HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN ASUPAN NUTRISI MAHASISWA UPERTIS DALAM MENYUSUN SKRIPSI

Authors

  • Lisa Fradisa Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Perintis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29358

Keywords:

Stress Level, Nutritional Intake, Thesis

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir, seringkali mengalami stres saat menghadapi banyaknya kendala dan tuntutan dalam upaya menyelesaikan studinya. Salah satu tuntutan tersebut adalah menyelesaikan  persyaratan akademik berupa menyusun skripsi. Stres dapat mengganggu keseimbangan fungsi tubuh, salah satunya adalah fisiologi tubuh yang berkaitan dengan asupan nutrisi. Stres yang dialami dapat menyebabkan asupan nutrisi yang tidak sehat dikonsumsi oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan asupan nutrisi mahasiswa keperawatan dalam menyusun skripsi di Universitas Perintis Indonesia.  Metode penelitian yang digunakan  deskriptif analitik dengan desain cross sectional, dan teknik sampling adalah total sampling sebanyak 25 responden. Instrument yang digunakan adalah kuesioner Perceived Stress Scale (PSS), Food Frequency Questionnaire (FFQ), Food Recall 2x24 Jam. Analisis yang digunakan univariat dan bivariate menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian setelah dilakukan uji statistic dengan uji Chi-Square menunjukkan, hasil analisis untuk energy, protein, lemak dan karbohidrat dimana diperoleh nilai  PValue  = (p>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan asupan nutrisi mahasiswa keperawatan Universitas Perintis Indonesia dalam menyusun skripsi yang ditandai dengan (P-value >0,05). Saran untuk institusi pendidikan, diharapkan juga memperhatikan mekanisme koping atau pertahanan stres mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dan untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan instrument yang berbeda dan jumlah sampel yang lebih banyak.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Fradisa, L. (2024). HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN ASUPAN NUTRISI MAHASISWA UPERTIS DALAM MENYUSUN SKRIPSI. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 4648–4658. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29358

Issue

Section

Articles