PERAN PERAWAT ANAK DALAM MELAKUKAN PENGKAJIAN KEPERAWATAN PADA PASIEN ANAK DENGAN EFUSI PLEURA DAN STUNTING : STUDI KASUS

Authors

  • Chessy Miller Henry Program Studi Keperawatan, Fakultas Keperawatan, STIK Sint Carolus Jakarta, Indonesia
  • Kezia Puspa Liencewas Program Studi Keperawatan, Fakultas Keperawatan, STIK Sint Carolus Jakarta, Indonesia
  • Ezther Febrina Sibarani Program Studi Keperawatan, Fakultas Keperawatan, STIK Sint Carolus Jakarta, Indonesia
  • Elisabeth Isti Daryati Program Studi Keperawatan, Fakultas Keperawatan, STIK Sint Carolus Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.36343

Keywords:

Peran Perawat, Pengkajian Komprehensif, Keperawatan Anak, Perawat Anak, Studi Kasus

Abstract

Perawat anak memiliki peran penting dalam memberikan asuhan keperawatan yang mencakup pemenuhan kebutuhan tumbuh kembang, manajemen hospitalisasi, dan pengkajian sejak awal masuk hingga tahap perawatan selanjutnya. Berdasarkan studi kasus pada anak berusia 14 tahun dengan diagnosa Efusi Pleura Suspect TB Paru, ditemukan perbedaan antara hasil pengkajian dengan diagnosa awal yang menunjukkan suspect GNAPS.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran perawat dalam melakukan pengkajian pada pasien anak dengan efusi pleura dan stunting. Laporan karya ilmiah ini menggunakan metode studi kasus dengan kriteria pemilihan pasien anak pada kelompok umur 6-17 tahun yang sedang di rawat di bangsal perawatan anak. Responden pada laporan ini adalah 1 anak laki-laki berusia 14 tahun dengan diagnosa Efusi Pleura Suspect TB Paru. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa setelah dilakukan pengkajian, ditemukan anak mengalami masalah keperawatan nyeri akut, gangguan interaksi sosial, serta orang tua yang mengalami ansietas. Namun dalam laporan rekam medis, diagnosa keperawatan bertolak belakang dengan pengkajian yang ditemukan penulis, yaitu resiko jatuh, nyeri akut, dan defisit nutrisi. Maka dari itu, perawat anak perlu memperhatikan peran perawat dalam melakukan pengkajian secara holistik, sehingga proses keperawatan dapat sesuai dengan masalah anak. Perawat juga perlu berkolaborasi dengan dokter dalam menentukan diagnosa medis agar perawatan anak dapat terintegrasi dengan baik.

References

Almogarry, L., Alradhi, A. Y., & Alshamrani, A. (2023). Malignant Pleural Effusion in Pediatrics: A Rare Presentation. Cureus, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.7759/cureus.33283

Ansani, & Samsir, H. M. (2022). Bandura’s Modeling Theory. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 3067–3080.

Ball, J., Bindler, R., & Cowen, K. (2012). Principles of Pediatric Nursing: Caring for Children 5th (fifth) edition. Pearson.

Candra, & Aryu. (2020). Pencegahan dan Penanggulangan Stunting. In Epidemiologi Stunting. https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awrxw_53QaJhPmUA3w_LQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzQEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1638052344/RO=10/RU=http%3A%2F%2Feprints.undip.ac.id%2F80670%2F1%2FBuku_EPIDEMIOLOGI_STUNTING_KOMPLIT.pdf/RK=2/RS=BFSY8aq0Lx1bha7MtII8PgwQwYU-

Carolina, P., Oktavia, D., & Frisilia, M. (2024). Hubungan Beban Kerja Perawat Dengan Kelengkapan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Infeksi Dan Non Infeksi RSUD dr . Murjani Sampit. Protein: Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 2(2), 220–231.

Damanik, S. M., & Sitorus, E. (2020). Buku Materi Pembelajaran Praktikum Keperawatan Anak. http://repository.uki.ac.id/2733/1/BukuMateriPembelajaranPraktikumKeperawatanAnak.pdf

Education, I. (2024). Interprofessional Collaboration Modul Komunikasi Interprofesional.

Edwards, S., & Coyne, I. (2013). A Survival Guide to Children’s Nursing (I). Elsevier Inc.

