KECEMASAN DAN STRATEGI MEKANISME KOPING PADA MAHASISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v2i4.2910Keywords:
KECEMASAN , STRATEGI MEKANISME KOPING , SELAMA MASA PANDEMIAbstract
Latar Belakang: Kecemasan mahasiswa dapat mempengaruhi ke hal yang negatif dan strategi mekanisme koping dibutuhkan mahasiswa untuk memotivasi diri sendiri selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana gambaran kecemasan dan strategi mekanisme koping mahasiswa selama masa pandemi Covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriftif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitan diambil dengan metode proportional stratified random sampling sebanyak 73 responden. Data diambil dengan kuesioner via google form dan dianalisis melalui distribusi frekuensi dan persentase. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan kecemasan mahasiswa selama masa pandemi Covid-19 mayoritas berada pada tingkat berat yaitu sebanyak 44 (60.2%) responden dan strategi mekanisme koping mahasiswa selama masa pandemi Covid-19 mayoritas berada pada koping adaptif yaitu sebanyak 37 (50.5%) responden. Saran: Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian terkait hubungan kecemasan dan strategi mekanisme koping mahasiswa selama masa pandemi covid-19.References
Anggraeini, N. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga D-III Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(2), 131. https://doi.org/10.17509/jpki.v1i2.9752.
Annisa, D & Idfil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2),93.
Cao W, Fang Z, Hou G, Han M, Xu X, Dong J, et al. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Res. May; 287: 112934. doi: 10.1016/j.psychres. 2020.112934.
Harlina, & Aiyub. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Yang Dirawat Di Unit Perawatan Kritis. JIM FKep, 3(3), 192– 200.
Hou, F., Bi, F., Jiao, R., Luo, D., & Song, K. (2020). Gender differences of depression and anxiety among social media users.
Husky, M. M., Kovess-Masfety, V., & Swendsen, J. D. (2020). Stress and anxiety among university students in France during Covid-19 mandatory confinement. Comprehensive Psychiatry, 102, 152191. https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2020.152191
Kaplan and shaddock. (2017). Buku Ajar Psikiatri Klinis. Jakarta: EGC.
Keliat, budiana. (2011). Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas. Jakarta: EGC.
Nechita, D. A. N. et al. (2019) ‘Trait anxiety and coping in first year medical students’, Romanian Journal of Morphology and Embryology, 60(3), pp. 1059–1069.
Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 3, Jakarta:Salemba.
Paputungan, F. F., Gunawan, P. N., Pangemanan, D. H. C., & Khoman, J. A. (2019). Perbedaan Tingkat Kecemasan Berdasarkan Jenis Kelamin pada Tindakan Penumpatan Gigi. E-CliniC, 7(2), 71–76. https://doi.org/10.35790/ecl.7.2.2019.23879.
Prayer, S., Katuuk, A. M., & Malara, R. (2019). Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat. Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat, 7(2).
Sari, A. W., Mudjiran, M., & Alizamar, A. (2017). Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Sekolah Ditinjau Dari Jenis Kelamin, Jurusan Dan Daerah Asal Serta Implikasi. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2), 37. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p3 7-42.
Sumoked, A. (2019) ‘Hubungan Mekanisme Koping Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Semester Iii Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Yang Akan Mengikuti Praktek Klinik Keperawatan’, Jurnal Keperawatan, 7(1).
WHO. (2020). The World Health Organization declared the coronavirus outbreak a Global Public Health Emergency. Retrieved from https://www.worldometers.info/coronavirus/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Diana Pefbrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).