PENGARUH TERAPI TOUCH AND TALK TERHADAP KECEMASAN ANAK DI RUANG FLAMBOYANT RSUD KOTA TANJUNGPINANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.29668Keywords:
Kecemasan, Anak, Terapi Touch and TalkAbstract
Anak di Indonesia yang akan menjadi sasaran dalam program pembangunan kesehatan berjumlah 9.259.388 anak dengan masing-masing laki –laki dan perempuan berjumlah 4.767.072 anak dan 4.492.316 anak. Jumlah tersebut merupakan jumlah yanh tidak sedikit untuk mengupayakan anak-anak tersebut menjadi anak-anak yang memiliki kualitas baik. Untuk mendapatkan kualitas yang baik dalam membina anak-anak ini perlu dukungan dari berbagai pihak, mulai dari keluarga, masyarakat, termasuk tenaga kesehatan yang menangani masalah kesehatan pada anak. Banyak anak menolak diajak ke rumah sakit, apalagi menjalani rawat inap dalam jangka waktu yang lama. Peralatan medis yang terlihat bersih dirasakan cukup menyeramkan bagi anak-anak. Dampak tersebut dapat terjadi kecemasan pada anak. Kecemasan (Anxietas) dapat diartikan sebagai suatu respon perasaan yang tidak berdaya dan tidak terkendali. Salah satu untuk menurunkan kecemasan pada anak adalah dengan terapi touch and talk.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi touch and talk terhadap kecemasan anak di Ruang Flamboyant RSUD Kota Tanjungpinang. Metode Penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian ini penelitian eksprimental Jumlah sampel 23 responden dengan teknik accidental sampling. Alat pengumpulan data ialah lembar SOP dan Lembar kuesioner. Analisa data menggunakan uji paired t test dengan signitifikan ? 0,05. Hasil Penelitian uji paired t test nilai p value 0,000 (?0,05), bahwa ada pengaruh terapi touch and talk terhadap kecemasan anak di Ruang Flamboyant RSUD Kota Tanjungpinang Kesimpulan penelitian ini adalah terapi touch and talk berpengaruh terhadap penurunan tingkat kecemasan anak yang menjalani hospitalisasi.References
Adriana. (2019). Tumbuh Kembang Dan Terapi Bermain Pada Anak. Salemba Medika.
Althona. (2019). Pengaruh Terapi Bermain dengan Tehnik Bercerita terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah di Bangsal Menur RSUP Dr. Soeradji Titonegoro Klaten
Agung Priyanto. (2019). Tumbuh kembang dan terapi bermain pada anak. Kedua. Editor: E. Raptika. Jakarta
Amalia. (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu Dan Cara Pencegahan Ispa Dengan Penyakit Ispa Pada Anak Pra Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Beruntung Raya. Jurnal Kepetawatan.
Amallia, A., & Oktaria, D. (2019). Pengaruh Terapi Bermain terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah selama Masa Hospitalisasi The Effect of Therapeutic Play toward Preschool Anxiety During Hospitalization. Majority, 7(18), 219–225.
Asmadi.(2020). Tumbuh Kembang Dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika
Cahyaningsih, 2019. Perkembangan Motorik Kasar dan Perkembangan Motorik Halus.
Deswita. (2019). Hubungan Kecemasan Ibu Dengan Kecemasan Anak Saat Hospitalisasi Anak. Jurnal Nursing Studies Vol. 1 Nomor. 1 : 51-59
Diana. (2019). Hubungan Kecemasan Ibu Dengan Kecemasan Anak Saat Hospitalisasi Anak. Jurnal Nursing Studies Vol. 1 Nomor. 1 : 51-59
Darmawan (2020). Gambaran Ketakutan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi. Artikel Penelitian. JKA, 7, 13–17.
Fadilillah.(2019). Managemen Cemas Dan Depresi. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
Fazrin. (2017). Manajemen Stres, Cemas dan Depresi. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.
Gede Putra. (2022). Terapi bercerita berpengaruh terhadap kecemasan akibat hospitalisasi pada anak pra sekolah. 1–8.
Greenstein, B., & Diana, F. W. (2019). Ed2. Sistem Endokrin. Jakarta: Airlangga
Handayani, S. U., Mahmud, R., Aslindah, A., Hasanuddin, F., & Makassar, U. M. (2023). Penerapan Terapi Bermain Puzle Pada Pasien Anak dengan Gangguan Kecemasan Pendahuluan.
Hermawan. (2019). Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia 3-5 Tahun Yang Berobat Di Puskesmas. Jurnal Ilmu Keperawatan, 5(2), 67–78.
Harrel. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi di RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal Bimtas, 2.
Harsismanto J, H. J., Yanti, L., & Alfathona, I. (2019). Efektivitas Terapi Touch And Talk Dan Terapi Bercerita Terhadap Kecemasan Anak Usia 3-6 Tahun Di Ruang Edelweiys RSUD Dr. M. YUNUS BENGKULU. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.36085/jkmu.v7i1.302
Haruyama. (2019). Pengaruh Terapi Bermain (Skill Play) Permainan Ular Tangga terhadap Tingkat Kooperatif Selama Menjalankan Perawatan pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) di Ruang Edelweist Rsud Dr. M Yunus Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 8(1), 111-116
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Astrid Julantika, Wasis Pujiati, Tri Arianingsih, Astrid Julantika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


