GAMBARAN POLA MAKAN (JUMLAH, FREKUENSI, DAN JENIS MAKANAN) DAN AKTIVITAS FISIK MURID SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 56 BANDA ACEH KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.33863Keywords:
aktivitas fisik, frekuensi makan, jenis makanan, jumlah makan, pola makanAbstract
Pola makanan ialah tindakan atau perilaku individu dalam memenuhi kebutuhan makananya yang meliputi sikap, kepercayan, dan makanan yang dipilih. Aktivitas fisik adalah semua kegiatan atau gerakan tubuh yang terdiri dari edukasi fisik, kegiatan masyarakat dan aktivitas diwaktu luang yang dapat menimbulkan aktivitas otot sehingga menghasilkan peningkatan pengeluaran energi. Pola makanan dan aktivitas fisik sangat berpengaruh terhadap keseimbangan energi. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui gambaran pola makan dan aktivitas fisik murid sekolah dasar negeri (SDN) 56 Banda Aceh Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan sampel sebanyak 50 orang siswa, dan menggunakan analisis data univariat. Hasil dari penelitian ini maka dapat diketahui bahwa gambaran aktivitas fisik terbanyak pada kategori aktivitas fisik tinggi dengan nilai frekuensi 18 (36%), jenis makanan terbanyak pada kategori lengkap dengan nilai frekuensi 36 (72%), frekuensi makan terbanyak pada kategori normal dengan nilai frekuensi 50 (100%), dan jumlah makan terbanyak pada kategori normal dengan nilai frekuensi 48 (96%).References
Adriyani. (2016). Pengantar Gizi Masyarakat. Deepublish.
Ardianti. R. D. (2022). Hubungan Keanekaragaman Pangan Keluarga, Tingkat Konsumsi dan Pola Makan dengan Statusgizi pada Anak Usia Prasekolah. In Doctoral dissertation. UNS (Sebelas Maret University).
Aryunani. (2022). Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Rena Cipta Mandiri.
Damapolii. W. Mayulu. N. & Masi. G. (2013). Hubungan Konsumsi fastfood dengan kejadian obesitas pada anak SD di Kota Manado. Jurnal Keperawatan, 1(1).
Diasmianti. E. A. (2019). Gambaran Pola Makan Anak Kegemukan dan Obesitas Pada Anak Usia Sekolah Di MI Khadijah Malang. In Doctoral dissertation. Poltekkes RS dr. Soepraoen.
Dinata.A. (2024). Pola Makan Sehat Di Era Digital: Panduan Lengkap Pola Makan Lebih Sehat Dengan Bantuan Teknologi Modern. Arda Publishing House.
Fadilah. N. & Sefrina. L. R. (2022). Hubungan Pola Makan, Asupan Kebisaan Makan, Dan Aktifitas Fisik Terhadap Kejadian Obesitas Pada Anak Sekolah Dasar: Literature Review. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 7(3).
Heryuditasari. K. (2018). Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Obesitas (Di SMK Bakti Indonesia Medika Jombang). In Doctoral dissertation. STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Irawan. A. M. A. (2020). Aktivitas fisik, durasi tidur dan tingkat kecukupan energi pada anak obesitas di SD Islam Al Azhar 1. Jurnal Al-Azhar Indonesia: Seri Sains Dan Teknologi, 5(4), 186-.
Kadir. A. (2016). Kebiasaan makan dan gangguan pola makan serta pengaruhnya terhadap status gizi remaja. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(1), 49–5.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Gizi Seimbang, Prestasi Gemilang. In Warta Kemas Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kusumadilla.K.S. (2021). Zat Gizi dan Anjuran Pola Makan. GUEPEDIA.
Nopihartati.N.A. (2023). Masalah Status Gizi Lebih Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Penerbit Adab.
Permanasari. Y. & Aditianti. A. (2017). Konsumsi makanan tinggi kalori dan lemak tetapi rendah serat dan aktivitas fisik kaitannya dengan kegemukan pada anak usia 5–18 tahun di Indonesia. Jurnal Penelitian Gizi Dan Makanan. https://www.pgm.persagi.org/index.php/pgm/article/view/24
PUGS. (2016). Pedoman Umum Gizi Seimbang. Kemenkes RI.
Sediaoetama. (2015). Ilmu Gizi. Dian Rakyat.
Setyawati.V.A. (2018). Buku Ajar Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat. Deepublish.
Sudargo.T. (2018). Pola Makan dan Obesitas. UGM PRESS.
Supariasa. (2017). Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi. EGC.
Supu. L. Florensia. W. & Paramita. I. S. (2022). Edukasi Gizi pada Remaja Obesitas. Penerbit NEM.
WHO. (2016). Obesity And Overweight.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 aiyup ar, Farrah Fahdhiene, Fahmi Ichwansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


