PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA VIDEO ANIMASI SADARI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI SMK NEGERI 1 SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.36575Keywords:
Pengetahuan, SADARI, Sikap, Video AnimasiAbstract
Kanker Payudara merupakan angka kematian yang tertinggi. Kanker Payudara tidak hanya terjadi pada usia 30-50 tahun saja. Remaja juga telah banyak ditemukan kasus penderita kanker payudar. Maka diperlukannya deteksi dini sebagai upaya mencegahnya peningkatan angka kematian akibat kanker payudara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh pendidikan kesehatan dengan media Video Animasi tentang SADARI terhadap pengaruh pengetahuan dan sikap siswi di SMK Negeri 1 Samarinda. Alasan pendekatan ini dinamakan kuantitatif adalah karena data penelitian bersifat numerik dan dianalisis dengan analisis statistik. Dalam penelitian ini, dua kelompok akan digunakan untuk pra-tes dan pasca-tes, yang memerlukan pengambilan dua pengukuran sebelumnya (pra-tes) sebelum perlakuan (perlakuan) dan kemudian melakukan pengukuran lagi setelahnya (pasca-tes). Para peneliti akan menggunakan metode desain eksperimen semu selama penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, pengetahuan dan sikap siswi SMK Negeri 1 Samarinda dipengaruhi oleh penggunaan media Video Animasi SADARI untuk pendidikan kesehatan. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai ? = ??0,000 (<0,05), yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Pengetahuan dan sikap siswi SMK Negeri 1 Samarinda dipengaruhi oleh pendidikan kesehatan SADARI menggunakan konten video animasi.References
Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan media video dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan sadari. Jurnal Care, 6(2).
Penelitian Kesehatan. Salemba Medika Jakarta.
Aniq dkk. (2021). Kesehatan Perempuan Dan keluarga Berencana. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Asisdiq, I., Sudding, & Side, S. (2021). Health Education About the Importance of Breast Examination in Adolescent Women in MAN 5 Aceh Besar District. Pendidikan Kimia PPs UNM, 1(1), 91–99.
AWS. (2021) Hospital Profil Abdoel Wahab Sjahranie 2021 (Vol. 1) Budiman dan Riyanto A. 2022. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam
Di Giuseppe, M., Di Silvestre, A., Lo Sterzo, R., Hitchcott, P., Gemignani, A., & Conversano, C. (2019). Qualitative and quantitative analysis of the defensive profile in breast cancer women: A pilot study. Health Psychology Open, 6(1). https://doi.org/10.1177/2055102919854667
Hendriani, D., Qona’ah, A., & Firdaus, R. (2018). Pengaruh Media Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Premenstrual Syndrome Pada Remaja SMP Islam Ar-Riyadh Bontang. Mahakam
Heryani H, K. J. G. A. (2020). Efektifitas Leaflet Terhadap peningkatan Keterampilan Tantang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Pada Remaja Putri. Jurnal Ilmu Dan Teknologi, 1689(1699), 53–59.
Saldhana, M., K, M., & Govinder Thimmajja, S. (2023). An Animation Video as a Distraction Strategy on Behavioral Response to Pain among Children Receiving Immunization- A Quantitative Study. RGUHS Journal of Nursing Sciences, 13(2), 23–27. https://doi.org/10.26463/rjns.13_2_5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 uun widiyawati, Dwi Hendriani, Emelia Tonapa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).