PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK POP TERHADAP VARIASI TINGKAT STRES PADA MAHASISWA D-III TINGKAT AKHIR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.36945Keywords:
Mahasiswa, Musik pop, Pengaruh, StresAbstract
Peralihan fase pada usia remaja ke usia dewasa membuat mahasiswa lebih mempersiapkan dirinya untuk mengalami berbagai macam tantangan. Tantangan yang akan dihadapi oleh mahasiswa berasal dari kegiatan akademik maupun non akademik, sehingga menimbulkan stres. Tingkat stres dapat meningkat karena situasi mahasiswa yang memiliki beban tugas yang berlebih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian musik pop terhadap tingkat stres pada pada mahasiswa D-III Tingkat akhir. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental. Rancangan desain adalah One group pretest-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 60 mahasiswa dengan Teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan skala ukur DASS 42. Terapi music pop dilakukan 2 kali dengan durasi waktu 15 menitr. Hasil penelitian menunjukkan tingkat stres sebelum diberikan terapi musik pop favorit stres ringan 53,3%, stres sedang 35,0%, stres berat 11,7%. Setelah diberikan musik pop favorit mengalami penurunan menjadi normal 55,0%, stres ringan 28,3%, stres sedang 16,7%. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa P-value = 0,000 < (? = 0,05), maka Ha diterima. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh media musik pop terhadap Tingkat stres pada mahasiswa tinghkat akhir D III Keperawatan.References
Agustiningsih, N. (2020). Gambaran Stress Akademik dan Strategi Koping Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 6(2), 241–250. https://doi.org/10.26699/jnk.v6i2.art.p241-250
Amanda, S., Annisafitri, A., Angelia, M., Augilera, S. C., & Nurdiantami, Y. (2022). Studi Literatur Pengaruh Musik Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2580–2588. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7002
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47
Andaryani, E. T. (2019). Pengaruh Musik dalam Meningkatkan Mood Booster Mahasiswa (The Effects of Music in Improving Student’s Mood Booster). Musikolastika Jurnal Pertunjukkan & Pendidikan Musik, 1(2), 109–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/musikolastika.v1i2.31
Arisandi, W., & Pradana, A. S. (2021). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Mitra Indonesia Tahun 2020. Jurnal Imu Kesehatan Indonesia (JIKMI), 2(2), 1–9. https://doi.org/10.57084/jikmi.v2i2.816
Djohan. (2020). Psikologi musik. PT. Kanisius.
Fretes, D. de, & Bonggaminanga, P. I. (2021). Menakar Preferensi Musik di Kalangan Remaja: Antara Musik Populer dan Musik Klasik. Tamumatra: Jurnal Seni Pertunjukkan, 4(1), 9–19. https://doi.org/10.29408/tmmt.v4i1.4365
Gani, M. R., Mulyani, & Fadhila, M. (2022). Gambaran stres pada mahasiswa yang menyukai musik akustik. Jurnal Al Husna, 3(2), 124–142. https://doi.org/10.18592/jah.v3i2.
Gobel, A. Y., Firmawati, & Sudirman, A. A. (2023). Pengaruh Terapi Lingkungan (Music Therapy) Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Modelomo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Journal of Educational Innovation and Public Health, 1(2), 56–67.
Hasmawati, Usman, & Fitriani Umar. (2021). Hubungan Stres Dengan Pola Konsumsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 4(1), 122–134. https://doi.org/10.31850/makes.v4i1.409
Husna, N. N., & Rinjani, D. (2022). Song Model Development For Character Education Elementary School Students. Jurnal Seni Musik, 11(1), 12–18. https://doi.org/10.15294/jsm.v11i1.51763
Khoirunnisa, A. (2020). Self-Therapy: Melalui Melodi Dan Musik Berbahasa Asing. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Banung.
Kurniasani, R. A., & Wahyudi, H. (2022). Pengaruh Self-Disclosure terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Unisba. Bandung Conference Series: Psychology Science, 348–355.
Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). “Tugas pembelajaran” penyebab stres mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.
