HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG IGD RSUD IR. SOEKARNO SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.36335Keywords:
igd, kepuasan keluarga, response timeAbstract
Kepuasan keluarga pasien di unit gawat darurat merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan di rumah sakit. Kepuasan keluarga dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah response time. Response time perawat adalah waktu tanggap yang diberikan oleh perawat sejak pasien memasuki unit gawat darurat hingga mendapatkan perawatan. Apabila kepuasan keluarga pasien tidak terwujud, maka akan menimbulkan ketidakpuasan keluarga pasien dan dampak dari ketidakpuasan keluarga pasien yang terjadi di rumah sakit adalah keluarga pasien akan merasa kecewa dan malas untuk berkunjung kembali ke rumah sakit, keluarga pasien bisa menceritakan pengalaman buruknya terhadap konsumen lain sehingga membuat konsumen tidak tertarik berobat ke rumah sakit tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara response time perawat dengan kepuasan keluarga pasien di IGD RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, dan jumlah responden 99. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawat dengan response time cepat kurang dari 5 menit sebanyak 88 responden (88,9%), dan responden dengan kepuasan keluarga pasien yang tinggi sebanyak 87 responden (87,9%). Dari hasil uji statistik chi-square test dengan p-value=0,000 (p<0,05) menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara response time perawat dengan kepuasan keluarga pasien di Ruang IGD RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo.References
Afrina, L., Kusumajaya, H., & Meilando, R. (2023). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Response Time Perawat Pada Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Di IGD. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(2), 645–656. Https://Doi.Org/10.37287/Jppp.V5i2.1524
Andila, W. S., Ardiyani, V. M., & Dudella Desnani Firman Yasin. (2018). Hubungan Response Time Dengan Kepuasan Keluarga Pada Pasien Prioritas II Nontrauma Di IGD RSUD Bangil Pasuruan. Hubungan Response Time Dengan Kepuasan Keluarga Pada Pasien Prioritas II Nontrauma Di IGD RSUD Bangil Pasuruan, 3(3), 557–568. Https://Publikasi.Unitri.Ac.Id/Index.Php/Fikes/Article/View/1364
Barus, M., Simorangkir, L., & Gulo, C. P. P. (2024). Hubungan Respon Time Perawat Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Di Ruangan IGD Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2023. …?: Journal Of Social Science …, 4, 3454–3467. Http://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/View/9592%0Ahttps://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/Download/9592/6743
Binuko, R. S., & Fauziyah, N. F. (2022). Pengaruh Beban Kerja Perawat Terhadap Respon Time Dan Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit X. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 12(1), 15–19. Https://Doi.Org/10.47701/Infokes.V12i1.1363
C Mita Arsanti, Eva Marti, & Dwi Antara Nugraha. (2023). Hubungan Respon Time Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Terhadap Pelayanan Kesehatan. Cendekia Medika: Jurnal Stikes Al-Ma`Arif Baturaja, 8(2), 225–236. Https://Doi.Org/10.52235/Cendekiamedika.V8i2.226
Hesselink, G., Zegers, M., Vernooij-Dassen, M., Barach, P., Kalkman, C., Flink, M., Öhlén, G., Olsson, M., Bergenbrant, S., Orrego, C., Suñol, R., Toccafondi, G., Venneri, F., Dudzik-Urbaniak, E., Kutryba, B., Schoonhoven, L., & Wollersheim, H. (2014). Improving Patient Discharge And Reducing Hospital Readmissions By Using Intervention Mapping. BMC Health Services Research, 14(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.1186/1472-6963-14-389
Hidayati, A. N., Alfian, M. I. A. A., & Rosyid, A. N. (2018). Gawat Darurat Medis Dan Bedah. In Rumah Sakit Universitas Airlangga (Vol. 8, Issue 1). [email protected]
Jaya, A. P. (2017). Hubungan Respon Time Dengan Kepuasan Pasien Di IGD RS Tingkat IV Madiun. In Jurnal Penelitian Keperawatan (Vol. 3).
Karokaro, T. M., Hayati, K., Sitepu, S. D. E. U., & Sitepu, A. L. (2020). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Tanggap (Response Time) Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Grandmed. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 2(2), 172–180. Https://Doi.Org/10.35451/Jkf.V2i2.356
Kasiyo, K., Triyoso, T., & Yulyani, V. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Di Poli Jiwa Rawat Jalan. JOURNAL OF Qualitative Health Research & Case Studies Reports, 1(1), 30–40. Https://Doi.Org/10.56922/Quilt.V1i1.134
Kemenkes RI. (2009). Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 1–29. Https://Sardjito.Co.Id/Wp-Content/Uploads/2015/12/Kepmenkes-856-Thn-2009-Standar-IGD.Pdf
Kusumawinahyu, D. S., & Purwanti, O. S. (2016). Hubungan Response Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Islam Surakarta.
Lidiana, E. H., Pratiwi, A., & Sugiharto. (2024). Emergency Service Response Time Performance Analysis In The Hospitals With Level Two Health Facilities: Comparative Study. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 17(2), 117–124. Https://Doi.Org/10.23917/Bik.V17i2.4711
Listiani, I., & Supratman. (2017). Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Penghasilan Pasien Dengan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baki Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Akuntansi, 11.
Mbaloto, F. R. (2020). Kepuasan Keluarga Pasien Tentang Respon Time Di Ruangan Instalasi Gawat Darurat. Pustaka Katulistiwa, 1(01), 1–5.
