TINJAUAN KEPATUHAN PENJELASAN GENERAL CONSENT PASIEN RAWAT INAP UNIT PENDAFTARAN RSU SUNDARI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37084Keywords:
Man, Material, Method, General ConsentAbstract
Pendaftaran atau registrasi pasien merupakan bagian terdepan dari pelayanan rumah sakit, di sini pasien didata identitas dan keperluan kunjungannya ke rumah sakit. Salah satu elemen kunci yang akan mempengaruhi persepsi awal rumah sakit adalah lamanya waktu tunggu pasien selama pelayanan. Pendaftaran pasien rawat inap (TPPRI) adalah bagian bertanggung jawab terhadap data dan informasi pasien yang akan di rawat inap. Sebelum menerima rawat jalan dan rawat inap di rumah sakit, formulir persetujuan umum (General Consent) selalu diberikan kepada pasien atau keluarga. Persetujuan umum (General Consent), yang membahas hak dan kewajiban pasien serta pelayanan kesehatan yang akan diberikan kepada pasien sehubungan dengan proses pemeriksaan, perawatan, dan pengobatan, merupakan salah satu bentuk perizinan yang harus dibicarakan. Tujuan penelitian untuk mengetahui tinjauan kepatuhan kejelasan General consent pasien rawat inap di Unit Pendaftaran Rumah Sakit Umum Sundari. Metode penelitian bersifat survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pasien rawat inap periode Januar s/d Desember 2022 sebanyak 9.223 pasien. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 99 responden. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian menunjukkan hubungan variabel Man dengan nilai p-value = 0,000 < 0,05; hubungan variabel Material dengan nilai p-value = 0,000 < 0,05; hubungan variabel Method dengan nilai p-value = 0,000 < 0,05 terhadap kepatuhan penjelasan General Consent pasien rawat inap di Unit Pendaftaran RSU Sundari Medan. Kesimpulan penelitian ada hubungan variabel Man, Material dan Method terhadap kepatuhan penjelasan General Consent pasien rawat inap di Unit Pendaftaran RSU Sundari Medan.References
Amalia, M., & Pratiwi, E. (2022). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Di Instalasi Rawat Inap. Jurnal Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan, 76-84.
Andita, V., Hermawat, W., & Hartati, N. (2019). Pengaruh Jumlah Pelayanan Rawat Jalan, Rawat Igd Dan Rawat Inap Terhadap Tingkat Pendapatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Kabupaten Majalengka.
Arifin, I., Heltiani, N., & Fatolla, D. (2023). Perancangan Sistem Informasi Registrasi Pasien Rawat Jalan RSUD Kebupaten Lebong. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan, 27-37.
Baroroh, A. M. (2022). Evaluasi Ketepatan Penyelesaian Formulir Reimbursement Rawat Inap Untuk Keperluan Klaim Asuransi Komersial Di Unit Rekam Medis Rumah Sakit Premier Surabaya. Repository Stikes Yayasan RS Dr. Soetomo.
Calundu, R. (2018). Manajemen Kesehatan. Makassar: CV. Sah Media.
Fitriana, Y., & Pratiwi, K. (2018). Pelaksanaan Patient Safety Di Rumah Sakit Umum Daerah dan Rumah Sakit Umum Swasta Bantul Berdasarkan Ketentuan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jurnal Kebidanan, 28-39.
Gustav, R., & Indriansyah, M. R. (2022). Prosedur Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Pada Klinik Gema Medical Center Cicurug Sukabumi. Prosiding SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi dan Riset Terapan), 221-225.
Hariyanto, M. W. (2019). Evaluasi Kelengkapan Pengisian Berkas Rekam Medis Rawat Inap Di Rumah Sakit Surabaya Medical Service. Repository STIKES Yayasan Dr. Soetomo.
Hasbi, F. H. (2012). Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Poncol Kota Semarang Tahun 2012. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 37-47.
Irwansyah, S., Yulia, N., Putra, D. H., & Rumana, N. A. (2022). Tinjauan Pelaksanaan Pengisian Formulir General Consent Rawat Inap RSUP Dr. Sitanala Kota Tangerang Tahun 2021. Jurnal Sains dan Teknologi, 148-152.
Lestari, I. (2022). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Sawerigading Kota Palopo. Repository Universitas Hasanuddin.
Maulana, A., Aramico, B., & Amin, a. A. (2022). Hubungan Kepuasan Pasien Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kuta Baro Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar Tahun 2022. Journal of Health and Medical Science, 245-253.
Mustofa, A., Roekminiati , S., & Lestari, D. S. (2020). Administrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Perundang-undangan, P. (2009). Undang-undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Details/38778/uu-no-36-tahun-2009
Perundang-undangan, P. (2009). Undang-undang (UU) Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Details/38789/uu-no-44-tahun-2009
Purnomo, M. (2016). Pencapaian Standar Pelayanan Gawat Darurat di RSU Habibullah Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Tahun 2014. The 3rd University Research Colloquium, 144-158.
Ramdani, M. I. (2019). Pemenuhan Hak Pasien Atas Informasi Penyakit & Tindakan Medis Dalam Upaya Mengurangi Risiko Tuntutan Pasien Di Rumah Sakit Tmc Tasikmalaya. Aktualita Jurnal Hukum, 544-556.
Romadhoni, R. D. (2016). Beban Kerja Obyektif Tenaga Perawat di Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 57-66.
Simbolon, J., & Sipayung, S. D. (2022). Analisis Kualitas Pengelolaan Mutu Pelayanan Pendaftaran Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 591-599.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rima Melinda Sembiring, Chairul Syahputra, Dyna Syafitri Rakhelmi Rangkuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


