STUDI PERBANDINGAN POLA HIDUP SEHAT ANTARA MASYARAKAT PESISIR DAN DARATAN PESISIR DI BELAWAN SUMATERA UTARA

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Fakultas Kesehatan Masyarakat ,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tri Dela Puspita Fakultas Kesehatan Masyarakat ,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tari Uswatun Nisa Siregar Fakultas Kesehatan Masyarakat ,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Izmi Raditya Putri Fakultas Kesehatan Masyarakat ,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29327

Keywords:

Belawan, Kesehatan Daratan Pesisir, Perilaku

Abstract

Kesehatan adalah faktor penting dalam menjalani aktivitas dan merupakan hak dasar setiap manusia. Pola hidup sehat, yang dimulai dari diri sendiri, melibatkan upaya menjaga kesehatan jasmani dan rohani, dan berdampak positif pada lingkungan sekitar. Latar belakang penelitian adalah adanya kesenjangan dalam penerapan PHBS di kedua wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai aspek gaya hidup dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di wilayah daratan dan pesisir Belawan serta faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup keduanya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain analisis komparatif, melibatkan interaksi langsung dengan responden dan observasi lapangan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Variabel yang diteliti meliputi kebiasaan mencuci tangan, merokok, konsumsi sayur, akses layanan kesehatan, olahraga, tidur, dan minum air putih. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan tidak signifikan dalam penerapan PHBS antara wilayah daratan dan pesisir Belawan. Dengan rincian di wilayah pesisir, 75% penduduk mencuci tangan dengan sabun, 70.8% tidak merokok, 75% sering mengonsumsi sayur, namun 54.1% mengalami kesulitan akses layanan kesehatan. Di daratan, 92.3% mencuci tangan dengan sabun, 65.3% merokok, 73% sering mengonsumsi sayur, dan 100% mudah mengakses layanan kesehatan. Penelitian ini menyimpulkan perlunya program intervensi efektif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kedua wilayah yang mendukung pola hidup sehat di daratan dan pesisir Belawan.

References

Aliansi Pengendalian Tembakau Indonesia, (2013). Peta Jalan Pengendalian Produk Tembakau Aditama, T.Y. 2013. Generasi Muda Sehat, Generasi tanpa Rokok. Diakses tanggal 20 November 2013. http://www.depkes.go.id/index.php? vw=2&id=2316.

Akhmad, I. (2012). Tinjauan Filosop Tentang Makna Olahraga Dan Prestasi Olahraga. Majalah Keolahragaan Sportif, 6(2), 176-185.

Anhusadar, L. O., & Islamiyah. (2021). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 472.

Dorothea Ririn Indriastuti, S. M. (2021). Buku Saku Membangun Kepedulian Masyarakat Untuk Berperilaku Pola Hidup Bersih Sehat. Surakarta: Percetakan Kurnia.

Harahap, R. A., Sinaga, E., Batubara, K., & Siallagan, R. (2023). Sosialisasi Pentingnya Tetap Menerapkan Pola Hidup Sehat Dalam Meningkatkan Sistem Imun. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(9), 3775-3776.

Kartika, Y., Pramestian, F., Masayu, N., Hasanah, F., Fera, F., & Arifin, R. (2021). Penerapan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Di Desa Kalirancang, Alian, Kebumen. Jurnal ABDI, 7(1), 80.

Kusumawardani, S., & Larasati, A. (2020). Analisis Konsumsi Air Putih Terhadap Konsentrasi Siswa. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 4(2), 91-92.

Lasso, C. K. (2023). Faktor Hambatan Dalam Akses Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas di Indonesia: Scoping Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(4), 1338.

Nurhayati, Putri, A., Dina, Hasibuan, I. L., Nasution, N. S., Chairani, N., . . . Syahri, Y. A. (2023). Mengelola Perilaku Pola Hidup Sehat Masyarakat Pesisir Di Daerah Belawan Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 2569.

Qibtiyah, M., Rosidati, C., & Siregar, M. H. (2021). Perilaku Konsumsi Buah dan Sayur pada Remaja. Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas, 2(2), 52.

Rangga, C., Prasetyo, M. I., & Hanifah, S. A. (2021). Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat terhadap Masyarakat Kampung Sideranglegok Kabupaten Garut. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(36), 132.

Rondonuwu, C. V., Tarore, R. C., & Mastutie, F. (2020). Kajian Perubahan Penggunaan Lahan di Kawasan Pesisir Kota Manado (Studi Kasus; Kecamatan Malalayang, Sario, dan Wenang). Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 7(1), 135.

Syavitri, D., Khadafi, Yuslim, S., & Amri, A. (2024). Analisis Pencemaran Air Tanah Berdasarkan Penataran Jarak Sumur Gali Dengan Tangki Septik Di Kelurahan Sukamaju, Depok, Jawa Barat. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, 9(1), 288.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Nurhayati, N., Puspita, T. D., Siregar, T. U. N., & Putri, I. R. . (2024). STUDI PERBANDINGAN POLA HIDUP SEHAT ANTARA MASYARAKAT PESISIR DAN DARATAN PESISIR DI BELAWAN SUMATERA UTARA . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 5592–5599. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29327

Issue

Section

Articles