STRATEGI PEMASARAN DAN PENINGKATAN JUMLAH PELAYANAN UNTUK MENINGKATAN PROFIT RUMAH SAKIT

Authors

  • Wilsa Chitrayuni Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Konsentrasi Rumah Sakit, Universitas Adhirajasa Reswara Bandung, Bandung, Indonesia
  • Ariyanto Habibie Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Konsentrasi Rumah Sakit, Universitas Adhirajasa Reswara Bandung, Bandung, Indonesia
  • Yani Restiani Widjaja Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Konsentrasi Rumah Sakit, Universitas Adhirajasa Reswara Bandung, Bandung, Indonesia
  • Purwadhi Purwadhi Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Konsentrasi Rumah Sakit, Universitas Adhirajasa Reswara Bandung, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.34880

Keywords:

manajemen, pemasaran, profit, rumah sakit, pelayanan

Abstract

Penerapan strategi pemasaran di rumah sakit Indonesia masih menghadapi tantangan, terutama dalam memanfaatkan media digital dan memahami kebutuhan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dan peningkatan jumlah pelayanan untuk meningkatan profit rumah sakit. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan systematic review, mengkaji artikel dari Google Scholar dan SINTA yang diterbitkan antara 2018-2023. Dari hasil penelusuran dengan kata kunci manajemen, pemasaran, profit, rumah sakit, dan pelayanan, ditemukan enam artikel relevan. Proses analisis melibatkan evaluasi sistematis terhadap temuan terkait strategi pemasaran, peningkatan pelayanan, dan dampaknya terhadap profit rumah sakit. Hasil analisis tersebut disintesis untuk mengidentifikasi tren dan strategi yang efektif dalam meningkatkan profit melalui pemasaran dan pelayanan rumah sakit. Hasil dari systematic review penelitian ini menunjukan bahwa dalam Peningkatan profit rumah sakit dapat dicapai melalui strategi pemasaran yang efektif dan peningkatan jumlah pelayanan yang diberikan. Keberhasilan implementasi strategi ini memerlukan perencanaan yang matang, alokasi sumber daya yang tepat, serta pengawasan yang berkelanjutan dan Manajemen SDM merupakan hal yang  penting  dalam  bisnis  rumah  sakit  karena  SDM merupakan  roda  untuk jalannya bisnis pelayanan.  Manajemen SDM yang baik dan benar dapat menciptkan hasil SDM yang profesional dan berbakat  sehingga  dapat  meningkatkan kinerja karyawan  dan  akan  berdampak  pada  tujuan  organisasi,  serta  pelayanan  terhadap  pasien  dapat berjalan dengan baik yang memberikan dampak pada tujuan utama rumah sakit. Serta peningkatan jumlah pelayanan juga akan meningkatkan profit pendapatan rumah sakit dengan sangat besar. Karena profit di dapat berbanding dengan kunjungan pasien yang berobat.

References

Agung, A. D., & Sulistiadi, W. (2023). Strategi Pemasaran Rumah Sakit Pasca COVID-19 di Indonesia: Scoping Review. ETNIK: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 2(12), Article 12. https://doi.org/10.54543/etnik.v2i12.281

Andita, V., Hermawat, W., & Hartati, N. S. (2019). Pengaruh Jumlah Pelayanan Rawat Jalan, Rawat IGD Dan Rawat Inap Terhadap Tingkat Pendapatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cideres Kabupaten Majalengka. Jurnal Manajemen Sekolah Tinggi Ekonomi Cirebon, 14(2), 370–378.

Ariyo, R. V. B., & Achadi, A. (2022). Penggunaan Strategi Pemasaran Digital dalam Layanan Kesehatan di saat Pandemi COVID-19: Literature Review: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(7), Article 7. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i7.2304

Budiyatno, K. C. (2023). Transformasi Digital Sebagai Bagian Dari Strategi Pemasaran Di Rumah Sakit Siloam Palangka Raya Tahun 2020. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 8(2), 66–73.

Dewi, M. (2022). Rencana Strategi Pemasaran Rumah Sakit Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Rs Xyz Di Bogor). Jurnal ARSI (Administrasi Rumah Sakit Indonesia), 8(3). https://doi.org/10.7454/arsi.v8i3.4692

Fathurrahman, A., & Isnaini, M. (2021). Strategi Pemasaran Rumah Sakit UMMI dalam Meningkatkan Pendapatan pada Masa Pandemi Covid-19. CARAKA?: Indonesian Journal of Communications, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.25008/caraka.v2i2.61

Hidayati, W., Fitriasari, N., & Widjaja, Y. R. (2024). Analisis Komprehensif Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit: Literature Review. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(12), Article 12. https://doi.org/10.5281/zenodo.12784305

