GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TATANAN SEKOLAH DI INDONESIA : LITERATURE REVIEW

Authors

  • Nur Aini Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29169

Keywords:

Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Sekolah, Siswa

Abstract

Anak sekolah sebagai salah satu contoh sasaran yang sangat efektif untuk merubah kebiasaan dan tingkah laku hidup sehat sejak usia dini. Menurut Data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, proporsi anak sekolah di Indonesia berperilaku cuci tangan dengan benar yaitu sebesar 48,2%. Metode yang digunakan peneliti dalam menyusun artikel ini yaitu dengan tinjauan sistematik berpedoman PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses). Metode ini memiliki lima Langkah terstruktur yaitu: Mengidentifikasi topik literatur, mencari sumber, memilih sumber yang relevan, mengelompokkan dan menganalisis, serta merangkum. Pada tahap awal dilakukan pencarian literatur dengan menggunakan database “Google Scholar” dan Science Direct dilakukan screening. Prosedur penyaringan terdiri dari judul, abstrak, tahun penelitian, dan metode yang digunakan. Kriteria inklusi studi yaitu berupa studi yang dipublikasi dalam 6 tahun terakhir (2019–2024).. Terdapat 8 indikator PHBS tatanan sekolah, diantaranya: Mencuci tangan dengan air bersih dan menggunakan sabun termasuk dalam kategori cukup, mengonsumsi makanan sehat di kantin sekolah masih terdapat tiga kategori, yakni kurang, cukup, dan baik. Selanjutnya, menggunakan toilet yang bersih dan sehat sudah termasuk kategori cukup. Berolahraga dengan teratur, sudah termasuk dalam kategori cukup. Pengendalian jentik di sekolah termasuk ke dalam kategori kurang. Tidak merokok di lingkungan sekolah masih terdapat beberapa sekolah yang kurang dalam menerapkan pilar ini, namun ada juga beberapa sekolah yang sudah menerapkan pilar ini dengan baik. Mengukur berat badan dan tinggi badan secara rutin masih berada di kategori cukup. Selanjutnya, indikator membuang sampah pada tempatnya termasuk ke dalam kategori cukup dan kurang.

References

Ananda Br.SK, D., Harista Nasution, K., Afrah Goslan Siregar, M., Asiyah Siregar, N., Hasibuan, N., Shabrina Batu Bara, R., & Daulay, S. (2024). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Slamet. Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat(ALKHIDMAH), 2(1), 26–41. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v2i1.661

Anggraini, N. V., Anggraeni, D. T., & Rosaline, M. D. (2022). Peningkatan Kesadaran PHBS Cuci Tangan dengan Benar pada Anak Usia Sekolah. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 5(4), 1172–1179. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i4.5399

Apriyani, T. (2024). Literatur Review: Gambaran Pengetahuan, Sikap Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar. JK: Jurnal Kesehatan, 2(3), 194–206. https://jurnalkesehatan.joln.org/index.php/health/article/view/116/127

Asrina, A., & Yusriani. (2023). Peningkatan Pengetahuan mengenai PHBS sebagai Program Promosi Kesehatan pada Tatanan Sekolah di SMPN 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(3), 440–454. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i3.2425

Aswadi, Syahrir, S., Delastara, V., & Surahmawati. (2017). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa-Siswi SDK Rita Pada Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Al-Sihah: Public Health Science Journal, 9(2), 187–196. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/as.v9i2.3775

Bukit, S., Lamriana Hutagalung, S., & Sarbaini, W. (2022). Analisis Pemberdayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar. Journal of Community Development (JCD), 1(1). https://journal.nabest.id/index.php/jcd/article/download/11/9

Fathonah, W. P., & Minsih. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 208–213. https://doi.org/https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.427

Harahap, Y. W., Ahmad, H., Aritonang, S., & Antoni, A. (2023). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sekolah di SD Negeri Ujung Gurap Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Kesehatan, 1(1), 18–23. https://doi.org/https://doi.org/10.58723/abdigermas.v1i1.7

Herawati, C., Kristanti, I., Selviana, M., & Novita, T. (2019). Peran Promosi Kesehatan Terhadap Perbaikan Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Membuang Sampah Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. DIMASEJATI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 40–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/dimasejati.v1i1.5397

Hilman, A. F., Karjatin, A., & Lestari, F. S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang PHBS Melalui Media Ular Tangga Yang Dimodifikasi. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 14(1). https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v14i1.2058

Iftitah Alam, R. (2023). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) dalam Lingkungan Sekolah. Window of Community Dedication Journal, 04(02), 75–81. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/wocd.v4i2.1820

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Aini, N. . (2024). GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TATANAN SEKOLAH DI INDONESIA : LITERATURE REVIEW . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 5192–5203. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.29169

Issue

Section

Articles