PERBEDAAN PENGETAHUAN RESUSITASI JANTUNG PARU SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN GAME ED-CARRE PADA SISWA SMP DI JEMBER

Authors

  • Guruh Wirasakti Universitas dr.Soebandi
  • Dewi Restiana Fatima Universitas dr. Soebandi
  • Yunita Wahyu Wulansari Universitas dr. Soebandi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.36498

Keywords:

Game Ed-Carre, Pengetahuan, RJP

Abstract

Menurut Out-of-HospitaI Cardiac Arrest (OHCA), angka kejadian henti jantung meningkat setiap tahun. Menurut Out of Hospital Cardiac Arrest, kejadian henti jantung adalah masalah utama kesehatan global dengan angka 50 hingga 60 kasus per 100.000 orang. Faktor yang mempengaruhi pengetahuan siswa, yaitu pendidikan, usia, pengalaman lingkungan sekitar serta kurangnya informasi. PeneIitian ini bertujuan untuk menganaIisis perbedaan pengetahuan Resusitasi Jantung Paru sebeIum dan sesudah pemberian game ed-carre pada siswa SMP Negeri 1 KaIisat Jember. Metode yang digunakan daIam peneIitian ini adaIah pendekatan kuantitatif dengan desain peneIitian  pre-eksperimentaI  mengunakan keIompok intrevensi. Populasi daIam peneIitian ini adaIah 156 siswa dengan sampel 72 siswa SMPN 1 KaIisat. PeneIitian ini menggunakan teknik purposive sampIing. AIat ukur daIam peneIitian ini adaIah kuesioner pengetahuan RJP yang terdiri dari 10 pernyatan yang sudah vaIid dan reIiabeI. AnaIisa data menggunakan uji Paired t-test. SebeIum diIakukan pemberian game ed-carre bahwa hasiI sebagian besar responden mendapatkan rata-rata 52,08 dan seteIah diberikan intervensi game ed-carre sebagian besar responden mendapatkan rata-rata 83,33. HasiI uji Paired t-test  didapatkan p-vaIue 0,000 < 0,05. PeneIitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan RJP sebeIum dan sesudah pemberian game ed-carre. Game  memiliki potensi sebagai alat pembelajaran yang efektif karena sifatnya yang interaktif, menyenangkan dan dapat memotivasi pemainnya untuk terlibat dalam proses belajar, maka dari itu game dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan pengetahuan siswa

References

Anto-Ocrah, M., Anto-Ocrah, M., Maxwell, N., Cushman, J., Acheampong, E., Kodam, R. S., Homan, C., & Li, T. (2020). Public knowledge and attitudes towards bystander cardiopulmonary resuscitation (CPR) in Ghana, West Africa. International Journal of Emergency Medicine, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12245-020-00286-w

Arifah, S. N., Fernando, Y., & Rusliyawati, R. (2022). Upaya Meningkatkan Citra Diri Melalui Game Edukasi Pengembang Kepribadian Berbasis Mobile. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 295–315. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i3.2036

Buston, E., Putri, A. A. D., Ikhwan, M., & Pitaloka, M. (2020). Pengaruh Poster Terhadap Peningkatan Pengetahuan Karang Taruna Tentang Pertolongan Korban Henti Jantung. 2.

Dewi, N. P., Fegita, P. Della, & Abdullah, D. (2023). The Effect of Health Education on Knowledge of Health Reproductive of Junior High School Students. Journal on Education, 5(4), 16312–16316. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2782

Dwi Ariyani, A., & Masroni. (2022). Pemberian Edukasi Resusitasi Jantung Paru Kasus Henti Jantung Di Luar Rumah Sakit. Media Husada Journal of Community Service, 2(1), 110–114.

Engebretsen, S., Bogstrand, S. T., Jacobsen, D., Vitelli, V., & Rimstad, R. (2020). Resuscitation plus. 14(February), 1–5. https://www.sciencedirect.com/journal/resuscitation-plus%0Ahttps://www.sciencedirect.com/journal/resuscitation-plus%0Ahttps://www.sciencedirect.com/journal/resuscitation-plus

Fauzan, S. S. F., Kahtan, I., & Herman, H. (2021). Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Awam Melalui Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Anak Sekolah Menengah Atas (Sma) Di Kota Pontianak. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 12(2), 66–74. https://doi.org/10.54630/jk2.v12i2.158

Hamid, D. N., & Elektrina, O. (2023). Pengetahuan Remaja Putri Tentang Sadari Tahun 2022. Maternal Child Health Care, 5(1), 808. https://doi.org/10.32883/mchc.v5i1.2393

Humas UB. (2023). World Heart Day 2023: Use Heart Know Heart. Prasetya UB. https://prasetya.ub.ac.id/world-heart-day-2023-use-heart-know-heart/

Ita Sulistiani, N. D. (2024). Pengaruh Edukasi Tentang Rjp Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa. Jurnal Keperawatan, 16(1), 383–396.

Lestari, D. E., Haryani, T., & Igiany, P. D. (2021). Efektivitas Media Leaflet untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswi Tentang Sadari. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2(2), 148–154. https://doi.org/10.15294/jppkmi.v2i2.52431

Lontoh, C., Kiling, M., & Wongkar, D. (2013). Pengaruh Pelatihan Teori Bantuan Hidup Dasar Terhadap Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru Siswa-Siswi Sma Negeri 1 Toili. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 1(1), 1–5.

Minardo, J. (2024). Peningkatan Keterampilan Siswa SMA dalam Pemberian Pertolongan Pertama pada Kegawatan Kardiovaskuler. 3(1). https://doi.org/10.32584/jpp.v3i1.2654

Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Nurhazana, S., Zukri Malik, M., Kade Wijaya, I., Keperawatan, M. S., Makassar, P., & Stikes, D. (2020). Pengaruh Edu-RJP terhadap Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru pada Mahasiswa Keperawatan di STIKES Panakkukang Makassar The Effect of Edu-RJP on Knowledge of Cardiopulmonary Resusitation in Nursing Students at STIKES Panakkukang Makassar.

Pamungkas, P. P., Efficacy, S., & Paru, R. J. (2022). The Relationship Of Knowledge Level Of Heart Lung Resuscitation With Centers for Disease Control and Prevention penderita Out Hospital Cardiac Arrest OHCA efficacy efficacy. 16(1), 24–28.

Prihatiningsih Sarjana Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan, D., & Yogyakarta, A. (2023). Hubungan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam melakukan tindakan resusitasi jantung paru. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 1, 22–2023.

Saputri, N., Andar, S., Astuti, P., & Irawanti, A. S. (2024). Sebelum Dan Sesudah Di Berikan Penyuluhan Tentang Hiv Aids Di Smk Negeri 1 Koto Baru Kabupaten. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5, 1467–1473.

Tingkat, H., & Pertolongan, P. (2020). Jurnal Kesehatan dr. Soebandi. 8(2), 148–153.

Wirasakti, G., Wulndari , wahyu, Y., & Ekaprasetia, F. (2022). Game CARRE (Cardiac Arrest) sebagai Upaya Peningkatan Bystander Resusitasi Jantung Paru (RJP): Development and Usability Study Guruh. 107–114. https://stikes-nhm.e-journal.id/NU/index

Yasin, D. D. F., Ahsan, A., & Racmawati, S. D. (2020). Pengetahuan Remaja Tentang Resusitasi Jantung Paru Berhubungan Dengan Efikasi Diri Remaja Di Smk Negeri 2 Singosari Malang. Care?: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8(1), 116. https://doi.org/10.33366/jc.v8i1.1751

Downloads

Published

2024-12-20