PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP DALAM PENCEGAHAN DIARE PADA SISWA SEKOLAH DASAR 002 SUNGAI PINANG

Authors

  • Dicky Wahyu Ramadhan Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur, Jurusan Promosi Kesehatan
  • Sri Hazanah Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur, Jurusan Promosi Kesehatan
  • Dian Ardyanti Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur, Jurusan Promosi Kesehatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.36591

Keywords:

diare, pengetahuan, sikap, video animasi

Abstract

Diare merupakan penyakit yang sangat berbahaya, terdapat 2,5 miliar kasus diare anak di usia sekolah dasar di seluruh dunia setiap tahun. Diare membunuh 2.195 anak setiap hari, menjadikannya pembunuh terbesar kedua. Diare masih menjadi penyumbang angka kematian di Indonesia. Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar Nasional, 182.338 (6.2%) anak berusia 5–14 tahun di Indonesia mengalami diare. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video animasi terhadap pengetahuan dan sikap dalam pencegahan diare pada siswa SDN 002 Sungai Pinang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan pre-eksperimental one group pretestposttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 002 Sungai Pinang, yang berjumlah 489 siswa. Pengambilan sampel menggunkan teknik Proportional Stratified Random Sampling sampel berjumlah 80 orang. Hasil penelitian didapatkan peningkatan setelah di berikan intervensi pada pengetahuan (96,2%) dan sikap (95,0%). Hasil uji wilcoxon signed rank test untuk data pengetahuan adalah p=0.000 dan sikap p=0.000 yang artinya Terdapat pengaruh Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam Pencegahan Diare pada Siswa SDN 002 Sungai Pinang,Terdapat pengaruh Pendidikan Kesehatan Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan dan Sikap dalam Pencegahan Diare pada Siswa Sekolah Dasar 002 Sungai Pinang, video animasi efektif untuk pendidikan kesehatan yang mempengaruhi pengetahuan dan sikap anak usia sekolah.

References

Aqlina, S. (2022). efektivitas Edukasi Video Dalam Upaya Pencegahan Diare Pada Anak Kelas 3 MadrEfasah Hasyim Asyari Pulosari Tulungagung. Oktober, 11(2), 107–117.

BPS Provinsi Kalimantan Timur. (2023). Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur 2023 (Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur (ed.)). Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur.

Capinera, john L. (2021). Pengaruh Edukasi Kesehatan Melalui Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Dalam Pencegahan Obesitas Pada Anak Sd Negeri 11 Kota Bengkulu. 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???

Febiyani, A. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Diare Pada Anak di SD Negeri 1 Sokaraja Tengah. Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 2(1), 45–55.

Harsismanto, Oktavidiati, E., & Astuti, D. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Media Video dan Poster terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak dalam Pencegahan Penyakit Diare. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(1), 75–85. https://doi.org/10.31539/jka.v1i1.747

Hazanah, S. (2021). Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual Dan Media Visual Terhadap Pengetahuan Mahasiswa Tentang Covid-19. Mahakam Midwifery Journal, 6(1), 14–27.

Ibrahim, I., & Sartika, R. A. D. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diare pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Indonesia. Indonesian Journal of Public Health Nutrition, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.7454/ijphn.v2i1.5338

Julianti, N. A., & Ardyanti, D. (2023). Information Exposure as the Dominanat Variable Associated with Stunting in Adolescents. Formosa Journal of Science and Technology, 2(8), 2249–2266. https://doi.org/10.55927/fjst.v2i8.5642

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.

Lestari, P., Mustaghfiroh, L., & Wijayanti, I. (2023). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Kejadian Diare Pada Anak Usia 1-5 Tahun Di Desa Winong Kecamatan Pati Relationship of Knowledge and Attitude of the Mother With the Incidence of Diarrhea in Children Aged 1-5 Years in Winong Village Pati District. I(2), 1–12.

Listiadesti, A. U., Noer, S. M., & Maifita, Y. (2020). Efektivitas Media Vidio Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Sekolah: A Literature Review. Jurnal Menara Medika, 3(1), 1–12. http://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/article/view/2198

Nindi Cahyani, A. N., Utami, A., YovinnaTobing, V., Studi, P. S., Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru, I., & artikel Abstrak, H. (2022). the Relationship Between Knowledge Levels and Attitudes About Clean and Healthy Life Behavior (Phbs) With Diarrhea Incidence in School-Age Children. 2, 82–97. http://www.doi.org/10.25311/jkh.Vol2.Iss3.870

Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048.

Riskesdas. (2019). Laporan Provinsi Kalimantan Timur Riskesdas 2018. Lembaga Penerbit Badan Litbang Kesehatan, 472. https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/lpb/article/view/3760

Rubiah, S., & Jasmawati, J. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Di Sd Muhammadiyah Tanjung Selor. SAINTEKES: Jurnal Sains, Teknologi Dan Kesehatan, 2(4), 639–651. https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i4.223

Sufiadiani, N. K., & Pelima, R. V. (2023). Pengetahuan Dan Sikap Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar Negeri 25 Balaesang Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Jurnal Ilmiah Kesmas IJ (Indonesia Jaya), 23(1), 14–20. https://journal.stik-ij.ac.id/index.php/kesmas/article/view/192

Syakila, M. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN ANAK DALAM MENCEGAH DIARE. 8511, 116–125. http://jurnalmu.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/jurnalmu

Tasyahuri, S. A. (2023). Pengaruh Pemberian Penyuluhan Kecacingan Menggunakan Media Video Animasi Terhadap Perubahan Tingkat Penegtahuan Dan Sikap. Repository.Unissula.Ac.Id, 4(1), 88–100.

Vidayanti, V., Tungkaki, K. T. putri, & Retnaningsih, L. N. (2020). Pengaruh Pendidikan Seks Dini Melalui Media Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Seksualitas Di Sdn Mustokorejo Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 5(2), 203. https://doi.org/10.35842/formil.v5i2.331

Wavika, M., Putri, M., & Setiawan, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MENGENAI PENCEGAHAN DIARE PADA SISWA SEKOLAH DASAR. 3, 628–625. https://doi.org/https://doi.org/10.34011/jks.v3i3.1029

WHO. (2019). Safe Water, Better Health. In World Health Organization. https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/329905/9789241516891-eng.pdf

Wulandari, N. (2022). Pengaruh Edukasi Kesehatan Menggunakan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Jajanan Sehat Pada Anak Obesitas. Jurnal Keperawatan, 3(1), 118.

Zulkifli, Rudy, P. E., & Parlaungan, J. (2021). Efektivitas Video Edukasi Terhadap Pencegahan Diare Pada Anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2024-11-30