HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN KELAS IBU HAMIL DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN

Authors

  • Sawitri Dewi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Indra Bintoro Kusuma Astuti Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.33031

Keywords:

Keywords: Antenatal Classes, Danger Signs, Attendance

Abstract

Data yang ditunjukkan oleh World Health Organization (WHO) pada tahun 2020 menyatakan bahwa AKI sangat tinggi yakni terdapat 810 wanita meninggal setiap harinya karena komplikasi kehamilan dan persalinan, sekitar 295 000 wanita meninggal dunia setelah persalinan atau dalam masa nifas. Penurunan kematian ibu hamil  tidak dapat lepas dari peran pemberdayaan masyarakat, yang salah satunya dilakukan melalui pelaksanaan kelas ibu hamil. Program ini menitikberatkan pemberdayaan masyarakat dalam monitoring ibu hamil. Program kelas ibu hamil yang merupakan sarana dalam kelompok   dengan   bentuk   tatap muka   yang   membahas   tentang   kesehatan   ibu hamil. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasional dengan menggunakan desain retrospekif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 107 ibu hamil. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random simple sampling dan diperoleh 35 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Dalam menganalisis data secara bivariat, pengujian data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Rank spearman dengan taraf signifikan 95%, Hasil uji statistik Rank Spearman diperoleh nilai p-value 0,000< 0,05 dan nilai r 0.696, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara keikutsertaan kelas ibu hamil dengan tingkat pengetahuan tentang tanda bahaya kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Nusawungu I. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara keikutsertaan kelas ibu hamil dengan tingkat pengetahuan tentang tanda bahaya kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Nusawungu I.

References

Abdurahman, Nurjanah. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan sikap Ibu Hamil Dalam Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Wajok Hulu Kabupaten Mempawah. Karya Tulis Ilmiah. Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak (tidak dipublikasikan).

Ambar, Hafifah Fikriyah dkk., (2021). Manajemen Asuhan Kebidanan Antenatal pada Ny. S Gestasi 43 Minggu 1 Hari dengan Serotinus. Window of Midwiferry journal Vol. 2 No. 2: 118-128

Anggraeni,D.M & Saryono. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Arisonaidah. 2019. Efektifitas Kelas Ibu Hamil Melalui Aplikasi Whatsapp Terhadap Pengetahuan Tentang Bahaya Kehamilan. Jurnal Midwifery. 2(2).

Barroh I, Jannah M, Meikawati R. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Jenggot Kota Pekalongan. Jurnal Siklus. 2.(6). 212-217

Departemen Kesehatan RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 5. Jakarta: Depkes RI, p441-448.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2020: Dinkes Jateng.

Eliana. (2019) ‘Pengaruh Pengetahuan Tentang Kelas Ibu Hamil Terhadap Perilaku Perawatan Kehamilan Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Nganjuk’, Jurnal Edumidwifery, 1(1), Pp. 42–49

Fitriani. (2019). Hubungan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Dengan Pengetahuan Ibu Tentang Tanda Bahaya Kehamilan Di Wilayah Puskesmas Slawi. Jurnal ilmu dan teknologi kesehatan. 9(2).

Fuada, N., & Setyawati, B. (2016). Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 6(2), 67–75. https://doi.org/10.22435/kespro.v6i2.5411.67- 75

Hasibuan, A. (2018) ‘Efektivitas Kelas Ibu Hamil Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Faktor Risiko Dalam Kehamilan Di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Semula Jadi Kota Tanjungbalai’, Fakultas Farmasi dan Kesehatan Institut Kesehatan Helvetia Medan [Preprint]. Available at: http://repository.helvetia.ac.id/324/.

Hidayati et al. (2021). Pengaruh Kelas Ibu Hamil Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Banyumulek. Jurnal Ilmu kesehatan dan farmasi. 9(2).

Ida, A.S. (2021) ‘Pengaruh Edukasi Kelas Ibu Hamil Terhadap Kemampuan Dalam Deteksi Dini Komplikasi Kehamilan’, Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), pp. 345– 350. Available at: https://stp-mataram.ejournal.id/JIP/article/view/561.

Ida. (2021). Pengaruh Edukasi Kelas Ibu Hamil Terhadap Kemampuan Dalam Deteksi Dini Komplikasi Kehamilan. Jurnal Inovasi penelitian. 2(2).

Ilmiyani, S.N. et al. (2023) ‘Deteksi Dini Resiko Kehamilan Melalui Kelas Ibu Hamil Di Dusun Dasan Petung, Desa Kotaraja Kabupaten Lombok Timur’, 5(1), pp. 43–47.

Jannah, Nurul. (2021). Asuhan Kebidanan Ibu Nifas. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Kaspirayanthi. (2019). Hubungan Keikutsertaan Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil Dengan Pengetahuan Mengenai Tanda Bahaya Kehamilan Dan Persalinan Di Wilayah Kota Denpasar. Jurnal Ilmu Kebidanan. 7(2)

Downloads

Published

2025-03-14

Issue

Section

Articles