Mudatsir, S., Sangkala, M. S., & Setyawati, A. (2018). Related Factors Of Response Time In Handling Head Injury In Emergency Unit Of Prof.Dr.H.M.Anwar Makkatutu Bantaeng General Hospital. Indonesian Contemporary Nursing Journal (ICON Journal), 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.20956/Icon.V2i1.3579
Mulyana, B., Sonia, S., Sukarno, A., Pamungkas, R. A., Erwin, E., Nuraeni, N., & Wariani, W. (2023). Hubungan Kecemasan Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Dengan Penyakit Jantung Di High Care Unit Rumah Sakit Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Indonesian Journal Of Nursing Health Science, 8(1), 72–78. Https://Doi.Org/10.47007/Ijnhs.V8i1.6485
Murniati. (2018). Hubungan Response Time Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di IGD RS Cibabat. Jurnal KBL, 11(243), 15–19.
Muzer, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Usia, Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, Dan Status Perkawinan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Kepercayaan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Paru Dr. Ario Wirawan Salatiga. In Naskah Publkasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Http://Eprints.Ums.Ac.Id/87274/12/NASKAH PUBLIKASI Rev.Pdf
Nawangwulan, R., Hasanah, U., Puspita, R. R., & Wisnu Wardani, D. S. S. A. (2023). Analisis Respon Time Perawat Dengan Complaint Handling Dalam Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Gawat Darurat Primaya Hospital Tangerang. Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 7(2), 189. Https://Doi.Org/10.52031/Edj.V7i2.637
Parahita, A. M. (2024). Analisis Response Time Terhadap Kepuasan Pasien Pada Instalasi Gawat Darurat?: Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5, 4709–4716.
Perceka, A. L. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruangan IGD RSUD Dr. Slamet Garut. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 006(02), 270–277. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jiap.2020.006.02.14
Prahmawati, P., Rahmawati, A., & Kholina, K. (2021). Hubungan Response Time Perawat Dengan Pelayanan Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Demang Sepulau Raya Lampung Tengah. Jurnal Wacana Kesehatan, 6(2), 69. Https://Doi.Org/10.52822/Jwk.V6i2.281
Putri, P. E. A., Negara, K., & Megayanti, S. (2022). Hubungan Respon Time Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Igd Rumah Sakit TK II Udayana Denpasar.
Rahmawati, I., Agina, P., Asti, A. D., & Sumarsih, T. (2017). Respon Time (Waktu Tanggap) Perawat Dalam Penanganan Kegawatdaruratan Di Instalasi Gawat Darurat Rsu Pku Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen.
Rasmun, Ngula, M. O., & Setiadi, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Repository Poltekkes Kaltim, 6(1), 1–8. Http://Repository.Poltekkes-Kaltim.Ac.Id/169/
Samosir, N. R. (2023). Perbedaan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Bpjs Dan Umum Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Bhayangkara Kota Jambi. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Satriadi, S. (2020). Tingkat Kualitas Pelayanan Berdasarkan Karakteristik Pelanggan Pada Hotel “X” Bandung. Jurnal Psikologi, 13(1), 56–69. Https://Doi.Org/10.35760/Psi.2020.V13i1.2637
Simamora, M. F. &, & Panjaitan, D. Y. (2023). Hubungan Respon Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (Igd) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rsud Doloksanggul Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2023. 1–14. Https://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Books/NBK558907/
Simandalahi, T., Morika, H. D., Sartiwi, W., & Sari Dewi, R. I. (2019). Hubungan Response Time Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). Https://Doi.Org/10.36053/Mesencephalon.V5i2.114
Siwahyudati, & Zulaicha, E. (2017). Hubungan Frekuensi Hospitalisasi Dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Sekolah Di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. In Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiono & Muftihatin. (2022). Hubungan Respon Time Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang IGD RSUD Abdul Wahab Sjahrani Samarinda. Borneo Student Research (BSR), 3(2), 1666–1674.
Sugiyatmi, Y., Marti, E., & Hastuti, S. (2021). 193-File Utama Naskah-540-2-10-20240210. 2(2).
Supandri, O., Ketaren, O., & Veronika, L. (2019). Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS Dan Pasien Umum Rawat Inap Di Rumah Sakit Muhammadiyah Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah …, 3(3), 48–60. Https://Www.Simantek.Sciencemakarioz.Org/Index.Php/JIK/Article/View/71
Surani, W., & Pujianto, A. (2023). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Response Time Tenaga Kesehatan Di Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD). Pena Nursing, 1(02), 1–14. Https://Doi.Org/10.31941/Pn.V1i02.2949
U. Hania, I. Budiharto, N. Y. (2020). Literature Riview?: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Response Time Perawat Pada Penanganan IGD. Springerreference, 56, 1–14. Https://Doi.Org/10.1007/Springerreference_23659
Umi, Y., & Basuki, S. W. (2015). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. Sayidiman Magetan Skripsi. In Skripsi.
Utami, Y. T. (2018). Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Uptd Puskesmas Penumping Surakarta. Infokes, 8(1), 57–65.
Zulkarnaen, R. (2017). Analisis Faktor Perilaku Caring Perawat Pelaksana Di Rumah Sakit Haji Surabaya Berbasis Teori Kinerja Gibson (Vol. 11, Issue 1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amalia Sania Qonita, Ekan Faozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).