KECEMASAN DAN STRATEGI MEKANISME KOPING PADA MAHASISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Muthia Faradilla Program Studi D3 Keperawatan, STIKES Intan Martapura
  • Diana Pefbrianti STIKES Intan Martapura
  • Hamdan Hariawan Program Studi D3 Keperawatan,Poltekkes Kemenkes Maluku

Abstract

Latar Belakang: Kecemasan mahasiswa dapat mempengaruhi ke hal yang negatif dan strategi mekanisme koping dibutuhkan mahasiswa untuk memotivasi diri sendiri selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana gambaran kecemasan dan strategi mekanisme koping mahasiswa selama masa pandemi Covid-19. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriftif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitan diambil dengan metode proportional stratified random sampling sebanyak 73 responden. Data diambil dengan kuesioner via google form dan dianalisis melalui distribusi frekuensi dan persentase. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan kecemasan mahasiswa selama masa pandemi Covid-19 mayoritas berada pada tingkat berat yaitu sebanyak 44 (60.2%) responden dan strategi mekanisme koping mahasiswa selama masa pandemi Covid-19 mayoritas berada pada koping adaptif yaitu sebanyak 37 (50.5%) responden. Saran: Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian terkait hubungan kecemasan dan strategi mekanisme koping mahasiswa selama masa pandemi covid-19.

References

Anggraeini, N. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga D-III Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(2), 131. https://doi.org/10.17509/jpki.v1i2.9752.

Annisa, D & Idfil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2),93.

Cao W, Fang Z, Hou G, Han M, Xu X, Dong J, et al. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Res. May; 287: 112934. doi: 10.1016/j.psychres. 2020.112934.

Harlina, & Aiyub. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Yang Dirawat Di Unit Perawatan Kritis. JIM FKep, 3(3), 192– 200.

Hou, F., Bi, F., Jiao, R., Luo, D., & Song, K. (2020). Gender differences of depression and anxiety among social media users.

Husky, M. M., Kovess-Masfety, V., & Swendsen, J. D. (2020). Stress and anxiety among university students in France during Covid-19 mandatory confinement. Comprehensive Psychiatry, 102, 152191. https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2020.152191

Kaplan and shaddock. (2017). Buku Ajar Psikiatri Klinis. Jakarta: EGC.

Keliat, budiana. (2011). Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas. Jakarta: EGC.

Nechita, D. A. N. et al. (2019) ‘Trait anxiety and coping in first year medical students’, Romanian Journal of Morphology and Embryology, 60(3), pp. 1059–1069.

Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 3, Jakarta:Salemba.

Paputungan, F. F., Gunawan, P. N., Pangemanan, D. H. C., & Khoman, J. A. (2019). Perbedaan Tingkat Kecemasan Berdasarkan Jenis Kelamin pada Tindakan Penumpatan Gigi. E-CliniC, 7(2), 71–76. https://doi.org/10.35790/ecl.7.2.2019.23879.

Prayer, S., Katuuk, A. M., & Malara, R. (2019). Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat. Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat, 7(2).

Sari, A. W., Mudjiran, M., & Alizamar, A. (2017). Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Sekolah Ditinjau Dari Jenis Kelamin, Jurusan Dan Daerah Asal Serta Implikasi. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2), 37. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p3 7-42.

Sumoked, A. (2019) ‘Hubungan Mekanisme Koping Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Semester Iii Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Yang Akan Mengikuti Praktek Klinik Keperawatan’, Jurnal Keperawatan, 7(1).

WHO. (2020). The World Health Organization declared the coronavirus outbreak a Global Public Health Emergency. Retrieved from https://www.worldometers.info/coronavirus/.

Downloads

Published

2021-12-31