PENGARUH KELEKATAN PADA ORANG TUA (ATTACHMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.37136Keywords:
kelekatan pada orang tua, prestasi belajarAbstract
Kelekatan pada orang tua merupakan Sebuah ikatan emosional yang terbentuk antara anak dan orang tua, yang memiliki implikasi yang signifikan dalam perkembangan anak, termasuk dalam konteks prestasi belajar.Kelekatan yang erat dapat memberikan dasar yang kuat bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial, motivasi intrinsik, dan sikap positif terhadap sikap belajarnya yang berdampak pada prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas, dengan menggunakan skala Attachment untuk mengukur variabel kelekatan dan nilai raport siswa untuk mengukur variabel prestasi belajar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa MA Husnul Khatimah Kota Semarang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji regresi sederhana dengan bantuan software SPSS v26. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara kelekatan pada orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XII di MA Husnul Khatimah di kota Semarang yang dibuktikan dengan nilai sig. 0.000 (<0, 05). Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. dengan pengaruh kelekatan sebesar 53,1% (R Square = 0.531) dan 40,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dengan demikian kelekatan siswa dengan orang tuanya, memiliki kontribusi terhadap prestasi belajar siswa. Kelekatan dapat mendorong keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak, yang terbukti memberikan dampak positif pada prestasi belajar.References
Agustin, A., & Kusnadi, S. K. (2019). Kelekatan Orangtua Terhadap Kemampuan Kontrol Diri Pada
Remaja Awal. Jurnal Psikologi Poseidon: Jurnal Ilmiah Psikologi & Psikologi Kelautan Kemaritiman, 2(2), 67–80.
Ainsworth, M. D. S., Blehar, M. C., Waters, E., & Wall, S. N. (2015). Patterns of attachment: A
psychological study of the strange situation. Psychology press.
Alfaruqy, M. Z., Sari, I. A., & Safuroh, S. (2023). Hubungan dukungan sosial orangtua dan adversity
quotient dengan motivasi belajar pada siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Baturetno. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 10(01), 38–50.
Dearing, E., McCartney, K., & Taylor, B. A. (2006). Within-child associations between family income a
nd externalizing and internalizing problems. Developmental Psychology, 42(2), 237–252. https://doi.org/10.1037/0012-1649.42.2.237
Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan lingkungan keluarga, interaksi teman sebaya dan
kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 15–31.
Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61.
Fletcher, H. K., & Gallichan, D. J. (2016). An overview of attachment theory: Bowlby and beyond.
Attachment in Intellectual and Developmental Disability: A Clinician’s Guide to Practice and Research, 8–32.
Hanifah, S. D., Nurwati, R. N., & Santoso, M. B. (2022). Seksualitas dan Seks Bebas Remaja. Jurnal
Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(1), 57–65.
Holmes, P., & Farnfield, S. (2022). The Routledge Handbook of Attachment (3 volume set). Taylor &
Francis. https://books.google.co.id/books?id=uGN7EAAAQBAJ
Iftinan, Q., & Junaidin. (2021). Hubungan Antara Kelekatan Orang Tua (Ibu) Terhadap Kecerdasan Emosi
Pada Siswa Kelas XII Jurusan IPA SMAN 01 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. JURNAL PSIMAWA, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.36761/jp.v4i1.1273
Janah, M. (2017). HUBUNGAN KELEKATAN IBU DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA
PENGGUNA INSTAGRAM. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Mahmudah, H., & Rusmawati, D. (2019). Hubungan antara kelekatan anak-orang tua dengan stres
akademik pada siswa sd n srondol wetan 02 semarang dengan sistem pembelajaran full day school. Jurnal Empati, 7(4), 1160–1169.
Manalu, P. K., & Marheni, A. (2019). Hubungan antara kelekatan orangtua-remaja dengan motivasi
belajar pada remaja di SMA Negeri 4 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 130.
Mariyati, L. I., & Rezania, V. (2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan 1. Umsida Press, 1–114.
Marpaung, J. (2015). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. KOPASTA: Journal of the
Counseling Guidance Study Program, 2(2).
Millati, S. I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Setelah Menikah Pada Program Studi Akuntansi dan
Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar
terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451.
Munawaroh, E., & Mashudi, E. A. (2018). Resiliensi; Kemampuan Bertahan dalam Tekanan, dan Bangkit
dari Keterpurukan. CV. Pilar Nusantara.
