GAMBARAN KADAR PROTEIN URIN DENGAN PASIEN HIPERTENSI : LITERATURE REVIEW

Authors

  • Rismayana Aris Program Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Kartini Eka Yanti Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia
  • Endy Adnan Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29774

Keywords:

Hipertensi, Protein Urin

Abstract

Hipertensi merupakan masalah kesehatan utama yang berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular dan komplikasi lainnya. Hubungan pemeriksaan protein urine pada penderita hipertensi adalah salah satu akibat adanya gangguan pada ginjal. Tujuan dari tinjauan literatur ini adalah untuk melihat gambaran kadar protein urin dengan pasien hipertensi. Menggunakan metode literature review dengan prinsip Diagram Alir PRISMA. Artikel atau jurnal ilmiah diunduh dari PubMed, Portal Garuda, dan Google Scholar dengan standar SINTA IV dan V. Kata kunci dalam pencarian artikel ini yaitu gambaran kadar protein urin dengan pasien hipertensi. Didapatkan 146 artikel dalam hasil pencarian. Semua artikel diseleksi berdasarkan kriteria inklusi diperoleh 15 artikel penelitian yang akan di telaah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipertensi merupakan faktor resiko terjadinya peningkatan kadar protein urin. Diharapkan penderita hipertensi secara rutin memeriksakan dan mengontrol tekanan darahnya, bila perlu melakukan pemeriksaan komplikasi hipertensi, untuk mengurangi faktor risiko salah satunya gangguan fungsi ginjal.

References

Eliyanti, Y. (2022). Gambaran Protein Urine pada Ibu Hamil di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang Tahun 2021. Journal of Midwifery Care.

Ladesvita, F., Anggraeni, D. T., Lima, F. (2020). Analisis Faktor Resiko Gagal Ginjal pada Pasien Hipertensi di Baros Serang Banten. Jurnal Kesehatan Medika Saintika.

Lukitaningtyas, D., Cahyono, E. A. (2023). Hipertensi; Artikel Review. Jurnal Pengembangan Ilmu dan Praktik Kesehatan.

Maulana, F., Anggraeni, N. (2022). Analisis Pemeriksaan Protein Urin Secara Otomatis dan Sederhana pada Sampel Urin Positif 1 (+) dan Positif 2 (++). Staba.

Marhabatsar, N. S., Sijid, S. A. (2021). Review: Penyakit Hipertensi Pada Sistem Kardiovaskular. Prosiding Biologi Achieving the Sustainable Development Goals with Biodiversity in Confronting Climate Change.

Mus, R., Abbas, M., Agustina, T. (2022). Skrining Kesehatan Melalui Pemeriksaan Protein Urine di Kompleks Aditarina Kota Makassar. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat.

Putri, M., Ludiana, Ayubbana, S. (2022). Penerapan Pemberian Relaksasi otot Progresif terhadap Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Yosomulyo Kota Mtro Tahun 2021. Jurnal Cendikia Muda Vol. 2, No. 2.

Rahmawati, Kasih, R. P. (2023). Hipertensi Usia Muda. Galenical: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Mahasiswa Malikussaleh. Vol. 2, No.5.

Santoso, A. P, Masruroh, N. (2020). Hubungan Edema Dengan Protein Urine Pada Ibu Hamil Di Rsu Prima Husada Sidoarjo. The Journal Of Muhammadiyah Medical Laboratory Technologist.

Septiasary, H., Denny, H. M., Setyaningsih, Y. (2024). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi di Kalangan Masyarakat dan Pekerja: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia. Vol. 7 No. 4.

Siahaan, M, A, Aruan, D. G. (2022). Gambaran Protein Urin Pada Penderita Hipertensi Di Rumah Sakit Umum Herna Medan Tahun 2021 Dengan Metode Asam Asetat 6%. 2-TRIK: Tunas-Tunas Riset Kesehatan.

Umami, R., Srigede, L., Urip, D., Rohmi. (2023). Deteksi Dini Fungsi Ginjal Berdasarkan Nilai Protein Urine Dan Lama Menderita Hipertensi. Journal of Indonesia Laboratory Technology of Student (JILTS).

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Aris, R., Eka Yanti, A. K., & Adnan, E. (2024). GAMBARAN KADAR PROTEIN URIN DENGAN PASIEN HIPERTENSI : LITERATURE REVIEW . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 5281–5288. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29774

Issue

Section

Articles