PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK POP TERHADAP VARIASI TINGKAT STRES PADA MAHASISWA D-III TINGKAT AKHIR

Authors

  • Shinta Adetya Winarno Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Joko Sapto Pramono Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Yona Palin T Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.36945

Keywords:

Mahasiswa, Musik pop, Pengaruh, Stres

Abstract

Peralihan fase pada usia remaja ke usia dewasa membuat mahasiswa lebih mempersiapkan dirinya untuk mengalami berbagai macam tantangan. Tantangan yang akan dihadapi oleh mahasiswa berasal dari kegiatan akademik maupun non akademik, sehingga menimbulkan stres. Tingkat stres dapat meningkat karena situasi mahasiswa yang memiliki beban tugas yang berlebih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian musik pop terhadap tingkat stres pada pada mahasiswa D-III Tingkat akhir. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental. Rancangan desain adalah One group pretest-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 60 mahasiswa dengan Teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan skala ukur DASS 42. Terapi music pop dilakukan 2 kali dengan durasi waktu 15 menitr. Hasil penelitian menunjukkan tingkat stres sebelum diberikan terapi musik pop favorit stres ringan 53,3%, stres sedang 35,0%, stres berat 11,7%. Setelah diberikan musik pop favorit mengalami penurunan menjadi normal 55,0%, stres ringan 28,3%, stres sedang 16,7%. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa P-value = 0,000 < (? = 0,05), maka Ha diterima. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh media musik pop terhadap Tingkat stres pada mahasiswa tinghkat akhir D III Keperawatan.

References

Agustiningsih, N. (2020). Gambaran Stress Akademik dan Strategi Koping Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 6(2), 241–250. https://doi.org/10.26699/jnk.v6i2.art.p241-250

Amanda, S., Annisafitri, A., Angelia, M., Augilera, S. C., & Nurdiantami, Y. (2022). Studi Literatur Pengaruh Musik Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2580–2588. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7002

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Andaryani, E. T. (2019). Pengaruh Musik dalam Meningkatkan Mood Booster Mahasiswa (The Effects of Music in Improving Student’s Mood Booster). Musikolastika Jurnal Pertunjukkan & Pendidikan Musik, 1(2), 109–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/musikolastika.v1i2.31

Arisandi, W., & Pradana, A. S. (2021). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Mitra Indonesia Tahun 2020. Jurnal Imu Kesehatan Indonesia (JIKMI), 2(2), 1–9. https://doi.org/10.57084/jikmi.v2i2.816

Djohan. (2020). Psikologi musik. PT. Kanisius.

Fretes, D. de, & Bonggaminanga, P. I. (2021). Menakar Preferensi Musik di Kalangan Remaja: Antara Musik Populer dan Musik Klasik. Tamumatra: Jurnal Seni Pertunjukkan, 4(1), 9–19. https://doi.org/10.29408/tmmt.v4i1.4365

Gani, M. R., Mulyani, & Fadhila, M. (2022). Gambaran stres pada mahasiswa yang menyukai musik akustik. Jurnal Al Husna, 3(2), 124–142. https://doi.org/10.18592/jah.v3i2.

Gobel, A. Y., Firmawati, & Sudirman, A. A. (2023). Pengaruh Terapi Lingkungan (Music Therapy) Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Modelomo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Journal of Educational Innovation and Public Health, 1(2), 56–67.

Hasmawati, Usman, & Fitriani Umar. (2021). Hubungan Stres Dengan Pola Konsumsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 4(1), 122–134. https://doi.org/10.31850/makes.v4i1.409

Husna, N. N., & Rinjani, D. (2022). Song Model Development For Character Education Elementary School Students. Jurnal Seni Musik, 11(1), 12–18. https://doi.org/10.15294/jsm.v11i1.51763

Khoirunnisa, A. (2020). Self-Therapy: Melalui Melodi Dan Musik Berbahasa Asing. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Banung.

Kurniasani, R. A., & Wahyudi, H. (2022). Pengaruh Self-Disclosure terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Unisba. Bandung Conference Series: Psychology Science, 348–355.

