), 151–158.

Purnama, R. A., & Wahyuni, S. (2017). Kelekatan (attachment) pada ibu dan ayah dengan kompetensi

sosial pada remaja. Jurnal Psikologi, 13(1), 30–40.

Purnamasri, I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Gaya Belajar, dan Motivasi Berprestasi

terhadap Hasil Belajar Pai Kelas XI SMAN 1 Tinambung. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 260–272.

Purwati, M., & Rahmandani, A. (2020). Hubungan antara kelekatan pada teman sebaya dengan stres

akademik pada mahasiswa teknik perencanaan wilayah dan kota Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 456–466.

Putri, Y. E. (2022). Hubungan Antara Kelekatan Pada Orang Tua Dengan Penyesuaian Diri Santriwati

di Pesantren KH. Ahmad Dahlan Kabupaten Kuantan Singing. Universitas Putra Indonesia" YPTK" Padang.

Qomariah, D. N., Kuswandi, A. A., Saripatunnisa, Y., Noviana, I. P., & Enurmanah, E. (2022).

Keterlibatan Orang Tua dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(2), 31–44.

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Dasar.

Rahmania, T. (2023). Psikologi perkembangan. Sada Kurnia Pustaka.

Rahmatunnisa, S. (2019). Kelekatan antara anak dan orang tua dengan kemampuan sosial. Yaa Bunayya:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 97–107.

Rahmawati, S. (2022). HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ORANG TUA DENGAN

KEMANDIRIAN PADA MAHASISWA RANTAU DI YOGYAKARTA. Jurnal Sudut Pandang, 2(12), 119–122.

Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui

model pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11–24.

Sari, S. L., Devianti, R., & NUR’AINI, S. (2018). Kelekatan orangtua untuk pembentukan untuk

pembentukan karakter anak. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 16–31.

Sartika, D. (2020). Manajemen Pendidikan Tinggi Islam (Upaya Mereposisi dan Merekonstruksi Lembaga

Pendidikan Tinggi Islam di Era Globalisasi). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 177–194.

Setyana, I. N. A., & Asbari, M. (2023). Standar Intelektual: Solusi untuk Masalah Pendidikan. Journal of

Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 74–77.

Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-faktor determinan yang mempengaruhi

prestasi belajar siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191–205.

Simons-Morton, B., & Chen, R. (2009). Peer and parent influences on school engagement among early

adolescents. Youth & Society, 41(1), 3–25.

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan

Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Suharsono, S. (2017). Pendidikan Multikultural. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam,

(1), 13–23.

Suryana, E., Wulandari, S., Sagita, E., & Harto, K. (2022). Perkembangan masa remaja akhir (tugas, fisik,

intelektual, emosi, sosial dan agama) dan implikasinya pada pendidikan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1956–1963.

Thahir, M., Rachmaniar, A., & Thahir, W. (2024). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan

Prestasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 99–107.

Udayana, J. P. (2016). Hubungan antara Self Regulated Learning dan Kelekatan Remaja Awal terhadap

Ibu dengan Prestasi Belajar Siswa SMP N 6 Denpasar Putu Riana Artyanti Putri dan I Made Rustika. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 54–63.

Winei, A. A. D., Ekowati, E., Setiawan, A., Jenuri, J., Weraman, P., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak

Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar dan Kesehatan Mental Siswa. Journal on Education, 6(1), 317–327.

Yulika, R. (2019). Pengaruh kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP

Negeri 1 Sengkang. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 252–270.

Ziya, R., & Chusairi, A. (2022). Pengaruh Kelekatan Orang Tua dan School Environment Terhadap Self-

Efficacy Akademik Pada Remaja Tengah. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(9), 510–518. https://doi.org/10.36418/comserva.v1i9.110

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles