IMPLIKASI GAYA KEPEMIMPINAN KLINIK PRATAMA FRANS

Authors

  • Dwi Mawandri Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dewi Agustina Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Iffah Adawiyyah Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dewi Syahfitri Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Alya Fadilla Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fairuz Zahra Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nadia Shalsabila Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizka Fauziah Salsabila Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Cintya Fransisca Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Pivit Rahayu Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.36087

Keywords:

gaya kepemimpinan, kepemimpinan, klinik pratama

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implikasi gaya kepemimpinan di Klinik Pratama Frans, Medan, Sumatera Utara, yang mulai beroperasi pada tahun 2018 sebagai klinik umum dan menjalin kerja sama dengan BPJS pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti gaya kepemimpinan yang diterapkan di Klinik Pratama Frans serta bagaimana kepala klinik memengaruhi dinamika kerja di lingkungan tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus, di mana subjek penelitian adalah petugas kesehatan, khususnya bidan yang merangkap menjadi Admin dan Person In Change (PIC) yang bekerja di Klinik Pratama Frans. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala klinik menerapkan gaya kepemimpinan demokratis dan partisipatif. Dalam gaya ini, kepala klinik secara aktif melibatkan staf dalam proses pengambilan keputusan, mendorong partisipasi dari semua anggota tim, serta memelihara komunikasi yang terbuka dan efektif. Penerapan gaya kepemimpinan ini menciptakan suasana kerja yang kolaboratif, di mana setiap anggota merasa dihargai dan memiliki kontribusi penting dalam operasional klinik. Hal ini juga berdampak positif terhadap motivasi karyawan, yang lebih antusias dalam menjalankan tugas-tugas mereka, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. Kesimpulannya adalah gaya kepemimpinan demokratis dan partisipatif yang diterapkan di Klinik Pratama Frans berperan signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan serta meningkatkan kepuasan pasien, yang pada akhirnya mendukung keberhasilan operasional klinik secara keseluruhan.

References

Abdullahi, A. Z., Anarfo, E. B., & Anyigba, H. (2020). The impact of leadership style on organizational citizenship behavior : does leaders ’ emotional intelligence play A moderating role? Journal of Management Development, 39(9–10), 384–392. https://doi.org/10.1108/JMD-01-2020-0012

Alkaabi, O., & Wong, C. (2020). Relationships among authentic leadership , manager incivility and trust in the manager. Leadership in Health Service, 33(1), 27–42. https://doi.org/10.1108/LHS-06-2019-0030

Amelia, R., Pasani, C. F., & Hassan, Z. (2021). Learning Loss and Education Inequality in Indonesia (Mapping the Potential, Consequences, and the COVID-19 Crisis). Rigeo: Review of International Geographical Education Online, 11(10), 1171-1181.

Anwar, G., & Abdullah, N. N. (2021). The Impact of Human Resource Management Practice on Organizational Performance. International Journal of Engineering, Business and Management, 5(1), 35-47.

Brun. A. De. Donovan. R. O., & Mcauliffe. E. (2019). Interventions to develop collectivistic leadership in healthcare settings. Systematic review. BMC Health Services Research. 19(1). 1-22.

Carminati, L. (2021). Emotions, Emotion Management and Emotional Intelligence in the Workplace: Healthcare Professionals' Experience in Emotionally-Charged Situations. Frontiers in Sociology, 6

Curado, C., & Santos, R. (2022). Transformational leadership and work performance in health care: the mediating role of job satisfaction. Leadership in Health Services, 35(2), 160–173. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/LHS-06-2021-0051

Darmono, Anggie Tasya Putri Zahwa. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Departemen Room Division Di Js Luwansa Hotel And Convention Center Jakarta. Diss. Universitas Nasional, 2022.

Ferils. M., & Utami. M. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan. Demokratis dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamuju. Forecasting. Jurnal Ilmiah Manajemen. 1(1). 30-39.

Freire, C., & Bettencourt, C. (2020). Impact of ethical leadership on job satisfaction : the mediating effect of work – family conflict. Leadership & Organization Development Journal, 41(2), 319–330. https://doi.org/10.1108/LODJ-07-2019-0338

Ghufron, Musa. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Unit/Ruangan Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan Di Rs Muhammadiyah Gresik.

Hafid M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Pada Mata Kuliah Akhlak Tasawuf. Sibatik Journal. (Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan). 2(2). 519-530.

Indrayadi, T. (2021). Indonesian EFL learners' reading motivation. Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 5(2), 335-346.

Maharati, Cindy, and Nur Hijjah. "Studi tentang Gaya Kepemimpinan dan Tingkat Pendidikan serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan dalam Perspektif Islam." FADZAT: Jurnal Ekonomi Syariah 1.2 (2021)

Nawawi, H. (2021). Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: UGM Press. ISBN: 979-420-798-5.

Noor, S., Isa, F. M., & Mazhar, F. F. (2020). Online Teaching Practices during the COVID-19 Pandemic. Educational Process: International Journal, 9, 169-184.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 tentang Klinik. Diakses pada 10 November 2024, dari https://www.pkfi.net/page/view/18_peraturan_klinik

Purba.S. (2020). Perilaku Organisasi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Robbins, S. P., Coulter, M., & Randel, A. (2021). Global Edition Management (Fifteenth). Pearson Education Limited.

Salsabilla.B. dkk. (2022). Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2). 9979-9985.

Suyanto, Dr. (2020). Komunikasi Efektif di Tempat Kerja. PT. Lini Suara Nusantara. ISBN: 978-623-434-982-5

Thanh, N. H., & Quang, N. Van. (2022). Laissez-faire leadership styles and employee engagement : evidence from vietnam ’ s public sector. SAGE, 12(2), 1–18. https://doi.org/10.1177/21582440221094606

Utari S dan Hadi. M. M., Gaya Kepemimpinan Demokratis Perpustakaan Jurnal Pustaka Ilmiah, Volume 6 Nomor 1, Juni 2020

Yasir, M., & Jan, A. (2023). Servant leadership in relation to organizational justice and workplace deviance in public hospitals. Leadership in Health Services, 36(2), 164–185. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/LHS-05-2022-0050

Yasir. M., & Jan. A. (2023). Servant leadership relation to organizational justice and workplace deviance in public hospitals. Leadership in Health Services. 36(2). 164-185.

Downloads

Published

2024-11-30