PENGARUH PEMBERIAN REBUSAN AIR DAUN UBI JALAR TERHADAP PENYEMBUHAN ANEMIA RINGAN PADA IBU HAMIL

Authors

  • Imas Migiarti Universitas Indonesia Maju
  • Fenny Velianda Universitas Indonesia Maju
  • Agus Santi Br.Ginting Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28727

Keywords:

Anemia, Ibu Hamil, Rebusan Daun Ubi

Abstract

Selama kehamilan, indikasi anemia adalah jika konsentrasi hemoglobin kurang dari 10,5 sampai dengan 11 g/dl.  Anemia di Dunia di mana 52% di negara berkembang dan 23% di negara maju dan kondisi ini terus meningkat seiring bertambahnya usia gestasi. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Rebusan Air Daun Ubi Terhadap Anemia Pada Ibu di UPT Puskesmas Jawilan Kab. Serang-Banten Tahun 2023. Metode dalam studi kasus ini adalah menggunakan studi kualitatif, dengan pendekatan studi kasus (Case Study) dimana studi kasus ini dilakukan secara langsung kepada ibu hamil TM I yang mengalami anemia ringan.Penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pada ibu hamil yang diberikan rebusan air daun ubi ataupun tidak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa yang paling berpengaruh dalam peningkatan anemia pada ibu hamil adalah dengan pemberian rebusan air daun ubi dan tablet fe dengan adanya peningkatan 1,2 gr/dl yaitu dari 10,1 gr/dl menjadi 11,3 gr/dl, sdangkan hanya tablet fe saja ada kenaikan 0,6 gr/dl dari 10,2 gr/dl menjadi 10,8 gr/dl.

References

Anggraini PD. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Pinang Tahun 2018. Jurnal Kebidanan, 7(15), 33–38.

Aprillia Labir, I Ketut WTS. Anemia Ibu Hamil Trimester I dan II Meningkatkan Resiko Kejadian Berat Bayi Lahir Rendah di RSUD Wangaya Denpasar. Public Heal Prev Med Arch. 2019;volume 1. 2019;

Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Dewi Kartikasari, dkk (2021). Pengaruh Rebusan Daun Ubi Jalar (Ipomea Batatas) Terhadap Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Tiron Kabupaten Kediri. In Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal Of Midwifery), Vol.7. No 1.

dr. Theresia Rina Yunita. Anemia pada Ibu Hamil. klikdokter.com. 2018.

Hamdiyah H. Pelaksanaan Standar Asuhan Pelayanan Antenatal Oleh Bidan Di Wilayah Kerja Puskesmas Amparita Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2018. JIKI Jurnal Ilmiah Kesehatan IQRA, 7(01), 26-31Irayani F. Hubungan Antara Usia Ibu Dengan Kejadian Persalinan Prematur Di Rsud Abdoel Moeloek Kota Bandar Lampung Tahun 2021. JIDAN (JURNAL ILMIAH KEBIDANAN), 1(2), 104-109.

Kristal Maryen Rebusan Daun Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas (L.) Lamk Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Trimester III, (2021).

Naomi Christina Hutabarat, dkk (2018). Pengaruh Pemberian Daun Ubi Jalar dan Tablet Fe Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil. In Journal Homepage : e-journal.stikesjembrana.ac.id.

Nurul Aini Siagian, dkk (2021). Pengaruh Pemberian Daun Ubi Jalar (Ipome Batatas) Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Di Klinik Pratama Sehati Delitua Bekasi. In Journal Doppler.

Padmi DRKN. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Puskesmas Tegalrejo Tahun 2019.

Pradanti MC, Wulandari M SK. Pradanti MC, Wulandari M, Sulistya KH. Asupan zat besi (Fe) dan vitamin C dengan kadar hemoglobin pada siswi kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes. J Gizi Universitas Muhammadiyah Semarang. 2018;4(1):1–6.

Pratiwi D. Faktor Maternal yang mempengaruhi kejadian preeklamsia pada kehamilan. Jurnal Medika Utama, 2(01).

Proverawati, A dan Wati, E K. 2019. Ilmu Gizi untuk Perawat dan Gizi Kesehatan. Yulia Medika. Yogyakarta.

Samputri FR dan Herdiani N. Pengetahuan dan dukungan keluarga dengan kepatuhan konsumsi tablet fe pada remaja. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, Volume 21, No 1; 2022;

Sandra G.J Tombokan Ubi Jalar Ungu Meningkatkan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil Trimester III dengan Anemia.

Sari DK and Wagiti PW. Pengaruh Rebusan Ubi Jalar terhadap Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tiron Kabupaten Kediri. JurnalIlmiahKebidanan (Scientific Journal of Midwifery), Vol.7., No 1 Tahun 2021

Sunarsih T. Asuhan Kebidanan Continuity of Care di PUSKESMAS Sukani Edi Munggur Srimartani Piyungan Bantul. Midwifery Journal: Jurnal Kebidanan UM. Mataram, 5(1), 39-44.

Yuliani, D. R. D. Asuhan Kehamilan. Yayasan Kita Menulis.

WHO. The global prevalence of anemia in 2020. Ganeva: World Helth Organization; 2021.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Migiarti, I., Velianda, F., & Br.Ginting, A. S. . (2024). PENGARUH PEMBERIAN REBUSAN AIR DAUN UBI JALAR TERHADAP PENYEMBUHAN ANEMIA RINGAN PADA IBU HAMIL. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 3915–3919. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28727

Issue

Section

Articles