STRATEGI PEMASARAN DAN PENINGKATAN JUMLAH PELAYANAN UNTUK MENINGKATAN PROFIT RUMAH SAKIT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.34880Keywords:
manajemen, pemasaran, profit, rumah sakit, pelayananAbstract
Penerapan strategi pemasaran di rumah sakit Indonesia masih menghadapi tantangan, terutama dalam memanfaatkan media digital dan memahami kebutuhan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dan peningkatan jumlah pelayanan untuk meningkatan profit rumah sakit. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan systematic review, mengkaji artikel dari Google Scholar dan SINTA yang diterbitkan antara 2018-2023. Dari hasil penelusuran dengan kata kunci manajemen, pemasaran, profit, rumah sakit, dan pelayanan, ditemukan enam artikel relevan. Proses analisis melibatkan evaluasi sistematis terhadap temuan terkait strategi pemasaran, peningkatan pelayanan, dan dampaknya terhadap profit rumah sakit. Hasil analisis tersebut disintesis untuk mengidentifikasi tren dan strategi yang efektif dalam meningkatkan profit melalui pemasaran dan pelayanan rumah sakit. Hasil dari systematic review penelitian ini menunjukan bahwa dalam Peningkatan profit rumah sakit dapat dicapai melalui strategi pemasaran yang efektif dan peningkatan jumlah pelayanan yang diberikan. Keberhasilan implementasi strategi ini memerlukan perencanaan yang matang, alokasi sumber daya yang tepat, serta pengawasan yang berkelanjutan dan Manajemen SDM merupakan hal yang penting dalam bisnis rumah sakit karena SDM merupakan roda untuk jalannya bisnis pelayanan. Manajemen SDM yang baik dan benar dapat menciptkan hasil SDM yang profesional dan berbakat sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawan dan akan berdampak pada tujuan organisasi, serta pelayanan terhadap pasien dapat berjalan dengan baik yang memberikan dampak pada tujuan utama rumah sakit. Serta peningkatan jumlah pelayanan juga akan meningkatkan profit pendapatan rumah sakit dengan sangat besar. Karena profit di dapat berbanding dengan kunjungan pasien yang berobat.References
Agung, A. D., & Sulistiadi, W. (2023). Strategi Pemasaran Rumah Sakit Pasca COVID-19 di Indonesia: Scoping Review. ETNIK: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 2(12), Article 12. https://doi.org/10.54543/etnik.v2i12.281
Andita, V., Hermawat, W., & Hartati, N. S. (2019). Pengaruh Jumlah Pelayanan Rawat Jalan, Rawat IGD Dan Rawat Inap Terhadap Tingkat Pendapatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Kabupaten Majalengka. Jurnal Manajemen Sekolah Tinggi Ekonomi Cirebon, 14(2), 370–378.
Ariyo, R. V. B., & Achadi, A. (2022). Penggunaan Strategi Pemasaran Digital dalam Layanan Kesehatan di saat Pandemi COVID-19: Literature Review: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(7), Article 7. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i7.2304
Budiyatno, K. C. (2023). Transformasi Digital Sebagai Bagian Dari Strategi Pemasaran Di Rumah Sakit Siloam Palangka Raya Tahun 2020. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 8(2), 66–73.
Dewi, M. (2022). Rencana Strategi Pemasaran Rumah Sakit Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Rs Xyz Di Bogor). Jurnal ARSI (Administrasi Rumah Sakit Indonesia), 8(3). https://doi.org/10.7454/arsi.v8i3.4692
Fathurrahman, A., & Isnaini, M. (2021). Strategi Pemasaran Rumah Sakit UMMI dalam Meningkatkan Pendapatan pada Masa Pandemi Covid-19. CARAKA?: Indonesian Journal of Communications, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.25008/caraka.v2i2.61
Hidayati, W., Fitriasari, N., & Widjaja, Y. R. (2024). Analisis Komprehensif Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit: Literature Review. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(12), Article 12. https://doi.org/10.5281/zenodo.12784305
Holopainen, R., Niskanen, M., & Rissanen, S. (2022). The impact of internet and innovation on the profitability of private healthcare companies. Journal of Small Business & Entrepreneurship, 34(6), 709–733. https://doi.org/10.1080/08276331.2020.1764734
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659. https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2799
Julianti, V. S., Sjaaf, A. C., & Sulistiadi, W. (2022). Strategi Implementasi Digital Marketing di Rumah Sakit pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i3.2107
Khan, M. J., Ahmad, S., Abdul Halim, H., & Ahmad, N. H. (2022). The Effect of Service Innovation Orientation and Open Innovation on Innovation Performance of Medium and Small Private Hospitals in India. Sage Open, 12(3), 21582440221116110. https://doi.org/10.1177/21582440221116110
Kotler, P. (2011). Strategic Marketing for Health care Organizations: Building a Customer-driven Health System. John Wiley & Sons. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=geJdmtpF3YwC&oi=fnd&pg=PT6&dq=Kotler,+P.,+Shalowitz,+J.,+%26+Stevens,+R.+(2020).+Strategic+marketing+for+health+care+organizations:+Building+a+customer-driven+health+system&ots=NIKV24SMWK&sig=utCY_bjdyxq7Pb52VxBzi9GfpAU
Kotler, P., & Clarke, R. N. (1987). Marketing for Health Care Organizations. Prentice-Hall.
