PERBEDAAN PENGETAHUAN RESUSITASI JANTUNG PARU SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN GAME ED-CARRE PADA SISWA SMP DI JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.36498Keywords:
Game Ed-Carre, Pengetahuan, RJPAbstract
Menurut Out-of-HospitaI Cardiac Arrest (OHCA), angka kejadian henti jantung meningkat setiap tahun. Menurut Out of Hospital Cardiac Arrest, kejadian henti jantung adalah masalah utama kesehatan global dengan angka 50 hingga 60 kasus per 100.000 orang. Faktor yang mempengaruhi pengetahuan siswa, yaitu pendidikan, usia, pengalaman lingkungan sekitar serta kurangnya informasi. PeneIitian ini bertujuan untuk menganaIisis perbedaan pengetahuan Resusitasi Jantung Paru sebeIum dan sesudah pemberian game ed-carre pada siswa SMP Negeri 1 KaIisat Jember. Metode yang digunakan daIam peneIitian ini adaIah pendekatan kuantitatif dengan desain peneIitian pre-eksperimentaI mengunakan keIompok intrevensi. Populasi daIam peneIitian ini adaIah 156 siswa dengan sampel 72 siswa SMPN 1 KaIisat. PeneIitian ini menggunakan teknik purposive sampIing. AIat ukur daIam peneIitian ini adaIah kuesioner pengetahuan RJP yang terdiri dari 10 pernyatan yang sudah vaIid dan reIiabeI. AnaIisa data menggunakan uji Paired t-test. SebeIum diIakukan pemberian game ed-carre bahwa hasiI sebagian besar responden mendapatkan rata-rata 52,08 dan seteIah diberikan intervensi game ed-carre sebagian besar responden mendapatkan rata-rata 83,33. HasiI uji Paired t-test didapatkan p-vaIue 0,000 < 0,05. PeneIitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan RJP sebeIum dan sesudah pemberian game ed-carre. Game memiliki potensi sebagai alat pembelajaran yang efektif karena sifatnya yang interaktif, menyenangkan dan dapat memotivasi pemainnya untuk terlibat dalam proses belajar, maka dari itu game dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan pengetahuan siswaReferences
Anto-Ocrah, M., Anto-Ocrah, M., Maxwell, N., Cushman, J., Acheampong, E., Kodam, R. S., Homan, C., & Li, T. (2020). Public knowledge and attitudes towards bystander cardiopulmonary resuscitation (CPR) in Ghana, West Africa. International Journal of Emergency Medicine, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12245-020-00286-w
Arifah, S. N., Fernando, Y., & Rusliyawati, R. (2022). Upaya Meningkatkan Citra Diri Melalui Game Edukasi Pengembang Kepribadian Berbasis Mobile. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 295–315. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i3.2036
Buston, E., Putri, A. A. D., Ikhwan, M., & Pitaloka, M. (2020). Pengaruh Poster Terhadap Peningkatan Pengetahuan Karang Taruna Tentang Pertolongan Korban Henti Jantung. 2.
Dewi, N. P., Fegita, P. Della, & Abdullah, D. (2023). The Effect of Health Education on Knowledge of Health Reproductive of Junior High School Students. Journal on Education, 5(4), 16312–16316. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2782
Dwi Ariyani, A., & Masroni. (2022). Pemberian Edukasi Resusitasi Jantung Paru Kasus Henti Jantung Di Luar Rumah Sakit. Media Husada Journal of Community Service, 2(1), 110–114.
Engebretsen, S., Bogstrand, S. T., Jacobsen, D., Vitelli, V., & Rimstad, R. (2020). Resuscitation plus. 14(February), 1–5. https://www.sciencedirect.com/journal/resuscitation-plus%0Ahttps://www.sciencedirect.com/journal/resuscitation-plus%0Ahttps://www.sciencedirect.com/journal/resuscitation-plus
Fauzan, S. S. F., Kahtan, I., & Herman, H. (2021). Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Awam Melalui Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Anak Sekolah Menengah Atas (Sma) Di Kota Pontianak. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 12(2), 66–74. https://doi.org/10.54630/jk2.v12i2.158
Hamid, D. N., & Elektrina, O. (2023). Pengetahuan Remaja Putri Tentang Sadari Tahun 2022. Maternal Child Health Care, 5(1), 808. https://doi.org/10.32883/mchc.v5i1.2393
Humas UB. (2023). World Heart Day 2023: Use Heart Know Heart. Prasetya UB. https://prasetya.ub.ac.id/world-heart-day-2023-use-heart-know-heart/
Ita Sulistiani, N. D. (2024). Pengaruh Edukasi Tentang Rjp Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa. Jurnal Keperawatan, 16(1), 383–396.
Lestari, D. E., Haryani, T., & Igiany, P. D. (2021). Efektivitas Media Leaflet untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswi Tentang Sadari. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2(2), 148–154. https://doi.org/10.15294/jppkmi.v2i2.52431
Lontoh, C., Kiling, M., & Wongkar, D. (2013). Pengaruh Pelatihan Teori Bantuan Hidup Dasar Terhadap Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru Siswa-Siswi Sma Negeri 1 Toili. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 1(1), 1–5.
Minardo, J. (2024). Peningkatan Keterampilan Siswa SMA dalam Pemberian Pertolongan Pertama pada Kegawatan Kardiovaskuler. 3(1). https://doi.org/10.32584/jpp.v3i1.2654
Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Nurhazana, S., Zukri Malik, M., Kade Wijaya, I., Keperawatan, M. S., Makassar, P., & Stikes, D. (2020). Pengaruh Edu-RJP terhadap Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru pada Mahasiswa Keperawatan di STIKES Panakkukang Makassar The Effect of Edu-RJP on Knowledge of Cardiopulmonary Resusitation in Nursing Students at STIKES Panakkukang Makassar.
Pamungkas, P. P., Efficacy, S., & Paru, R. J. (2022). The Relationship Of Knowledge Level Of Heart Lung Resuscitation With Centers for Disease Control and Prevention penderita Out Hospital Cardiac Arrest OHCA efficacy efficacy. 16(1), 24–28.
Prihatiningsih Sarjana Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan, D., & Yogyakarta, A. (2023). Hubungan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam melakukan tindakan resusitasi jantung paru. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 1, 22–2023.
Saputri, N., Andar, S., Astuti, P., & Irawanti, A. S. (2024). Sebelum Dan Sesudah Di Berikan Penyuluhan Tentang Hiv Aids Di Smk Negeri 1 Koto Baru Kabupaten. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5, 1467–1473.
Tingkat, H., & Pertolongan, P. (2020). Jurnal Kesehatan dr. Soebandi. 8(2), 148–153.
Wirasakti, G., Wulndari , wahyu, Y., & Ekaprasetia, F. (2022). Game CARRE (Cardiac Arrest) sebagai Upaya Peningkatan Bystander Resusitasi Jantung Paru (RJP): Development and Usability Study Guruh. 107–114. https://stikes-nhm.e-journal.id/NU/index
Yasin, D. D. F., Ahsan, A., & Racmawati, S. D. (2020). Pengetahuan Remaja Tentang Resusitasi Jantung Paru Berhubungan Dengan Efikasi Diri Remaja Di Smk Negeri 2 Singosari Malang. Care?: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8(1), 116. https://doi.org/10.33366/jc.v8i1.1751
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Guruh Wirasakti, Dewi Restiana Fatima, Yunita Wahyu Wulansari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).