ANALISIS PENGETAHUAN ASI EKSKLUSIF DAN DAMPAK TERHADAP KINERJA KADER DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG KUTA KECAMATAN BANDAR DUA KABUPATEN PIDIE JAYA TAHUN 2023

Authors

  • Mahdalena Mahdalena Faculty of Public Health, University of Muhammadiyah Aceh
  • Basri Aramico Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Nopa Arlianti Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37135

Keywords:

ASI Eksklusif, Kader, Pengetahuan Kader, Kualitas Kinerja

Abstract

Salah satu tantangan utama dalam meningkatkan praktik pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif di Indonesia adalah optimalisasi peran kader kesehatan dalam advokasi dan implementasi program. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi hubungan antara karakteristik kader dengan pengetahuan terhadap kualitas kinerja kader. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Cross-sectional. Total sampel yang diperoleh sebanyak 30 kader dari 5 Desa dengan cakupan ASI Eksklusif paling rendah di wilayah Puskesmas Blang Kuta Kecamatan Banda Dua Kabupaten Pidie Jaya. Hasil analisis univariat menunjukkan 70% kader mendapatkan informasi secara online, 63,33% pernah berpartisipasi dalam pelatihan, 50% memiliki motivasi rendah dan tinggi secara seimbang, 80% merasa mendapatkan insentif, 40% memiliki pengetahuan rendah dan 53,33% memiliki kualitas kinerja baik. Analisis bivariat menunjukkan hubungan signifikan antara sumber informasi (P value = 0,015), pelatihan (P value = 0,001), motivasi (P value = 0,0001), dan kualitas kinerja (P value = 0,0001) dengan pengetahuan. Analisis multivariat dengan menggunakan Path Analisis menunjukan ada pengaruh pengetahuan terhadap kinerja kader (koefesien = 0,635; p value = 0,001) setelah di kontrol oleh sumber informasi (koefesien= -0,148; P Value = 0,671), insentif (koefisien = 0,276, p value = 0,084), motivasi (koefisien = 0,389; p value = 0,018) dan pelatihan (koefisien = 0,455, p value =0,017) terhadap pengetahuan. Pelatihan terstruktur tentang ASI eksklusif, akses informasi terbaru melalui platform online dan offline, serta peningkatan keterampilan komunikasi diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kader dalam mendukung ASI eksklusif.

References

Alyoubi, B. et al. (2018). ‘Impact of Knowledge Management on Employee Work Performance: Evidence from Saudi Arabia’, The International Technology Management Review, 7, p. 13. Available at: https://doi.org/10.2991/itmr.7.1.2.

Antarini, A.A.N., Wiardani, N.K., & Kusumayanti, G.A.D. (2019). ‘Pelatihan dan pendampingan kader tentang ASI eksklusif pada ibu hamil di kecamatan ubud kabupaten gianyar’, Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat, 1(2), pp. 110–119.

Aziz, A. (2023). ‘The role of continuous education and training in improving hospital nurse performance: case study of employee development program implementation’, Jurnal Aisyah?: Jurnal Ilmu Kesehatan, 8. Available at: https://doi.org/10.30604/jika.v8i3.2072.

Bakhtiar, A., & Hadwin, A.F. (2022). ‘Motivation From a Self-Regulated Learning Perspective: Application to School Psychology’, Canadian Journal of School Psychology, 37(1), pp. 93–116. Available at: https://doi.org/10.1177/08295735211054699.

Dinas Kesehatan. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Aceh 2021.

Fasochah, R.T.S.H. (2019). ‘Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Terhadap Kinerja Pegawai Yang Di Mediasi Oleh Komitmen Organisasi (Studi Pada Pegawai Kantor Pertanahan Kota Semarang)’, Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, Oktober(47), pp. 1–17. Available at: https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/78.

Hamzah, I. F. (2020). Aplikasi Self-Determinantion Theory pada Kebijakan Publik Era Industri 4.0. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1(September), 66–73. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7691.

Hauth, F. et al. (2019). ‘Electronic Patient-Reported Outcome Measures in Radiation Oncology: Initial Experience After Workflow Implementation’, JMIR Mhealth Uhealth, 7(7), p. e12345. Available at: https://doi.org/10.2196/12345.