Layli, R. (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit: Literature Review. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12746–12752.
Maulana, N. (2020). Menelisik Strategi Pemasaran Rumah Sakit Menggunakan Market Based-Management. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), Article 3. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/2527
Merrynda, Y. S., & Andriani, H. (2023). Efektivitas Media Sosial dalam Pemasaran Digital Rumah Sakit: Literature Review. Syntax Literate?; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(9), 5078–5088. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i9.13651
Miremadi, M., & Goudarzi, K. (2019). Developing an innovative business model for hospital services in Iran: A case study of Moheb Hospitals. Leadership in Health Services, 32(1), 129–147. https://doi.org/10.1108/LHS-10-2017-0063
Mulyasari, I., Kodyat, A. G., & Windiyaningsih, C. (2020). Pengembangan Strategi Pemasaran Medical Check Up (MCU) Di Rumah Sakit Anna Medika Bekasi Untuk Meningkatkan Pendapatan. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 4(2), 98–111. https://doi.org/10.52643/marsi.v4i2.799
Nadiyah, S. N. A., & Prayoga, D. (2024). Transformasi Digital Sebagai Bagian dari Strategi Pemasaran Rumah Sakit: Literature Review: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(2), Article 2. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i2.4283
Norberta, N. A., & Prayoga, D. (2024). Marketing 4.0 dalam Pelayanan Kesehatan: Tinjauan Literatur terhadap Transformasi Digital dan Strategi Pemasaran: Literature Review: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(4), Article 4. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i4.4909
Nurcahyanti, E. (2017). Studi Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Unit Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 3(1), 8–16.
Priyobodo, D. I., & Sulistiadi, W. (2022). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning dan Bauran Pemasaran pada RS X dalam Mengembalikan Kepercayaan Pasien saat Pandemi Covid-19: Literature Review: Segmenting, Targeting, Positioning and Marketing Mix Strategies at Hospital X in Restoring Patient Trust during Covid-19 Pandemic: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(4), 343–351. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i4.2155
Rahman, I. A. (2022). Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Indikator Pelayanan Rawat Inap Berbasis Website Di Rumah Sakit. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 6(1), 65–71.
Renwarin, V. R. D., Haryono, B., & Saparso, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Rehabilitasi Medik Di Rsud Sawah Besar Jakarta Pusat. Journal of Social and Economics Research, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.319
Rinaldi, E. A. (2018). Analisis hubungan bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien di Unit Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Kartini tahun 2018. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 8(2), 1–14.
Salami, M. M., Kencana, P. N., Apriansyah, M., Agrasadya, A., & Irawati, L. (2020). Pengembangan Sdm Rumah Sakit Dalam Menghadapi Era Globalisasi Dan Persaingan Bebas. DEDIKASI PKM, 1(3), 68. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i3.6689
Sembiluh, D., & Sulistiadi, W. (2022). Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i3.2135
Sheth, J. N. (2022). Post-pandemic marketing: When the peripheral becomes the core. Journal of Research in Interactive Marketing, 16(1), 37–44. https://doi.org/10.1108/JRIM-03-2021-0074
Sunari, A., & Mulyanti, D. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Lingkungan Bisnis Rumah Sakit: Systematic Literature Riview. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(2), 42–48. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i2.183
Undang-Undang (UU) Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, Pub. L. No. 44 (2009).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wilsa Chitrayuni, Ariyanto Habibie, Yani Restiani Widjaja, Purwadhi Purwadhi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


