ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE (CITRA MEREK) TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN DENGAN PEMBAYARAN UMUM DALAM MEMILIH LAYANAN RAWAT INAP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.35186Keywords:
brand image, keputusan pasien, rawat inapAbstract
Latar belakang penelitian ini menunjukkan bahwa brand image sangat penting dalam menilai pelayanan kesehatan, karena dapat mempengaruhi persepsi dan keputusan pasien. Penurunan angka kunjungan pasien menjadi indikator bahwa layanan yang diterima tidak sesuai harapan, yang dapat berdampak negatif pada reputasi rumah sakit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan desain analisis regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan antara dua variabel independen dan satu variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah 2.884 pasien umum rawat inap di RSUD Arifin Ahmad. Sampel yang digunakan adalah 97 pasien. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling, khususnya simple random sampling. Variabel penelitian terdiri dari empat elemen citra merek yang diuji pengaruhnya terhadap keputusan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan (contact personnel) dan pelayanan yang diberikan (service offering) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pasien, dengan p-value masing-masing 0,027 dan 0,010. Sementara itu, variabel identitas rumah sakit (corporate identity) dan lingkungan fisik (physical environment) tidak menunjukkan pengaruh signifikan, dengan p-value 0,059 dan 0,90. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara karyawan dan pelayanan yang diberikan terhadap keputusan pasien dalam memilih layanan rawat inap, sedangkan identitas rumah sakit dan lingkungan fisik tidak berpengaruh. Diharapkan pemasangan banner prosedur alur pendaftaran dapat membantu pasien memahami setiap tahapan pendaftaran, sehingga meningkatkan pengalaman mereka di rumah sakit.References
Angraini, D., & Zulfa, Z. (2021). Analisis Pengaruh Brand image Terhadap Minat Ulang Pasien Rawat Inap dengan Word Of Mouth (WOM) sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Rumah Sakit Swasta di Kota Padang). Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(04), 277–286.
Anwar, F. (2022). Corporate Social Responsibility dalam Meningkatkan Citra Rumah Sakit. Jurnal Etika Kesehatan, 5(4), 200–207.
Arlinandari Ashar. (2016). Analisis Hubungan Antara Brand Image (Citra Merek)(skrpsi). In Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar.
Azhar, T. (2023). Strategi Pemasaran dalam Industri Kesehatan di Era Persaingan. Jurnal Bisnis Dan Kesehatan, 7(1), 99–107.
Azlin, N. (2018). Analisis Efektifitas Pelayanan Administrasi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Ahmad Provinsi Riau (Studi Kasus Ruang Rawat Inap Kelas III). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Dianti, Y. (2017). Provil Kesehatan Provinsi Riau. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Fitriani, S. (2020). Personalisasi Layanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 9(2), 150-158.
Hidayati, R., & Farida, N. (2021). Inovasi Layanan Kesehatan: Implementasi Telemedicine di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(2), 123–130.
Karmita, Arman, & Alwi, K. M. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap untuk Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan di RS Dr. Tadjuddin Chalid Makassar Tahun 2021. Journal of Muslim Community Health, 2(2), 40–57.
Kurniawan, A. (2020). Brand Awareness dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Rumah Sakit Swasta. Jurnal Manajemen Kesehatan, 8(1), 45–56.
Lia, N., Rahmadani, S., & Rosmanely, S. (2022). Hubungan Brand Image dengan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Kesehatan Unit Rawat Inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene. Kampurui Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 96–104.
Nurliyah, N. (2022). Hubungan Citra Merek (Brand Image) Dengan Keputusan Pasien Memilih Pelayanan Kesehatan Pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit Anugrah Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2022= Brand Image And The Patient’s Decision To Choose Health Services In The Inte. Universitas Hasanuddin.
Peraturan Pemerintah. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan. 086146.
Pertiwi, A. (2017). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien Bpjs Dan Pasien Umum Terhadap Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Rsud Kota Surakarta. In Jurnal Manajemen Dayasaing (Vol. 18, Issue 2). https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4508
Pristiyono. (2023). Analisis Faktor Perilaku Konsumen terhadap Kepuasan Konsumen melalui Komunikasi Pemasaran. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1300–1314.
Rachmawati, I. (2023). Pengalaman Pasien dalam Pelayanan Kesehatan: Peran Tenaga Medis. Jurnal Ilmu Kesehatan, 12(1), 75–78.
Ratnaningtyas, T. O., Listiana, I., Purnama, A., Puji, L. K. R., & Afifah, N. H. (2023). Analisis Persepsi tentang Komunikasi Pemasaran dan Brand Image dengan Keputusan Pemanfaatan Kembali pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan. Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 7(2), 153–166.
Rusmin, M., Bujawati, E., Nildawati, & Ashar, A. (2017). Analisis Hubungan Antara Brand Image (Citra Merek) Dengan Pemanfaatan Layanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Makassar. Al-Sihah Public Health Science Journal, 9(2), 174–186.
Sari, L., & Rahman, M. (2021). Citra Merek dan Keputusan Pasien dalam Memilih Layanan Kesehatan. Jurnal Psikologi Kesehatan, 14(1), 112–120.
Suci Rahmadani, S. K. M., St Rosmanely, S. K. M., KM, M., & Nurliyah, S. K. M. (2022). Citra merek (brand image) dan keputusan pasien memilih pelayanan kesehatan. Feniks Muda Sejahtera.
Sudaryanto, D., & Alamsyah, R. (2020). Pengaruh Program Loyalitas terhadap Kunjungan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Administrasi Kesehatan, 10(3), 234–240.
Windarti, S. (2022). Hubungan Brand Image dengan Keputusan Penggunaan Layanan Di Instalasi Rawat Jalan RSIA Sitti Khadijah 1 Makassar. INFOKES (Informasi Kesehatan), 6(2), 34–39.
Yudhi, P., & Melani, R. (2021). Keberlanjutan dan Kesejahteraan Masyarakat dalam Citra Rumah Sakit. Jurnal Sosial Kesehatan, 11(3), 220-228.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marian Tonis Marian, Nazla Nur Ariyah, Abdul Zaky, Anastasya Shinta Yuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