Mutmainah, F. (2016). Pengaruh secure attachment terhadap kemandirian anak usia dini di RA Muslimat
NU 1 Belung Poncokusumo Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nur, F., & Damayanti, E. (2021). Kelekatan Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa. Psikostudia?:
Jurnal Psikologi, 10(2), 122. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i2.4547
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development. McGraw-Hill.
https://books.google.co.id/books?id=8eKfPwAACAAJ
Paputungan, F. (2023). Developmental characteristics of early adulthood. Journal of Education and
Culture (JEaC), 3(1), 47–56.
Pertiwi, Y. W., Pohan, H. D., Hutahaean, E. S. H., Thamrin, D., & Perdini, T. A. (2021). Caring dan
Observing Orang Tua Kepada Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(2), 151–158.
Purnama, R. A., & Wahyuni, S. (2017). Kelekatan (attachment) pada ibu dan ayah dengan kompetensi
sosial pada remaja. Jurnal Psikologi, 13(1), 30–40.
Purnamasri, I. (2020). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Gaya Belajar, dan Motivasi Berprestasi
terhadap Hasil Belajar Pai Kelas XI SMAN 1 Tinambung. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 260–272.
Purwati, M., & Rahmandani, A. (2020). Hubungan antara kelekatan pada teman sebaya dengan stres
akademik pada mahasiswa teknik perencanaan wilayah dan kota Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 456–466.
Putri, Y. E. (2022). Hubungan Antara Kelekatan Pada Orang Tua Dengan Penyesuaian Diri Santriwati
di Pesantren KH. Ahmad Dahlan Kabupaten Kuantan Singing. Universitas Putra Indonesia" YPTK" Padang.
Qomariah, D. N., Kuswandi, A. A., Saripatunnisa, Y., Noviana, I. P., & Enurmanah, E. (2022).
Keterlibatan Orang Tua dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(2), 31–44.
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Dasar.
Rahmania, T. (2023). Psikologi perkembangan. Sada Kurnia Pustaka.
Rahmatunnisa, S. (2019). Kelekatan antara anak dan orang tua dengan kemampuan sosial. Yaa Bunayya:
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 97–107.
Rahmawati, S. (2022). HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ORANG TUA DENGAN
KEMANDIRIAN PADA MAHASISWA RANTAU DI YOGYAKARTA. Jurnal Sudut Pandang, 2(12), 119–122.
Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui
model pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11–24.
Sari, S. L., Devianti, R., & NUR’AINI, S. (2018). Kelekatan orangtua untuk pembentukan untuk
pembentukan karakter anak. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 16–31.
Sartika, D. (2020). Manajemen Pendidikan Tinggi Islam (Upaya Mereposisi dan Merekonstruksi Lembaga
Pendidikan Tinggi Islam di Era Globalisasi). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 177–194.
Setyana, I. N. A., & Asbari, M. (2023). Standar Intelektual: Solusi untuk Masalah Pendidikan. Journal of
Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 74–77.
Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-faktor determinan yang mempengaruhi
prestasi belajar siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191–205.
Simons-Morton, B., & Chen, R. (2009). Peer and parent influences on school engagement among early
adolescents. Youth & Society, 41(1), 3–25.
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan
Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Suharsono, S. (2017). Pendidikan Multikultural. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam,
(1), 13–23.
Suryana, E., Wulandari, S., Sagita, E., & Harto, K. (2022). Perkembangan masa remaja akhir (tugas, fisik,
intelektual, emosi, sosial dan agama) dan implikasinya pada pendidikan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1956–1963.
Thahir, M., Rachmaniar, A., & Thahir, W. (2024). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan
Prestasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 99–107.
Udayana, J. P. (2016). Hubungan antara Self Regulated Learning dan Kelekatan Remaja Awal terhadap
Ibu dengan Prestasi Belajar Siswa SMP N 6 Denpasar Putu Riana Artyanti Putri dan I Made Rustika. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 54–63.
Winei, A. A. D., Ekowati, E., Setiawan, A., Jenuri, J., Weraman, P., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak
Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar dan Kesehatan Mental Siswa. Journal on Education, 6(1), 317–327.
Yulika, R. (2019). Pengaruh kecerdasan emosi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP
Negeri 1 Sengkang. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 252–270.
Ziya, R., & Chusairi, A. (2022). Pengaruh Kelekatan Orang Tua dan School Environment Terhadap Self-
Efficacy Akademik Pada Remaja Tengah. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(9), 510–518. https://doi.org/10.36418/comserva.v1i9.110
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aufa Rizqia Sahna, Azizah Nur Rahmawati, Dewi Khurun Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


