PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH

Authors

  • Risna Damayanti Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat
  • Boby Nurmagandi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat
  • Irfan Wabula Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat
  • Aulia Rahmi Latif Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.29278

Keywords:

Anak Usia Sekolah, Konsentrasi Belajar, Senam Otak, Brain Gym

Abstract

Anak usia sekolah dasar adalah anak yang belum memiliki tingkat kematangan berfikir yang baik. Masih terdapat keterbatasan anak dalam membedakan suatu hal yang baik dan buruk. Hal ini dikarenakan perkembangan kognitif siswa sekolah dasar yang masih dalam proses perkembangan menuju kematangan berfikir. Anak usia sekolah dasar masih memiliki keterbatasan dan sulit untuk berkonsentrasi baik dalam proses kognitif atau hanya melibatkan hal-hal yang bersifat nyata dan kongkret. Konsentrasi belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode senam otak (brain gym). Pemberian brain gym adalah salah satu pilihan intervensi yang mudah dikembangkan dan diimplementasikan kepada siswa yang mengalami konsentrasi belajar rendah dengan pertimbangan, secara fisik siswa dapat melakukan secara mandiri, sederhana, sangat mudah, tidak mengeluarkan biaya yang sangat besar dalam mengimplementasikannya serta intervensi ini juga dapat diberikan kepada semua siswa dengan kondisi status ekonomi yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam otak (brain gym) terhadap peningkatan konsentrasi usia anak sekolah. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan rancangan studi kasus dengan evidence-based nursing, yang dilaksanakan pada bulan Desember, sampel yang digunakan adalah 10 anak usia sekolah dasar yaitu 10-12 tahun, mekanisme intervensi dilaksanakan selama 45 menit dalam sehari dengan waktu 2 minggu. Pengambilan data menggunakan kuisioner army alpha. Hasil penelitian adalah ada pengaruh senam otak (brain gym) terhadap tingkat konsentrasi belajar anak usia sekolah dasar. Kesimpulan: senam otak (brain gym) efektif dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak usia sekolah.

References

Ariyanti, L., Putrianti, R. I., & Setiawati, S. (2021). Penggunaan Terapi Senam Otak Pada Anak Dengan Masalah Penurunan Konsentrasi Belajar Di Desa Rawajitu Selatan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(2), 245–250.

Bili, L. D., & Lengo, M. D. (2019). Efektivitas Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 68–78.

Chyquitita, T., Winardi, Y., & Hidayat, D. (2018). Pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar siswa kelas xi ipa dalam pembelajaran matematika di sma xyz Tangerang. Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1), 13.

Firda, A. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa SMA pada materi kultur jaringan tumbuhan. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 73–77.

Hamimah, H., Zuryanty, Z., Kenedi, A. K., & Nelliarti, N. (2019). The development of the 2013 student curriculum book based on thinking actively in social context for elementary school students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 159–176.

Hayati, N. (2021). Efektivitas Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas V Di Yayasan Pendidikan Islam Istiqomah Medan Tahun 2020. Jurnal Sehat Mandiri, 16(1), 36–43.

Ikbal, B., Sutria, E., & Hidayah, N. (2017). Pengaruh Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar. Journal of Islamic Nursing, 2(2), 52–59.

Ines, F., & Dyanel, S. (2023). Efektivitas Brain Gym

Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Di Smpn 19 Makassar. STIK Stella Maris Makassar.

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–80.

Rianti, N. M. E., & Dibia, I. K. (2020). Pendekatan PAIKEM berbantuan brain gym berpengaruh terhadap konsentrasi belajar IPA. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(2), 225–237.

Siswanta, J. (2017). Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini (Studi Pada PAUD Islam Terpadu Di Kabupaten Magelang Tahun 2015). INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 11(1), 97–118.

Downloads

Published

2024-11-28