Implementasi Penggunaan Antrian Online Melalui Aplikasi Jkn Mobile Dalam Mengurangi Waktu Tunggu Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Camatha Sahidya Tahun 2024

Authors

  • Isabella Suhena Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
  • Arifah Devi Fitriani Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia
  • Asriwati Asriwati Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.33880

Keywords:

Implementasi, Antrian Online, Aplikasi JKN MOBILE

Abstract

Masalah utama yang dihadapi BPJS Kesehatan adalah rendahnya pemanfaatan aplikasi Mobile JKN oleh masyarakat, meskipun integrasi dengan fasilitas kesehatan sudah dilakukan. Kendala yang ditemukan meliputi kurangnya promosi tentang manfaat aplikasi, rendahnya pemahaman masyarakat terhadap penggunaan gadget, dan minimnya demonstrasi langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sistem antrian online melalui aplikasi Mobile JKN untuk mengurangi waktu tunggu pendaftaran pasien rawat jalan serta mengevaluasi integrasi teknologi digital dalam pelayanan rumah sakit untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pasien. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana implementasi penggunaan antrian online melalui aplikasi JKN mobile  dalam mengurangi waktu tunggu pendaftaran pasien rawat jalan di Rumah Sakit Camatha Sahidya. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Rumah Sakit Camatha Sahidya Jalan Jendral Ahmad Yani No. 8, Kelurahan Muka Kuning, Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam. Penelitian ini terhitung dimulai dari bulan Maret sampai bulan Juli 2024. Informan penelitian berjumlah 10 orang. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah faktor realiability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangible dalam implementasi penggunaan antrian online melalui aplikasi JKN Mobile  belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, hal ini belum menjadi kebiasaan, faktor usia dengan kurangnya memahami pengetahuan menggunakan aplikasi di gadget, dan tidak selalu memiliki paket internet dikarenakan bukan merupakan kebutuhan primer.

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2927

Amalia, R., & Huda, N. (2020). Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pada Klinik Smart Medica. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(3), Article 3. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i3.884

Annisa, N., Pradana, D. S., & Suharso, W. (2020). Evaluasi Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Malang Ditinjau Dari Aspek Usability. Jurnal Repositor, 2(12), Article 12. https://doi.org/10.22219/repositor.v2i12.30999

Apryanto, F. (2022). Peran Generasi Muda Terhadap Perkembangan Teknologi Digital Di Era Society 5.0. Media Husada Journal Of Community Service, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33475/mhjcs.v2i2.35

Herlinawati, Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. HEALTH CARE: JURNAL KESEHATAN, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i1.114

Kusumawardhani, O. B., Octaviana, A., & Supitra, Y. M. (2022). Efektivitas Mobile Jkn Bagi Masyarakat: Literature Review. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional, 64–69. https://doi.org/10.47701/sikenas.vi.1665

Lubis, B. O., Salim, A., & Jefi, J. (2020). Evaluasi Usability Sistem Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Use Questionnaire. Jurnal Saintekom?: Sains, Teknologi, Komputer Dan Manajemen, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.33020/saintekom.v10i1.131

Marpaung, Y. N. M., & Irwansyah, I. (2021). Aplikasi Kesehatan Digital Sebagai Konstruksi Sosial Teknologi Media Baru. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31002/jkkm.v5i2.2501

Megawati, S. (2021). Pengembangan Sistem Teknologi Internet of Things Yang Perlu Dikembangkan Negara Indonesia. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 5(1), 19–26. https://doi.org/10.26740/jieet.v5n1.p19-26

Mustaqim, M., Fadhillah, L. F., Risqullah, M. R., Hidayat, S., Fauzi, M., Pataya, F. R., & Fauzan, A. R. (2024). Perlindungan Hukum terhadap Peserta Kartu Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Beserta Permasalahannya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2598–2614. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12781

Nurmalasari, M., Temesvari, N. A., & Maula, S. N. (2020). Analisis Sentimen terhadap Opini Masyarakat dalam Penggunaan Mobile-JKN untuk Pelayanan BPJS Kesehatan Tahun 2019. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 8(1), Article 1. https://doi.org/10.47007/inohim.v8i1.208

Prasetiyo, R. A., & Safuan, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Dalam Mengurangi Antrian. Syntax Literate?; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 971–979. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i2.6338

Pratiwi, D. A., Nurhidayah, L. M., Pasaribu, S. B., & Hasibuan, A. (2024). Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Kesiapan Kedaruratan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Teknologi Industri. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(5), Article 5. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i5.435

Putra, W. P., Suhaidi, S., Leviza, J., & Marsella, M. (2020). Analisis Yuridis Atas Penggabungan PT Taspen (Persero) dan PT Asabri (Persero) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. ARBITER: Jurnal Ilmiah Magister Hukum, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31289/arbiter.v2i1.98

Rusnawati, R. D., & Hariyati, R. T. S. (2022). Implementasi Internet Of Things Pada Layanan Kesehatan (Literature Review). Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(8), Article 8. https://doi.org/10.53625/jirk.v1i8.1082

Sentanu, I. G. E. P. S., & Yustiari, S. H. (2024). Mengelola Kolaborasi Stakeholder Dalam Pelayanan Publik. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.

Suhadi, S., Jumakil, J., & Irma, I. (2022). Aplikasi Mobile JKN untuk Memudahkan Akses Pelayanan BPJS. Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES” (Journal of Health Research “Forikes Voice”), 13(0), Article 0. https://doi.org/10.33846/sf.v13i0.1847

Sukardi, D. (2016). Pengelolaan Dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Dalam Perspektif Hukum Islam. Mahkamah?: Jurnal Kajian Hukum Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/mahkamah.v1i1.594

Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Pub. L. No. 24 (2011).

Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Pub. L. No. 40 (2004).

Wardiah, R., Izhar, M. D., & Lanita, U. (2022). Studi Efektivitas Aplikasi Mobile Jkn Pada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Kota Jambi. Jurnal Endurance, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.22216/jen.v7i3.1664

Widiastuti, I. (2017). Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Di Jawa Barat. Public Inspiration?: Jurnal Administrasi Publik, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.22225/pi.2.2.2017.91-101

Downloads

Published

2024-11-27