FAKTOR HUBUNGAN KEBERADAAN JENTIK NYAMUK AEDES AEGYPTI DI PUSKESMAS MEUKEK ACEH SELATAN

Authors

  • Auliya Annisa Farma Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Anwar Arbi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Ramadhaniah Ramadhaniah Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28861

Keywords:

Keberadaaan Jentik Nyamuk Aedes Aegypti, Pengetahuan, Peran Jumantik, PSN, Sikap

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) atau Dengue Haemorhagic Fever (DHF) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus Dengue dari genus Flavivirus, famili Flaviviridae yang dapat ditularkan melalui gigit enyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) atau Dengue Haemorhagic Fever (DHF) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus Dengue dari genus Flavivirus, famili Flaviviridae yang dapat ditularkan melalui gigitan yamuk Aedes Aegypti yang terinfeksi virus Dengue ke manusia. Penyakit DBD dapat menyerang semua orang dan bisa mengakibatkan kematian. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi seluruh masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Meukek Kabupaten Aceh Selatan berjumlah 6.478 KK. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik proportional sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 08-20 Desember 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi dengan menggunakan kuesioner dan lembaran ceklist. Analisis data univariat dan bivariat uji chi-square menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan 38,0% ada keberadaan jentik nyamuk Aedes Aegypti, 58,0% tidak ada pemberantasan sarang nyamuk (PSN), 57,0% pengetahuan kurang baik, 71,0% sikap negatif, dan 66,0% tidak ada peran jumantik. Hasil uji statistik ada hubungan antara pemberantasan sarang nyamuk (PSN) (p-value 0,001), pengetahuan (p-value 0,002). Sedangkan tidak ada hubungan sikap (p-value 0,071), peran jumantik (p-value 0,0366) dengan keberadaan jentik nyamuk Aedes Aegypti di wilayah kerja Puskesmas Meukek Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2023. Disarankan kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Meukek agar selalu melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara rutin, mencegah terjadinya genangan air, membersihkan isi rumah secara rutin, melakukan 3M (menutup, mengubur, menguras) dan membakar sampah agar terhindar dari perkembangbiakan jentik nyamuk Aedes Aegypti.

References

Achmadi. (2018). Dasar-Dasar Penyakit Berbasis Lingkungan. Jakarta: Rajawali Pers.

B, A. (2019). Penggunaan Abu Batu Bara PLTU Mpanau Sebagai Bahan Stabilisasi Tanah Lempung. Jurnal Smartek , 4-16.

Fathi. (2020). Peran Faktor Lingkungan dan Perilaku terhadap Penularan Demam Berdarah Dengue di Kota Mataram. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 60-70.

Ginanjar. (2018). Apa Yang Dokter Anda Tidak Katakan Tentang Demam Berdarah. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

Hasyim. (2018). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue (PSN DBD). Jurnal Kesehatan, 1-30.

Indonesia, K. K. (2018). Buletin Jendela Epidemioogi. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Lingkungan, D. J. (2020). Pencegahan dan Pemberantasan Demam Berdarah Dengue di Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Medronho. (2019). Aegypti Immatures Forms Distribution According to Type of Breeding Site. American: The American Society of Tropical Medicine and Hygiene.

Muda. (2019). Determinan Yang Berhubungan Dengan Keberadaan Jentik Di Kelurahan Rangkah Buntu. Jurnal PROMKES, 50-62.

Ririh. (2020). Hubungan Kondisi Lingkungan, Kontainer dan Perilaku Masyarakat dengan Keberadaan Jentik Nyamuk Aedes Aegypti di Daerah Endemis Demam Berdarah Dengue Surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 1-50.

Sandra. (2020). Hubungan karakteristik individu dan kondisi tempat penampungan air (TPA) dengan kejadian Demam Berdarah (DBD) Di Kelurahan Pabuaran Kecamatan Cibinong Tahun 2020. Jurnal Kesehatan, 23-57.

Santoso. (2018). Hubungan Pengetahuan Sikap dan Prilaku (PSP) Masyarakat terhadap vektor DBD di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Ekologi Kesehatan, 34-50.

Sumantri. (2020). Hubungan Faktor Lingkungan dan Perilaku Masyarakat. Kesehatan Lingkungan dan Perspektif Islam, 1-15.

Wahiddudin, A. d. (2019). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kejadian Demam Berdarah Dengue di Kota Makasar. Jurnal Kedokteran Yarsi, 1-23.

Yunis. (2020). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Demam Berdarah dan Upaya Penanggulangannya di Kecamatan Cimanggis, Depok. Jawa Barat. Jakarta: Pusat Data dan Surveilans Epidemiologi.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Annisa Farma, A., Arbi, A., & Ramadhaniah, R. (2024). FAKTOR HUBUNGAN KEBERADAAN JENTIK NYAMUK AEDES AEGYPTI DI PUSKESMAS MEUKEK ACEH SELATAN. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 4774–4779. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28861

Issue

Section

Articles