PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28717Keywords:
Bantuan Hidup Dasar, Pendidikan Kesehatan, PengetahuanAbstract
Bantuan Hidup Dasar (BHD) atau Basic Life Support (BLS) merupakan sekumpulan intervensi yang bertujuan untuk mengembalikan dan mempertahankan fungsi vital organ pada korban henti jantung dan henti nafas. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku seseorang yaitu tingkat pengetahuan. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu upaya yang bisa diberikan dalam meningkatkan pengetahuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang bantuan hidup dasar dengan media audiovisual terhadap pengetahuan siswa. Metode: penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan rancangan penelitian One-group pre and post test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Pondok Pesantren Al Islah tahun ajaran 2023- 2024 berjumlah 110 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 52 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji paired sample t test. Hasil analisis univariat diketahui bahwa rerata nilai pengetahuan responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 54,706 dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan adalah 79,225. Hasil uji statistic paired sample t test diketahui bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang bantuan hidup dasar dengan media audiovisual terhadap pengetahuan siswa di Pondok Pesantren Al Islah Palembang tahun 2024 (p value = 0,000). Saran: Diharapkan pihak sekolah agar dapat mengadakan kerjasama dengan pihak puskesmas atau tenaga kesehatan seperti mengadakan penyuluhan dan pelatihan ke sekolah dalam upaya memberikan pendidikan kesehatan mengenai bantuan hidup dasar kepada siswa maupun orangtuaReferences
AHA. (2018). About Heart Attacks. American Heart Association. (Online) https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/about-heart-attacks
Buamona, S. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap tingkat Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Pada Kecelakaan Lalu Lintas Pada Siswa SMA N 1 Sanana Kab Kepulauan Sula Maluku Utara. Jurnal FK Sam Ratulangi Manado.
Budiman & Riyanto, A. (2016). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Dahlan, M. S. (2016). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika
Faizal, A.F. (2019). Pengetahuan Basic Life Support Pada Mahasiswa Kedokteran Tingkat Pertama Universitas Sebelas Maret Terhadap Pasien Henti Jantung Mendadak. Jurnal Universitas Sebelas Maret.
Fitri, D. E., & Jamiati. (2020). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Metode Audio Visual Terhadap Pengetahuan Remaja. Health Care : Jurnal Kesehatan, 9(2), 53–60. https://doi.org/10.36763/hea lthcare.v9i2.87
Handayani, S. (2022). Pengaruh pendidikan kesehatan melalui media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan BHD pada siswa SMA. Journal of Borneo Holistic Health, Volume, 5 No 1. Juni 2022 hal 19-27.
Kemenkes. (2019). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta. Kemenkes
Mansjoer, A. (2018). Kapita Selekta Kedokteran. Jakarta: EGC.
Marlina. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh : Yayasan penerbit Muhammad Zain
Muthmainnah, M. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Awam Khusus Tentang Bantuan Hidup Dasar Berdasarkan Karakteristik Usia di RSUD X Hulu Sungai Selatan. Health Mu Jorunal Vol. 2 No. 2.
Mulyadi. (2018). Pengaruh penyuluhan dan simulasi bantuan hidup dasar (BHD) terhadap tingkat pengetahuan Siswa SMAN 9 Manado. Jurnal. FK Univ. Sam Ratulangi Manado.
Notoatmodjo, S. (2018). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nugroho, L.F. (2017). Gambaran Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Bangsal Bedah dan Bangsal Penyakit Dalam RSUD Wates. Skripsi dipublikasikan. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani.
Nurmala, I. (2018). Promosi Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.
Nurmey, W, S. (2016). Perbedaan efektifitas pendidikan kesehatan bantuan hidup dasar dengan metode ceramah melalui media gambar dan audio-visual terhadap tingkat pengetahuan siswa kelas XI tentang bantuan hidup dasar di SMAN 1 PPU. Jurnal STIIKES Muhammadiyah Samarinda.
Pakpahan, dkk(2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan. Yayasan Kita Menulis.
PPNI Jatim. (2022). Video pelaksanaan BHD. (Online) at (https://www.youtube.com/watch?feature=shared&v=FyhD6RQ2z3k)
Profil Pondok Pesantren Al Islah tahun 2024.
Pusponegoro, D. A. (2015). Buku Panduan Basic Trauma and Cardiac Life Support. Jakarta : Diklat Ambulance AGD
Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta. Kemenkes.
Sudarman. (2019). Pengaruh Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Terhadap Pengetahuan Siswa kelas XII di SMK Baznas Sulsel. Jurnal. FKM Univ. Muslim Indonesia.
Sulistyorini. (2020). Evaluasi Pengetahuan Basic Life Support (BLS) pada Petugas Non Medis Setelah Mengikuti Pelatihan BLS. Jurnal Keperawatan Vol 12 No. 2
Suryaningsih & Ardi Kurniawan. (2019). Teknik Pengelolaan Audio Video. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Sylviana, E. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan pada siswa keperawatan tingkat 2 di SMK Medika Samarinda. Jurnal Husada Mahakam. Vol. IV No 6.
Wirawan, A.C. (2018). Pengembangan Aplikasi Guide Basic Life Support (BLS) berbasis sistem android terhadap kecepatan dan Ketepatan pada penanganan Out Hospital cardiac Arrest (OHCA). Thesis. Univ. Airlangga Surabaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oscar Ari Wiryansyah, Eva Musdiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).