Hossain, S., & Mihrshahi, S. (2022). ‘Exclusive Breastfeeding and Childhood Morbidity: A Narrative Review’, International journal of environmental research and public health, 19(22). Available at: https://doi.org/10.3390/ijerph192214804.

Iqbal, M., Amir, A.S., & Sultan, M.I. (2023). ‘The Utilization of Digital Media in Health Communication in Indonesia’, 14(2), pp. 30–31.

Kasumayanti, E., Aprilla, N., & Hotna, S. (2022). ‘Gambaran Motivasi Kader Dalam Memberikan Pelayanan Posyandu Di Desa Bukit Kemuning Wilayah Kerja Upt Puskesmas Sukaramai Tahun 2021’, Jurnal Ners, 6(1), pp. 75–79.

Kementerian Kesehatan RI (2022). ‘PEMBERIAN MAKANAN BAYI DAN ANAK(PMBA)’, pp. 1–38.

Kim, N., & Hang, N. (2024). ‘Rewards, knowledge sharing and individual work performance: an empirical study’, Cogent Business & Management, 11. Available at: https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2359372.

Lasaiba, M.A., & Man Arfa, A. (2023). ‘Implications of Teacher Competency and Learning Models on Student Motivation and Discipline Based on SMART-PLS’, AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), pp. 4328–4342. Available at: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3274.

Louis, S.L., Mirania, A.N., & Yuniarti, E. (2022). ‘Hubungan Pemberian ASI Eksklusif dengan Kejadian Stunting pada Anak Balita’, Maternal & Neonatal Health Journal, 3(1), pp. 7–11. Available at: https://doi.org/10.37010/mnhj.v3i1.498.

Nauval, M. D., Abdullah, A., & Arlianti, N. (2024). ‘School-Age Child Mortality: The Impact of Women’s Autonomy and Household Characteristics’, Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(8 SE-Research Article), 2250–2259. Available at: https://doi.org/10.56338/mppki.v7i8.6000.

Olajubu, A.O. et al. (2022). ‘Influence of Structured Training Programme on Healthcare Workers’ Knowledge of Recommended Postnatal Care Services in Nigeria.’, SAGE open nursing, 8, p. 23779608221117388. Available at: https://doi.org/10.1177/23779608221117387.

Olonade, Z. et al. (2022). ‘Non-Financial Rewards and Employee Performance in Money Deposit Banks in Lagos State, Nigeria’, ABUAD Journal of Social and Management Sciences, 3, pp. 58–77. Available at: https://doi.org/10.53982/ajsms.2022.0301.05-j.

Olufunlayo, T.F. et al. (2019). ‘Improving exclusive breastfeeding in low and middle-income countries: A systematic review’, Maternal & child nutrition. England, p. e12788. Available at: https://doi.org/10.1111/mcn.12788.

Putra Pratama, R.S. et al. (2022). ‘ASI Eksklusif Sebagai Faktor Protektif Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita 24-59 Bulan’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), pp. 262–270. Available at: https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.748.

Puskesmas Blang Kuta. (2022). Profil Puskesmas Blang Kuta 2021.

Suprihatin, E. (2018). ‘GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN KADER POSYANDU TENTANG ASI EKSKLUSIF DI DESA TEGALOMBO WILAYAH KERJA PUSKESMAS KALIJAMBE SRAGEN JAWA TENGAH’, Jurnal Kebidanan Indonesia, 12(2), pp. 91–98.

Unicef (2021). Pekan Menyusui Sedunia: UNICEF dan WHO serukan dukungan yang lebih besar terhadap pemberian ASI di Indonesia seiring penurunan tingkat menyusui selama pandemi COVID-19.

Wijaya, A., Mulyanah, M., & Kusumapradja, R. (2024). ‘The Influence of Competency and Training on Performance With Work Motivation As Intervening Variable’, Riset, 6(1), pp. 046–059. Available at: https://doi.org/10.37641/riset.v6i1.196.

World Health Organization (WHO). (2022). Pekan Menyusui Sedunia: UNICEF dan WHO serukan dukungan yang lebih besar terhadap pemberian ASI di Indonesia seiring penurunan tingkat menyusui selama pandemi COVID-19.

Downloads

Published

2024-12-31