Maisa, E. A., Andrial, A., Murni, D., & Sidaria, S. (2021). Hubungan Stres Akademik dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Program Alih Jenjang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 438. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1345
Malakoutikhah, A., Dehghan, M., Ghonchehpoorc, A., Parandeh Afshar, P., & Honarmand, A. (2020). The effect of different genres of music and silence on relaxation and anxiety: A randomized controlled trial. Explore, 16(6), 376–381. https://doi.org/10.1016/J.Explore.2020.02.005
Priyoto. (2019). Konsep manajemen stress. Nuha Medika.
Riskesdas. (2018). Laporan Riskesdas 2018 Nasional. In Lembaga Penerbit Balitbangkes. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB).
Romlah, S., Pramono, Joko S., & Suryani, H. (2023). The Effect of Classic Music Therapy and Lavender Aromatherapy Candles on Anxiety Levels of Trimester III Pregnant Women. Journal of Pharmaceutical and Health Research, 4(3), 396–403. https://doi.org/10.47065/jharma.v4i3.4372
Rosyidah Ishmah, Efendi, A. R., Arfah, Muh. A., & Jasman, P. A. (2020). Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Unhas. Jurnal Abadi, 2(1), 33–39.
Saraswati, P. A., Suyasa, I. gede P. darma, & Wulandari, I. A. (2022). Hubungan tingkat stres dengan gejala gastritis mahasiswa tingkat iv. Jurnal Gema Keperawatan, 15, 207–216. https://doi.org/10.33992/jgk.v15i2.2021
Simanjuntak, M. R., Tampubolon, F., Manurung, Y., Sibagariang, E., & Kunci, K. (2022). Pemanfaatan Terapi Musik Klasik Dalam Upaya Menurunkan Tingkat Stress Kerja Guru Sd Selama Pandemi Covid-19 The Use Of Classical Music Therapy In An Effort To Reduce The Work Stress Level Of Elementary School Teachers During The Covid-19 Pandemic Pendahul. V(I), 29–36. https://doi.org/10.30743/stm.v5i1.225
Sofia, M., & Kamarullah. (2022). Coping Stress Pada Mahasiswa Menyusun Skripsi (Studi Kasus) Coping Stress on Students Completing the Final Project (Case Study). Journal of Healtcare Technology and Medicine, 8(2), 1369–1376. https://doi.org/10.33143/jhtm.v8i2.2434
Suhandiah, S., & Sudarmaningtyas, P. (2021). Tugas Akhir dan Faktor Stres Mahasiswa. 5. https://doi.org/10.36339/jaspt.v5i1.424
Sutalaksana, A. D., & Kusdiyati, S. (2020). Hubungan Stres Akademik Dengan Subjective Well-Being Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Psiding Psikologi, 6(2), 594–598. https://doi.org/10.29313/.v6i2.23629
Syahrani, B. (2022). Memilih Genre Musik yang Disukai. Victory Pustaka Media.
Tarigan, T. P. E., & Sitepu, E. (2020). Kecerdasan Emosional dalam Mengatasi Tekanan pada Masa Akhir Studi. Kharismata: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.36
Wahyuningsih, T., Susanti, D. A., & Winarni, L. M. (2022). Pengaruh Terapi Musik Korean Pop Terhadap Tingkat Stres Siswa Smkn 1 Kabupaten Tangerang. Nusantara Hasana Journal, 2(6), 18552–18556.
Widana, I. M. A. P., Putra, G. N. W., & Ridayanti, P. W. (2022). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Dalam Menyusun. Jurnal Kesehatan Midwinerslion, 7(September), 1–7.
Widiyono, Aryani, A., Indriyati, Sutrisno, Suwarni, A., Putra, F. A., & Herawati, V. D. (2022). Buku Ajar Terapi Komplementer Keperawatan. In Lembaga Chakra Brahmana Lentera.
Yuvi, A. D., & Wahyuning, C. S. (2021). Strategi Peningkatan Performansi Kognitif Melalui Musik Pengiring Kerja. Prosiding Diseminasi FTI. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1051/shsconf/202418901030
Zheng, Y. (2022). Stress levels of nursing students. Mediine Open, 1, 1–6. https://doi .org/https://doi.org/10.1097/md.0000000000030547
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shinta Adetya Winarno, Joko Sapto Pramono, Yona Palin T

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


