ANALISIS PELAYANAN DI UNIT ADMINISTRASI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANGKINANG

Authors

  • Anastasya Shinta Yuliana Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Awal Bros
  • Ristalia Ayu Program Studi Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.32254

Keywords:

analisis pelayanan, unit administrasi, instalasi gawat darurat

Abstract

Salah satu unit administrasi di rumah sakit adalah administrasi instalasi gawat darurat. Hanya saja saat ini masih banyak kekurangan yang terdapat dalam administrasi gawat darurat, baik dari sisi saran dan prasarana maupun yang berasal dari sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pelayanan administrasi instalasi gawat darurat di rumah sakit umum daerah bangkinang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik, menggunakan metode content analysis. Penelitian melibatkan enam informan utama dan pendukung, termasuk petugas pendaftaran IGD, kepala unit pendaftaran, kepala rekam medis, penunjang medik, kepala bidang pelayanan, dan direktur. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi, serta didukung oleh data sekunder seperti profil rumah sakit dan data kunjungan pasien IGD. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam analisis pelayanan di unit administrasi IGD RSUD Bangkinang, input mencakup beberapa aspek penting. Man: Terdapat tiga shift kerja dengan lima petugas yang memadai, tetapi belum ada pelatihan khusus dan penilaian kinerja. Money: Belum ada penghargaan bagi petugas terbaik, meskipun ada rencana untuk itu. Material: Alat dan bahan, seperti komputer dan printer, sudah memadai dan tidak ada kendala sarana. Machine: Tidak ada CCTV di unit, meskipun ada di area lain, dan penambahan komputer masih diperlukan. Methods: Tidak ada SOP yang dipajang dan kesalahan data sering terjadi. Proses: Hambatan pelayanan termasuk komputer error dan masalah jaringan, dengan kompetensi petugas yang sudah sesuai dan SOP pendaftaran pasien yang diketahui.

References

Aditya, F. S. (2022). Analisis Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Petugas Administrasi Di Rumah Sakit Awal Bros Panam. Skripsi Strata Satu, Universitas Awal Bros Pekanbaru, Pekanbaru.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif : Teori & Praktik. Jakarta Timur : Bumi Aksara

Heryana, A. (2019). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan Masyarakat. Jakarta: e-book tidak dipublikasikan

Manurung, J., dkk, (2021). Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.

Yolanda,D.D (2018) Analisis Sisyem Pelayanan Administrasi Dalam Penerimaan Paien BPJS Di Ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah H.ANDI SULTAN DAENG RADJA Kabupaten Bulukumba

Firdaus ,R. (2019) Efektivitas Pelayanan Administrasi di Rumah Sakit

Wulandari, A. (2022) Pengaruh Sistem Perekrutan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkat Kinerja Karyawan Di Unit Administrasi Rumah Sakit Awal Bros Panam Pekanbaru. Journal of Hospital Administration and Management. LPPM Awal Bros University. Jilid 3(2) hal9-18

UU No 44 (2009) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

Peraturan Menteri Kesehatan No.47 (2018) Peraturan Menteri Kesahatan Nomor 47 Tahun 2018 Tentang Kegawatdaruratan

Fatoni A, 2011 Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi Jakarta Rineka Cipta

Hikmawati,F 2020 Metode Penelitian, Raja Grafindo Persada,Depok

Indrawati, ph.D 2018 Metode Kualitatif, Bandung. PT Refika Aditama

Permenkes No. 3 2020 Peraturan Menteri Kesehatan Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit

Hidayah,A.N 2016 Tentang Konsep IGD

UUD DPR No 36 (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.JDH BPK RI

Downloads

Published

2024-12-27