Livana, P. H., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). “Tugas pembelajaran” penyebab stres mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

Maisa, E. A., Andrial, A., Murni, D., & Sidaria, S. (2021). Hubungan Stres Akademik dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Program Alih Jenjang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 438. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1345

Malakoutikhah, A., Dehghan, M., Ghonchehpoorc, A., Parandeh Afshar, P., & Honarmand, A. (2020). The effect of different genres of music and silence on relaxation and anxiety: A randomized controlled trial. Explore, 16(6), 376–381. https://doi.org/10.1016/J.Explore.2020.02.005

Priyoto. (2019). Konsep manajemen stress. Nuha Medika.

Riskesdas. (2018). Laporan Riskesdas 2018 Nasional. In Lembaga Penerbit Balitbangkes. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB).

Romlah, S., Pramono, Joko S., & Suryani, H. (2023). The Effect of Classic Music Therapy and Lavender Aromatherapy Candles on Anxiety Levels of Trimester III Pregnant Women. Journal of Pharmaceutical and Health Research, 4(3), 396–403. https://doi.org/10.47065/jharma.v4i3.4372

Rosyidah Ishmah, Efendi, A. R., Arfah, Muh. A., & Jasman, P. A. (2020). Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Unhas. Jurnal Abadi, 2(1), 33–39.

Saraswati, P. A., Suyasa, I. gede P. darma, & Wulandari, I. A. (2022). Hubungan tingkat stres dengan gejala gastritis mahasiswa tingkat iv. Jurnal Gema Keperawatan, 15, 207–216. https://doi.org/10.33992/jgk.v15i2.2021

Simanjuntak, M. R., Tampubolon, F., Manurung, Y., Sibagariang, E., & Kunci, K. (2022). Pemanfaatan Terapi Musik Klasik Dalam Upaya Menurunkan Tingkat Stress Kerja Guru Sd Selama Pandemi Covid-19 The Use Of Classical Music Therapy In An Effort To Reduce The Work Stress Level Of Elementary School Teachers During The Covid-19 Pandemic Pendahul. V(I), 29–36. https://doi.org/10.30743/stm.v5i1.225

Sofia, M., & Kamarullah. (2022). Coping Stress Pada Mahasiswa Menyusun Skripsi (Studi Kasus) Coping Stress on Students Completing the Final Project (Case Study). Journal of Healtcare Technology and Medicine, 8(2), 1369–1376. https://doi.org/10.33143/jhtm.v8i2.2434

Suhandiah, S., & Sudarmaningtyas, P. (2021). Tugas Akhir dan Faktor Stres Mahasiswa. 5. https://doi.org/10.36339/jaspt.v5i1.424

Sutalaksana, A. D., & Kusdiyati, S. (2020). Hubungan Stres Akademik Dengan Subjective Well-Being Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Psiding Psikologi, 6(2), 594–598. https://doi.org/10.29313/.v6i2.23629

Syahrani, B. (2022). Memilih Genre Musik yang Disukai. Victory Pustaka Media.

Tarigan, T. P. E., & Sitepu, E. (2020). Kecerdasan Emosional dalam Mengatasi Tekanan pada Masa Akhir Studi. Kharismata: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.36

Wahyuningsih, T., Susanti, D. A., & Winarni, L. M. (2022). Pengaruh Terapi Musik Korean Pop Terhadap Tingkat Stres Siswa Smkn 1 Kabupaten Tangerang. Nusantara Hasana Journal, 2(6), 18552–18556.

Widana, I. M. A. P., Putra, G. N. W., & Ridayanti, P. W. (2022). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Dalam Menyusun. Jurnal Kesehatan Midwinerslion, 7(September), 1–7.

Widiyono, Aryani, A., Indriyati, Sutrisno, Suwarni, A., Putra, F. A., & Herawati, V. D. (2022). Buku Ajar Terapi Komplementer Keperawatan. In Lembaga Chakra Brahmana Lentera.

Yuvi, A. D., & Wahyuning, C. S. (2021). Strategi Peningkatan Performansi Kognitif Melalui Musik Pengiring Kerja. Prosiding Diseminasi FTI. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1051/shsconf/202418901030

Zheng, Y. (2022). Stress levels of nursing students. Mediine Open, 1, 1–6. https://doi .org/https://doi.org/10.1097/md.0000000000030547

Downloads

Published

2024-12-20