HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN KELAS IBU HAMIL DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.33031Keywords:
Keywords: Antenatal Classes, Danger Signs, AttendanceAbstract
Data yang ditunjukkan oleh World Health Organization (WHO) pada tahun 2020 menyatakan bahwa AKI sangat tinggi yakni terdapat 810 wanita meninggal setiap harinya karena komplikasi kehamilan dan persalinan, sekitar 295 000 wanita meninggal dunia setelah persalinan atau dalam masa nifas. Penurunan kematian ibu hamil tidak dapat lepas dari peran pemberdayaan masyarakat, yang salah satunya dilakukan melalui pelaksanaan kelas ibu hamil. Program ini menitikberatkan pemberdayaan masyarakat dalam monitoring ibu hamil. Program kelas ibu hamil yang merupakan sarana dalam kelompok dengan bentuk tatap muka yang membahas tentang kesehatan ibu hamil. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasional dengan menggunakan desain retrospekif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 107 ibu hamil. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random simple sampling dan diperoleh 35 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Dalam menganalisis data secara bivariat, pengujian data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Rank spearman dengan taraf signifikan 95%, Hasil uji statistik Rank Spearman diperoleh nilai p-value 0,000< 0,05 dan nilai r 0.696, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara keikutsertaan kelas ibu hamil dengan tingkat pengetahuan tentang tanda bahaya kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Nusawungu I. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara keikutsertaan kelas ibu hamil dengan tingkat pengetahuan tentang tanda bahaya kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Nusawungu I.References
Abdurahman, Nurjanah. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan sikap Ibu Hamil Dalam Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Wajok Hulu Kabupaten Mempawah. Karya Tulis Ilmiah. Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak (tidak dipublikasikan).
Ambar, Hafifah Fikriyah dkk., (2021). Manajemen Asuhan Kebidanan Antenatal pada Ny. S Gestasi 43 Minggu 1 Hari dengan Serotinus. Window of Midwiferry journal Vol. 2 No. 2: 118-128
Anggraeni,D.M & Saryono. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Arisonaidah. 2019. Efektifitas Kelas Ibu Hamil Melalui Aplikasi Whatsapp Terhadap Pengetahuan Tentang Bahaya Kehamilan. Jurnal Midwifery. 2(2).
Barroh I, Jannah M, Meikawati R. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Jenggot Kota Pekalongan. Jurnal Siklus. 2.(6). 212-217
Departemen Kesehatan RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 5. Jakarta: Depkes RI, p441-448.
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2020: Dinkes Jateng.
Eliana. (2019) ‘Pengaruh Pengetahuan Tentang Kelas Ibu Hamil Terhadap Perilaku Perawatan Kehamilan Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Nganjuk’, Jurnal Edumidwifery, 1(1), Pp. 42–49
Fitriani. (2019). Hubungan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Dengan Pengetahuan Ibu Tentang Tanda Bahaya Kehamilan Di Wilayah Puskesmas Slawi. Jurnal ilmu dan teknologi kesehatan. 9(2).
Fuada, N., & Setyawati, B. (2016). Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 6(2), 67–75. https://doi.org/10.22435/kespro.v6i2.5411.67- 75
Hasibuan, A. (2018) ‘Efektivitas Kelas Ibu Hamil Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Faktor Risiko Dalam Kehamilan Di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Semula Jadi Kota Tanjungbalai’, Fakultas Farmasi dan Kesehatan Institut Kesehatan Helvetia Medan [Preprint]. Available at: http://repository.helvetia.ac.id/324/.
Hidayati et al. (2021). Pengaruh Kelas Ibu Hamil Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Banyumulek. Jurnal Ilmu kesehatan dan farmasi. 9(2).
Ida, A.S. (2021) ‘Pengaruh Edukasi Kelas Ibu Hamil Terhadap Kemampuan Dalam Deteksi Dini Komplikasi Kehamilan’, Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), pp. 345– 350. Available at: https://stp-mataram.ejournal.id/JIP/article/view/561.
Ida. (2021). Pengaruh Edukasi Kelas Ibu Hamil Terhadap Kemampuan Dalam Deteksi Dini Komplikasi Kehamilan. Jurnal Inovasi penelitian. 2(2).
Ilmiyani, S.N. et al. (2023) ‘Deteksi Dini Resiko Kehamilan Melalui Kelas Ibu Hamil Di Dusun Dasan Petung, Desa Kotaraja Kabupaten Lombok Timur’, 5(1), pp. 43–47.
Jannah, Nurul. (2021). Asuhan Kebidanan Ibu Nifas. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media
Kaspirayanthi. (2019). Hubungan Keikutsertaan Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil Dengan Pengetahuan Mengenai Tanda Bahaya Kehamilan Dan Persalinan Di Wilayah Kota Denpasar. Jurnal Ilmu Kebidanan. 7(2)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sawitri Dewi, Indra Bintoro Kusuma Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


