ANALISIS TENTANG SIKAP APOTEKER TERKAIT PENGGUNAAN TELEFARMASI PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KOTA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37099Abstract
Telefarmasi merupakan metode yang digunakan dalam praktik kefarmasian di mana seorang apoteker memanfaatkan teknologi telekomunikasi untuk mengawasi aspek operasional kefarmasian atau memberikan layanan perawatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menilai sikap apoteker terhadap telefarmasi di Kota Denpasar, Bali. Metode penelitian ini menggunakan bentuk rancangan penelitian deskriptif analitik. Data yang dikumpulkan dengan prospektif dengan pengambilan sampel di Kota Denpasar sebanyak 100 responden. Pembuatan kuesioner menggunakan media google form, kemudian kuesioner tesebut di sebarkan secara daring melalui grup Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Denpasar dan secara luring dengan mendatangi apoteker di Apotek pada bulan Maret-Mei 2024. Data dianalisis secara deskriptif untuk karakteristik responden dan sikap terkait penggunaan telefarmasi. Analisis Uji Chi Square digunakan untuk melihat hubungan antara sikap dengan pelaksanaan pelayanan kefarmasian. Hasil penelitian ini yaitu mayoritas apoteker yang berpraktik di apotek memiliki sikap yang baik (75%) terkait penggunaan telefarmasi dan pelaksanaan pelayanan kefarmasian termasuk dalam kategori baik. Penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara sikap dalam telefarmasi pada pelaksanaan pelayanan kefarmasian (p<0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Apoteker yang melakukan pelaksanaan pelayanan kefarmasian dengan baik maka apoteker tersebut memiliki skap yang baik dalam melakukan kegiatan telefarmasi.References
Ach Faruk Alrosyidi, & Kurniasari, S. (2020). Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kabupaten Pamekasan Tahun 2020. Journal of Pharmacy and Science, 5(2), 55–59. https://doi.org/10.53342/pharmasci.v5i2.180
Alexander, E., Butler, C. D., Darr, A., Jenkins, M. T., Long, R. D., Shipman, C. J., & Stratton, T. P. (2017). ASHP Statement on telepharmacy. American Journal of Health-System Pharmacy, 74(9), e236–e241. https://doi.org/10.2146/ajhp170039
Arrang, S. T. (2021). Manajemen Farmasi Manajemen Pengelolaan sediaan Farmasi, Alat Kesehatan dan Medis Habis Pakai (BMHP). Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. https://books.google.co.id/books/about/Manajemen_Farmasi_Manajemen_Pengelolaan.html?id=UCA7EAAAQBAJ&redir_esc=y
Diana, K., Tandah, M. R., & Basuki, M. (2019). Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Kota Palu. Jurnal Ilmiah As-Syifaa, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.33096/jifa.v11i1.504
Dominica, D., Putra, D. P., &, & Yulihasri, Y. (2016). Effect of Pharmacist Presence to Pharmaceutical Service at Pharmacies of Padang City, Indonesia. Jurnal Sains Farmasi & Klinis, 3(1), 99. https://doi.org/https://doi.org/10.29208/jsfk.2016.3.1.106
Dorsey, E. R., & Topol, E. J. (2016). State of Telehealth. New England Journal of Medicine, 375(2), 154–161. https://doi.org/10.1056/nejmra1601705
Elnaem, M. H., Akkawi, M. E., Al-Shami, A. K., & Elkalmi, R. (2022). Telepharmacy Knowledge, Perceptions, and Readiness among Future Malaysian Pharmacists Amid the COVID-19 Pandemic. Indian Journal of Pharmaceutical Education and Research, 56(1), 9–16. https://doi.org/10.5530/ijper.56.1.2
Elsa Aulia Puspita, I., Mulyono Putri Wibowo, I., & Franciscus Cahyo Kristianto, dan. (2022). Implementasi Pelayanan Telefarmasi di Apotek Sesuai Standar Pelayanan Kefarmasian. MPI (Media Pharmaceutica Indonesiana) ¿, 4(2), 105–113.
Fattah, A., Farid, A. F., Firdausy, A. Z., Sulaiman, A. M., Simangunsong, D. E., Eka, F., Maulida, F., Varianti, A., Ong, K. K., Kristiany, L., Endah, N., Diningsih, M., Febiani, N., Azzahra, S. N., Komalasari, S., Zulfah, Y., & Aryani, T. (2022). Efektivitas Penggunaan Layanan Telefarmasi di Era Pandemi COVID-19 dari Perspektif Masyarakat. Jurnal Farmasi Komunitas, 9(2), 152–157.
Firdanthi, A., Steffy Laurent, B., Dian Cahyani, C., Rizkyah, C., Abirlina Fitri Aldina, D., Alice Putri, F., Urwatil Wusqo, H., Afifah, I., Wiwid Kurniasari, L., Orchid Dewani Suhanto, M., Etika Rahayu, M., Pramudya Pangestu, M., Addriana, O., Iradian, R., Syahira Arsyie, S., & Pristianty, L. (2023). Pengetahuan dan Pemanfaatan Telefarmasi dalam Memenuhi Kebutuhan Obat secara Swamedikasi pada Kelompok Usia Produktif selama Pandemi COVID-19. Jurnal Farmasi Komunitas, 10(1), 48–53.