Holopainen, R., Niskanen, M., & Rissanen, S. (2022). The impact of internet and innovation on the profitability of private healthcare companies. Journal of Small Business & Entrepreneurship, 34(6), 709–733. https://doi.org/10.1080/08276331.2020.1764734

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659. https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2799

Julianti, V. S., Sjaaf, A. C., & Sulistiadi, W. (2022). Strategi Implementasi Digital Marketing di Rumah Sakit pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i3.2107

Khan, M. J., Ahmad, S., Abdul Halim, H., & Ahmad, N. H. (2022). The Effect of Service Innovation Orientation and Open Innovation on Innovation Performance of Medium and Small Private Hospitals in India. Sage Open, 12(3), 21582440221116110. https://doi.org/10.1177/21582440221116110

Kotler, P. (2011). Strategic Marketing for Health care Organizations: Building a Customer-driven Health System. John Wiley & Sons. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=geJdmtpF3YwC&oi=fnd&pg=PT6&dq=Kotler,+P.,+Shalowitz,+J.,+%26+Stevens,+R.+(2020).+Strategic+marketing+for+health+care+organizations:+Building+a+customer-driven+health+system&ots=NIKV24SMWK&sig=utCY_bjdyxq7Pb52VxBzi9GfpAU

Kotler, P., & Clarke, R. N. (1987). Marketing for Health Care Organizations. Prentice-Hall.

Layli, R. (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit: Literature Review. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12746–12752.

Maulana, N. (2020). Menelisik Strategi Pemasaran Rumah Sakit Menggunakan Market Based-Management. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), Article 3. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/2527

Merrynda, Y. S., & Andriani, H. (2023). Efektivitas Media Sosial dalam Pemasaran Digital Rumah Sakit: Literature Review. Syntax Literate?; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(9), 5078–5088. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i9.13651

Miremadi, M., & Goudarzi, K. (2019). Developing an innovative business model for hospital services in Iran: A case study of Moheb Hospitals. Leadership in Health Services, 32(1), 129–147. https://doi.org/10.1108/LHS-10-2017-0063

Mulyasari, I., Kodyat, A. G., & Windiyaningsih, C. (2020). Pengembangan Strategi Pemasaran Medical Check Up (MCU) Di Rumah Sakit Anna Medika Bekasi Untuk Meningkatkan Pendapatan. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 4(2), 98–111. https://doi.org/10.52643/marsi.v4i2.799

Nadiyah, S. N. A., & Prayoga, D. (2024). Transformasi Digital Sebagai Bagian dari Strategi Pemasaran Rumah Sakit: Literature Review: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(2), Article 2. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i2.4283

Norberta, N. A., & Prayoga, D. (2024). Marketing 4.0 dalam Pelayanan Kesehatan: Tinjauan Literatur terhadap Transformasi Digital dan Strategi Pemasaran: Literature Review: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(4), Article 4. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i4.4909

Nurcahyanti, E. (2017). Studi Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Unit Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 3(1), 8–16.

Priyobodo, D. I., & Sulistiadi, W. (2022). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning dan Bauran Pemasaran pada RS X dalam Mengembalikan Kepercayaan Pasien saat Pandemi Covid-19: Literature Review: Segmenting, Targeting, Positioning and Marketing Mix Strategies at Hospital X in Restoring Patient Trust during Covid-19 Pandemic: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(4), 343–351. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i4.2155

Rahman, I. A. (2022). Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Indikator Pelayanan Rawat Inap Berbasis Website Di Rumah Sakit. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 6(1), 65–71.

Renwarin, V. R. D., Haryono, B., & Saparso, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Rehabilitasi Medik Di Rsud Sawah Besar Jakarta Pusat. Journal of Social and Economics Research, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.319

Rinaldi, E. A. (2018). Analisis hubungan bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien di Unit Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Kartini tahun 2018. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 8(2), 1–14.

Salami, M. M., Kencana, P. N., Apriansyah, M., Agrasadya, A., & Irawati, L. (2020). Pengembangan Sdm Rumah Sakit Dalam Menghadapi Era Globalisasi Dan Persaingan Bebas. DEDIKASI PKM, 1(3), 68. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i3.6689

Sembiluh, D., & Sulistiadi, W. (2022). Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i3.2135

Sheth, J. N. (2022). Post-pandemic marketing: When the peripheral becomes the core. Journal of Research in Interactive Marketing, 16(1), 37–44. https://doi.org/10.1108/JRIM-03-2021-0074

Sunari, A., & Mulyanti, D. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Lingkungan Bisnis Rumah Sakit: Systematic Literature Riview. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(2), 42–48. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i2.183

Undang-Undang (UU) Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, Pub. L. No. 44 (2009).

Downloads

Published

2024-11-27