Ginting, M. B., Siburian, A., & Silalahi, D. (2024). HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN ORANGTUA AKIBAT HOSPITALISASI PADAANAKDI RUMAH SAKIT COLUMBIA ASIA AKSARA MEDANM. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, 11 No 1(2024), 8–13.

Jasem, W. M., & Younis, N. M. (2024). Assessment of Nurses’ Performance Regarding Nursing Documentation in Pediatric Wards at Mosul Hospitals. Current Medical Research and Opinion, 07(04), 2289–2293. https://doi.org/10.52845/CMRO/2024/7-4-12

Marfuah, D., & Kurniawati, I. (2022). Buku Ajar Pola Pemberian Makanan Pemdamping Air Susu Ibu (MP-ASI) Yang Tepat.

Mufida, L., Widyaningsih, T. D., & Maligan, J. M. (2019). Prinsip Dasar Makanan Pendamping Air Susu Ibu (Mp-Asi). Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 3(4), 1646–1651.

Nirmalasari, N. O. (2020). Stunting Pada Anak?: Penyebab dan Faktor Risiko Stunting di Indonesia. Qawwam: Journal For Gender Mainstreming, 14(1), 19–28. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2372

Nurmansyah, E., Sri Susilaningsih, F., & S, S. (2019). Tingkat Ketergantungan dan Lama Perawatan Pasien Rawat Observasi di IGD. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, v2(n3), 191–201. https://doi.org/10.24198/jkp.v2n3.7

Panjaitan, C. (2019). Kolaborasi Dokter Dan Perawat Dalam Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/cdw9x

Pertiwi, M. R., Annalia, W., Raziansyah, Lucia, F., Annisa, F., Yohana, S., Dely, M., Widya, A., Ikhsan, F., & Arniati. (2022). Komunikasi terapeutik dalam kesehatan.

Purwati, N. H., & Sulastri, T. (2019). Tinjauan Elsevier: Keperawatan Anak 1st Indonesia Edition (S. Tharmapalan (ed.); 1st ed.). Elsevier Ltd.

Putri, D. E. N., Riesmiyatiningdyah, R., & Sulistyowati, A. (2019). ASUHAN KEPERAWATAN PADA An.A DENGAN DIAGNOSA MEDIS TUBERKULOSIS PARU DI RUANG ASHOKA RSUD BANGIL KABUPATEN PASURUAN. Kerta Cendekia Nursing Academy.

Rostika, R., Nikmawati, E. E., & Yulia, C. (2019). Pola Konsumsi Makanan Pendamping Asi (Mp-Asi) Pada Bayi Usia 12-24 Bulan (Consumption Pattern of Complementary Food in Infants Ages 12-24 Months. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 8(1), 63–73. https://doi.org/10.17509/boga.v8i1.19238

Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3494

Syahbanaa, A., Wahyuni, D., & Zulkarnain, E. (2019). Peran Perawat dalam Melakukan Pengkajian Kebutuhan Pasien Berdasarkan Aspek Biologis, Psikologis, Sosiologis, Spiritual di Ruang Rawat Inap. Professional Health Journal, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.54832/phj.v1i1.94

Tampubolon, N., Kaban, A., & Siregar, M. (2021). Peran Perawat Anak dalam Mencegah Madalah Tumbuh Kembang pada Anak dengan Penyakit Kronis. Jurnal Keperawatan, 13(1), 1–9. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan%0ANURSES

Tampubolon, T. R. (2019). Pentingnya Pendokumentasian Askep Beserta Kesalahan-Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Pendokumentasian Askep. 1–5. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pentingnya+Pendokumentasian+Askep+Beserta+Kesalahan-Kesalahan+Yang+Sering+Terjadi+Dalam+Pendokumentasian+Askep&btnG=

Tesler, M. D., Savedra, M. C., Holzemer, W. L., Wilkie, D. J., Ward, J. A., & Paul, S. M. (2019). The Word?Graphic Rating Scale as a Measure of Children’s and Adolescents’ Pain Intensity. Research in Nursing & Health, 14(5), 361–371. https://doi.org/10.1002/nur.4770140507

Ulina, J. M., Eka, N. G. A., & Yoche, M. M. (2020). Persepsi Perawat Tentang Melengkapi Pengkajian Awal Di Satu Rumah Sakit Swasta Indonesia [Nurse Perception of Early Assessment Completion At One Private Hospital in Indonesia]. Nursing Current Jurnal Keperawatan, 8(1), 71. https://doi.org/10.19166/nc.v8i1.2724

Downloads

Published

2024-11-30