PENGARUH HYPNOBIRTHING TERHADAP TINGKAT KECEMASAN IBU INPARTU KALA I DI PUSKESMAS SARULLA KECAMATAN PAHAE JAE

Authors

  • Emilia Silvana Sitompul Politehnik Kesehatan Kemenkes Medan
  • Juana Linda Simbolon Politehnik Kesehatan Kemenkes Medan
  • Dimpu Rismawaty Nainggolan Politehnik Kesehatan Kemenkes Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29247

Keywords:

Hypnobirthing, Kecemasan, Inpartu Kala I

Abstract

Latar belakang: Ibu primipara biasanya mengalami rasa kecemasan yang tinggi dalam menghadapi proses persalinan, hal tersebut dapat mempengaruhi kekuatan kontraksi ibu untuk mendorong janin keluar selama proses persalinan. Persalinan dapat berjalan lancar jika ibu mampu menyelaraskan antara pernafasan dengan kontraksi uterus yang dirasakan, hal tersebut dapat dilakukan jika ibu dalam kondisi yang rileks. Aplikasi hipnosis dalam obstetri saat ini menjadi trend, khususnya dalam merencanakan persalinan yang fisiologis tanpa disertai gangguan psikologis seperti cemas yang berlebihan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Hypnobirthing Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Inpartu Kala I di Puskesmas Sarulla Kecamatan Pahae Jae Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2022. Metode: Experiment semu (quasi experiment) yang menggunakan desain posttest only control group design untuk membandingkan ibu yang diberi Hypnobirthing dengan yang tidak diberi hypnobirthing. Jumlah sampel seluruhnya dalam penelitian ini sebanyak 20 Ibu inpartu yang dibagi dalam 2 kelompok, yaitu 10 Ibu inpartu dengan Hypnobirthing dan 10 Ibu inpartu tanpa menggunakan Hypnobirthing. Penelitian dilakukan di Puskesmas Sarulla Kecamatan Pahae Jae Kabupaten Tapanuli Utara bulan Januari-Desember 2022. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampel. Analisis data: menggunakan analisis univariat, bivariat dengan menggunakan uji T Test. Hasil: Uji T Paired SPSS dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi antara 2 variabel tersebut yaitu 0,973 artinya hubungan kuat dan positif. Dan nilai Sig tingkat signifikansi hubungan dengan hasil 0,000 yang artinya signifikan pada level 0,01 ada perbedan tingkat kecemasan perlakuan dengan hypnotherapy dan tanpa hypnotherapy. Saran: dalam menangani nyeri persalinan hendaknya menggunakan tekhnik  hypnobirthing karena sangat efektif dalam menangani nyeri persalinan, penerapan tekhnik hypnobirthing ini harus dilakukan bertahap atau diajarkan dalam kelas-kelas ibu hamil, dan minimal diajarkan 2 minggu sebelum ibu bersalin maka hasilnya akan efektif.

References

Aprillia, Yesie. 2014. Gentle Birth Balance. PT Mizan Pustaka: Bandung.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta : Jakarta.

Astuti I, Noviyanti. 2015. Pengaruh Hypnobirthing Terhadap Tingkat Nyeri dan Kemajuan Persalinan Pada Ibu Bersalin di BPM. Cimahi. The Southeast Asian Journal of Midwifery Vol.1 (1): 43-47

Fathony, Zaiyidah. Pengaruh Hypnobirthing Terhadap Intensitas Nyeri Pada Persalinan Kala I Fase Aktif di BPM Kabupaten Sleman. 2017. Healthy-Mu Jurnal Vol.1 (1)

Felina, Mutia. Pengaruh Hypnobirthing Terhadap Nyeri Persalinan di Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. 2015. Jurnal Kesehatan Vol.7 (1)

Fitriani, Rini. 2015. Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam terhadap Respon Adaptasi Nyeri Pada Pasien Inpartu kala I Fase Aktif RSDIA Siti Fatimah Makassar.

Hermina CW, Wijaya A. 2015. The Conny Method Menjalani Kehamilan dan Persalinan dengan Tenang, Nyaman, Bahagia serta Penuh Percaya Diri. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Kuswandi, Lanny. 2014. Hypnobirthing a Gentle Way to Give Birth. Pustaka Bunda: Jakarta.

Nanda. Anggaini ED. 2015. Pengaruh Tekhnik Relaksasi Hypnobirthing terhadap penurunan Nyeri pada Persalinan Kala I di BPS Lilik Sudjiati Hulu’an. Jurnal Ilmiah

Prananingrum, Ratih. 2015. Pengaruh Penerapan Hypnobirthing terhadap Nyeri Persalinan Normal. Profesi Vol.13 (1)

Sarwono, 2018. Ilmu Kebidanan. PT Bina Pustaka Sarwono Prawihardjo: Jakarta.

Yanti. 2015. Buku ajar Asuhan Kebidanan Persalinan. Pustaka Rihama: Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Silvana Sitompul, E. ., Linda Simbolon, J. ., & Rismawaty Nainggolan, D. . (2024). PENGARUH HYPNOBIRTHING TERHADAP TINGKAT KECEMASAN IBU INPARTU KALA I DI PUSKESMAS SARULLA KECAMATAN PAHAE JAE . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 3186–3193. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29247

Issue

Section

Articles