Hanari Fajarini, & Ludin, A. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Konseling di Apotek Etika Farma Brebes berdasarkan PERMENKES RI Nomor 73 Tahun 2016. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 2(4), 418–421. https://doi.org/DOI:10.25026/jsk.v2i4.207
Juwita, F. I. (2021). Peran Apoteker Dalam Perkembangan Literasi E-Health Dan E-Pharmacy Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Diseminasi Hasil Penelitian Dosen Program Studi Keperawatan Dan Farmasi Stikes Notokusumo, 3(Gilchrist 2016), 22–33.
Kemenkes, R. (2019). Peraturan Kementerian Kesehatan nomor 20 Tahun 2019. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 6588(879), 2004–2006.
Maharani, R. A. (2022). Evaluasi Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Obat Di Apotek Indobat Pedungan. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 10(2), 198. https://doi.org/10.33560/jmiki.v10i2.376
Muhammad, K., Baraka, M. A., Shah, S. S., Butt, M. H., Wali, H., Saqlain, M., Mallhi, T. H., Hayat, K., Fahelelbom, K. M., Joseph, R., & Khan, Y. H. (2022). Exploring the perception and readiness of Pharmacists towards telepharmacy implementation; a cross sectional analysis. PeerJ, 10, 1–17. https://doi.org/10.7717/peerj.13296
Nurhaini, R., Munasari, F., & Agustiningrum, R. (2020). Kesesuaian Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Apotek Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. CERATA Jurnal Ilmu Farmasi, 11(1), 15–20. https://doi.org/10.61902/cerata.v11i1.94
Prabandari, S. (2018). Gambaran Manajemen Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Permata Kota Tegal. Parapemikir?: Jurnal Ilmiah Farmasi, 7(1), 202–208. https://doi.org/10.30591/pjif.v7i1.741
Pratiwi, M. (2022). Pelayanan Telefarmasi Selama Covid 19. Journal of Pharmacopolium, 5(2), 211–219. https://doi.org/10.36465/jop.v5i2.901
Putri, W. ., & Wicaksono, I. A. (2021). Review Artikel: Pelayanan Telefarmasi di Masa Pandemi Covid-19. Farmaka, 19(3), 93–102.
Rahayu, F. R., Ramadhan, I. S., & Hendriani, R. (2023). Review Artikel?: Pelaksanaan Telefarmasi Pada Pelayanan Kefarmasian Di Farmasi Komunitas. Journal of Pharmaceutical and Sciences, 6(1), 273–280. https://doi.org/10.36490/journal-jps.com.v6i1.60
Sari, R. P., Putra, A. M. P., & Masran, U. (2018). Hubungan Pengetahuan Dan Kebutuhan Pasien Terhadap Informasi Obat Di Apotek Amandit Farma Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Manuntung, 4(2), 98–105. https://doi.org/10.51352/jim.v4i2.188
Sasanti, A. D., Maharani, L., Sholihat, N. K., Purwonugroho, T. A., Mustikaningtias, I., & Ilma, D. L. (2022). Analisis Kualitatif Mengenai Peran dan Perilaku Apoteker di Apotek Terkait Penggunaan Telefarmasi Selama Pandemi COVID-19. JPSCR: Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research, 7(2), 149. https://doi.org/10.20961/jpscr.v7i2.55878
Sudibyo, S. (2014). Metodologi Penelitian ((A. Mafluf). Trans Info Media.
Sudibyo Supardi, Rini Sasanti Handayani, Raharni, M.l Herman, & Andi Leny Susyanty. (2011). Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Dan Kebutuhan Pelatihan Bagi Apotekernya. Buletin Penelitian Kesehatan, 39(3), 138–144.
Tri, G. (2015). Hubungan Pengetahuan Motivasi dan Sikap Apoteker Dengan Pelaksanaan Standar Pelayanan Resep di Apotek Wilayah Kota Denpasar,.
Tri, Gede. (2015). Hubungan Pengetahuan Motivasi dan Sikap Apoteker Dengan Pelaksanaan Standar Pelayanan Resep di Apotek Wilayah Kota Denpasar,.
Unni, E. J., Patel, K., Beazer, I. R., & Hung, M. (2021). Telepharmacy during COVID-19: A Scoping Review. Pharmacy, 9(4), 183. https://doi.org/10.3390/pharmacy9040183
Wintariani, N. P., Dewi, D. A. P. S., & Agustini, N. P. D. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesesuaian Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Wilayah Denpasar, Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Medicamento, 4(1), 55–59. https://doi.org/10.36733/medicamento.v4i1.884
Yulaikah, N., & Artanti, Y. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Telemedicine saat Pandemi COVID-19. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.35899/biej.v4i1.351
Yuniar, Y., & Handayani, R. S. (2016). The Satisfaction of National Health Insurance Program’s Patients On Pharmaceutical Services in Pharmacy. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 6(1), 39–48.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 luh Santhi Utami Wiryani, Elsa Mahardika Putri, Anis Akhwan Dhafin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


