DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK DI DESA PEUNITI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37067Keywords:
Gadget, Interaksi Sosial, Teknologi, Anak Usia Sekolah, KualitatifAbstract
Teknologi memegang peran penting dalam kehidupan umat manusia karena penggunaan teknologi seperti gadget berdampak pada pola kehidupan baik dari segi pola pikir, pola rasa maupun pola perilaku. Sesuai dengan perkembangannya saat ini penggunaan gadget banyak di gunakan oleh anak-anak usia sekolah dasar dan menengah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak. Penelitian menggunakan desain kualitatif dengan cara wawancara dan penarikan hasil menggunakan narasi, yang di validitasi menggunakan triagulasi. Dalam penelitian ini melibatkan 12 informan yang terdiri dari 5 Orang Anak usia 9-10 tahun; (3 Laki-Laki dan 2 Perempuan), 5 Orang Tua, 1 Kepala Sekolah, dan 1 Dosen Psikologi Unmuha. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif penggunaan gadget yaitu anak-anak dapat menggunakan gadget sebagai media pembelajaran dan sebagai media komunikasi. Sedangkan dampak negatifnya yaitu penggunaan gadget pada anak-anak yang terlalu lama dapat menurunkan kesehatan mata dan tubuh,menurunkan daya ingat dan membuat anak berperilaku kurang sopan terhadap orang tua, serta penggunaan gadget dapat berpengaruh terhadap interaksi social anak. Anak yang suka dan banyak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget dalam kesehariannya cenderung lebih suka menyendiri dan tidak mau bersosialisasi dengan orang-orang disekitar mereka. Diharapkan kepada Guru agar terus membimbing serta memberikan edukasi dan contoh bahaya penggunaan gadget yang berlebihan serta memperbanyak aktifitas anak-anak dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Bagi orang tua apabila anak tidak diperbolehkan main gadget diharapkan agar memahami kondisi anak dengan mengajak anak-anak untuk bermain permainan yang positif seperti menenak kata dan menghitung dengan cepat.References
Adwiah, A. R., & Diana, R. R. (2023). Strategi Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2463–2473. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3700
Afdalia, A. P., & Gani, I. (2023). Dampak pengaruh gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 10(1), 87–96.
Al Ulil Amri, M. I., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Anak Sekolah Dasar pada Situasi Pandemi Covid-19’. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 14. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.933
Alia, T. dan Irwansyah, I. 2018. Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. Universitas Pelita Harapan, 14(1), pp. 65–78.
Al-Ayouby. 2017. “Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
Anggi Tri Pasetyo, 2021. “Waktu Ideal Penggunaan Gadget Dan Dampak Kecanduan Gadget”, Sekolah Isalam Terpadu Al Haraki.
BPS (2024) ‘Badan Pusat Statistik’.
Dadan Suryana, 2019, Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak, Jakarta: Kencana
Hariani, E. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi. 4307(April), 1191–1195.
Hilmi, R.Z., Hurriyati, R. and Lisnawati (2018) ‘ANALISIS DAMPAK GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK SDN 11 SEPIT’, 3(2), pp. 91–102.
Jamaah, J. and Zulhad, F. (2023) ‘Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak di SMP IT Loa Dompu’, Innovative: Journal Of Social Science …, 3, pp. 5969–5981. Available at: http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2801%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/2801/1995.
Nur Mutmainnatul Itsna, & Risatur Rofi’ah. (2021). Dampak Penggunaan Gadget pada Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Ummul Qura Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 16(1), 60–70. https://doi.org/10.55352/uq.v16i1.380
Oktaviana, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Perspektif Hadis. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 145–153. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12544
Rohana, F., & Hartini, S. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Di Sdn 02 Banyuurip Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(2), 137. https://doi.org/10.31596/jcu.v9i2.594
Rozalia. 2017. “Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD.
Yusuf, dkk. 2013. Perkembangan Peserta Didik, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Miftahul Jannah, Radhiah Zakaria, Nopa Arlianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).