STRATEGI PROMOSI KESEHATAN DALAM PENINGKATAN PROGRAM PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SMP 2 PABUARAN SUBANG 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.36003Keywords:
Remaja, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Promosi Kesehatan, Lingkungan SekolahAbstract
Masalah kesehatan remaja di lingkungan sekolah memiliki hubungan erat dengan prestasi akademik dan kondisi kesehatan mereka. Prevalensi masalah kesehatan seperti diare (33%), cacingan (15%), dan pneumonia (13%) menunjukkan pentingnya keterlibatan remaja dalam Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi promosi kesehatan yang efektif guna meningkatkan pelaksanaan program PHBS di SMPN 2 Pabuaran, Subang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam dan observasi, melibatkan 10 informan yang dipilih secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sekolah telah menerapkan tiga strategi promosi kesehatan utama, program khusus yang mendukung advokasi, dukungan sosial, dan pemberdayaan masyarakat belum dioptimalkan. Fasilitas sanitasi dan edukasi kesehatan telah tersedia, namun belum cukup mendukung perubahan perilaku secara menyeluruh di kalangan siswa. Selain itu, keterlibatan siswa sebagai kader kesehatan masih perlu dikembangkan agar lebih terintegrasi dengan upaya promosi kesehatan sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pelaksanaan kegiatan edukasi kesehatan yang terjadwal dan menyeluruh untuk seluruh warga sekolah. Kerja sama antara guru dan siswa dalam pembentukan kader remaja melalui pelatihan dan edukasi kesehatan yang konsisten diperlukan untuk mengembangkan program promosi kesehatan yang lebih komprehensif. Koordinasi yang tepat memberikan implementasi yang berguna bagi setiap elemen. Keterlibatan seluruh pemangku kepentingan juga diperlukan guna mendukung keberlanjutan program PHBS di sekolah secara efektif.References
Chusniah Rachmawati, W. (2019). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku.
Defri, A. T., Rozani, A., & Syafei, F. (2020). Enhancing Junior High School Students’ Reading Comprehension In Report Text By Using Concept Mapping Strategy. Journal Of English Language, 9(1), 1. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jelt
Fakhrurozi, A. Z. (2022). Pengaruh Program Usaha Kesehatan Sekolah Serta Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Dan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ghebreyesus, A. T. (2024). Monitoring Health For The Sdgs, Sustainable Development Goals.
Hendrawati, S., Rosidin, U., & Astiani, S. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa/Siswi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn). Jurnal Perawat Indonesia, 4(1), 295–307.
Putri, H., & D-Iii, L. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Di Sdn 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang Clean And Healty Living Behavior (Phbs) Students In Public Elementary Schools 42 Korong Gadang District Kuranji Padang.
Seviana, T. (2023). Profil Kesehatan Indonesia (F. Sibuea, Ed.).
Wardani, A. (2022). Peran Guru Al-Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Quran Di Smk Muhammadiyah 3 Metro.
Wilberg, A., Saboga-Nunes, L., & Stock, C. (2021). Are We There Yet? Use Of The Ottawa Charter Action Areas In The Perspective Of European Health Promotion Professionals. In Journal Of Public Health (Germany) (Vol. 29, Issue 1). Springer Science And Business Media Deutschland Gmbh. Https://Doi.Org/10.1007/S10389-019-01108-X
Malahayati Nurdjaya, A., Ronald, Mk., Aida Silfia, Mk., Lilis Suryani, Mp., Susiana Nugraha, M., Tri Isnani, M., Monifa Putri, M., Dr Rauza Sukma Rita, M., Said Taufiq, N., Nora Lelyana, Mk., Rina Marlina, F., & Juhairiyah, M. (2024). Strategi Promosi Kesehatan (N. Yuniar & A. M. I. Kasman, Eds.). Cv. Eureka Media Aksara.
Priyanti, Y. N. (2023). Manajemen Program Pembudayaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Bagi Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Baturraden.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rika Nurhayati, Istiana Kusumastuti, Rindu Rindu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


