PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE UNTUK MENGURANGI KECEMASAN HOSPITALISASI ANAK PRESCHOOL DENGAN ACUTE LYMPHOBLASTIC LEUKEMIA (ALL) : STUDI KASUS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37125Keywords:
ALL, hospitalisasi, kecemasan, preschool, terapi bermain puzzleAbstract
Hospitalisasi merupakan proses dari suatu alasan yang terencana atau darurat dan mengharuskan anak untuk tinggal di rumah sakit. Hospitalisasi dapat memicu timbulnya kecemasan pada anak yang disebabkan karena lingkungan yang asing dan tindakan – tindakan invasif perawat yang membuat anak menjadi trauma dan takut. Jika kecemasan berlangsung lama dapat mempengaruhi dalam pengobatan anak sehingga perlunya terapi untuk mengatasi kecemasan hopitalisasi yang dirasakan anak, yaitu dengan terapi bermain puzzle. Tujuan studi ini untuk menilai efektivitas penerapan terapi bermain puzzle dalam menurunkan kecemasan hospitalisasi anak preschool dengan Acute Lympobastic Leukemia (ALL). Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk pendekatan studi kasus di ruangan Anggrek 2 RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, terdiri dari 2 responden dengan usia preschool (3 – 6 tahun). Terapi bermain puzzle diberikan selama 10 – 15 menit secara berturut – turut selama 3 hari, puzzle yang digunakan pada anak preschool terdiri dari 3 – 8 keping pada usia - 4 tahun sedangkan 5 – 6 tahun diberikan 9 – 16 keping puzzle. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh terapi bermain puzzle dalam menurunkan tingkat kecemasan pada An. AA dan An. AR. Studi ini menunjukan terjadi penurunan kecemasan setelah intervensi terapi bermain puzzle, yang awalnya dari kecemasan berat menjadi sedang. Berdasarkan hasil panerapan ini disarankan orang tua dapat mempraktekan terapi bermain puzzle sebagai intevensi untuk menurunkan kecemasan yang dirasakan anak selama hospitalisasi.References
Anisha, N., & Lestari, R. (2022). Penerapan terapi bermain puzzle untuk mengatasi tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah (3-6 Tahun) saat hospitalisasi. Coping; Community of Publishing in Nursing, 10(6), 624–629.
Fibiyanti, M., Rahayu, D., & Hidayati, E. (2024). Efektifitas terapi bermain puzzle dalam menurunkan kecemasan anak usia pra sekolah akibat hospitalisasi. Ners Muda, 5(1), 98–106.
Hockenberry, M., & Wilson, D. (2013). Wong’s essentials of pediatric nursing (9th ed.). Salemba medika.
Islamiyah, I., Novianti, A., & Anhusadar, L. (2024). Pengaruh terapi bermain puzzel untuk penurunan kecemasan hospitalisasi pada anak usia prasekolah. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 87–98.
Khoerunnisa, S., Muqodas, I., & Justicia, R. (2023). Pengaruh bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak Usia 5-6 tahun. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–58.
KPAI. (2019). Waspadai kanker pada anak.
Musarofah, S., Ulhusnah, P., Sutarmi, S., Warijan, W., Indrayana, T., & Siswanto, J. (2023a). Efektifitas terapi bermain puzzle terhadap penurunan ansietas, studi kasus pada anak dengan menjalani kemoterapi. Jurnal Studi Keperawatan, 4(2), 20–24.
Musarofah, S., Ulhusnah, Ppi., Sutarmi, S., Warijan, W., Indrayana, T., & Siswanto, J. (2023b). Efektifitas terapi bermain puzzle terhadap penurunan ansietas, studi kasus pada anak dengan menjalani kemoterapi. Jurnal Studi Keperawatan, 4(2), 20–24.
PPNI, T. pokja S. D. (2018). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia. Persatuan perawat indonesia.
Rukmasari, E., & Ramdhanie, G. (2024). Pengabdian masyarakat: berdasi (bermain, cerdas, imajinasi) terapi bermain bersama anak-anak penderita kanker. Journal of Community Service, 6(1), 56–62.
Sapardi, V., & Andayani, R. (2021). Pengaruh terapi bermain puzzle terhadap kecemasan pada anak pra sekolah. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 4(2), 34–40.
Sukadana, G., Sukmandari, N., & Triana, Y. (2020). Pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia toddler. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 4(1), 40–44.
Wairo, C., Nugroho, S., & Suyuti, H. (2019). Peran ekspresi P53 dan survivin terhadap hemoglobin, leukosit, dan trombosit pada leukemia limfoblastik akut anak yang mendapatkan kemoterapi. Majalah Kesehat FKUB, 6(1), 23–34.
Yulianto, A., Idayati, I., & Sari, S. (2021). Bermain (puzzle) terhadap kecemasan anak usia prasekolah yang mengalami hospitalisasi. Jurnal Wacana Kesehatan, 6(1), 39–46.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syafni Gusti Windari, Juniar Ernawaty, Yuni Artati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


