PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT TIDAK MENULAR PADA REMAJA

Authors

  • Nofi Susanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ainun Nuraida Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Isnaini Alya Amanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28636

Keywords:

Epidemiologi, Penyakit Tidak Menular, Remaja

Abstract

Di dunia penyakit tidak menular adalah persoalan pada masalah kesehatan yang penting dan serius sehingga kita sebagai manusia wajib mengetahui pemicu utama dari penyakit tidak menular tersebut. Penyakit tidak menular adalah penyakit yang beresiko pada nyawa seseorang. Penyakit tidak menular terjadi bukan dari penularan antara individu dengan individu lainnya, melainkan karena kebiasaan hidup yang tidak baik dan sehat. Kebiasaan tersebut termasuk ke faktor yang menyebabkan penyakit tidak menular ini seperti mengkonsumsi alkohol yang terlalu banyak, malas berolahraga , dan juga karena kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak layak untuk masuk kedalam tubuh sehingga bisa berdampak serius bagi kesehatan. Tujuan jurnal ini menganalisis secara teoritik mengenai penyakit tidak menular pada remaja terutama mengenai pergaulan bebas pada remaja. Pada penelitian ini, peneliti memakai sebuah metode berupa studi pustaka yang mana dilaksanakan dengan memahami, menguraikan lalu disimpulkan dan dikaitkan dengan penyakit tidak menular. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang berkaitan dan membahas mengenai penyakit tidak menular, pencegahannya serta penanggulangannya. Pengorganisasian untuk penanganan mengenai penyakit tidak menular merupakan kunci untuk menjaga kesehatan masyarakat. Dengan koordinasi yang efektif antara pemerintah, lembaga kesehatan, masyarakat, serta implementasi program pencegahan yang holistik, dapat mengurangi prevalensi penyakit tidak menular seperti penyakit kronis yang dapat menimbulkan masalah yang serius. Sehingga, dalam pencegahan dan penanggulangannya masyarakat diminta untuk bisa melakukan pola hidup sehat dan mengubah gaya hidup menjadi lebih baik terutama pada remaja untuk tidak mengkonsumsi minuman keras seperti alkohol juga merokok karena dapat menyebabkan penyakit kronis dalam jangka waktu yang panjang hingga dapat menyebabkan kematian juga kecacatan.

References

Asmin, E. (2021). Penyuluhan penyakit tidak menular pada masyarakat. Community Development Jurnal.

B, H., Akbar, K., & dkk. (2021). Pencegahan Penyakit Tidak Menular Melalui Edukasi Cerdik Pada Masyarakat Desa Moyag Kotamobagu.

Marbun, R., & dkk. (2021). EDUKASI KESEHATAN DALAM PENANGGULANGAN PENYAKIT TIDAK MENULAR(PTM) SERTA PAKET MANFAAT BPJS KESEHATAN UNTUK PENYAKIT KRONIS. Jurnal pengabdian masyarakat berkemajuan .

Primiyani, Y., Masrul, M., & Hardisman, H. (2019). Analisis Pelaksanaan Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular di Kota Solok. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(2), 399-406.

Rahayu, D., & dkk. (2021). DETEKSI DINI PENYAKIT TIDAK MENULAR PADA LANSIA. JURNAL PEDULI MASYARAKAT.

Roiefah, A. L., Pertiwi, K., & Siswanto, Y. (2021). Hubungan tingkat literasi kesehatan dengan perilaku pencegahan ptm pada remaja di kabupaten semarang. Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, 3(2).

Siswanto, Y., & Lestari, I. P. (2020). Pengetahuan penyakit tidak menular dan faktor risiko perilaku pada remaja. Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 1-6.

Susanti, N., Sari, D., Dina, D., larasati Hasibuan, I., Melisa, M., & Dharma, R. A. (2023). Analisis Gambaran Faktor Risiko Perilaku Penyakit Tidak Menular pada Remaja. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 4530-4535.

Susetyowati. Dkk. (2019). Peranan Gizi Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Tidak Menular. Pers Universitas Gajah Mada. Yogyakarta

Wahidin, M., Agustiya, R. I., & Putro, G. (2023). Beban Penyakit dan Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Indonesia. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Indonesia, 6(2), 105-112.

WENING, G. R. (2020, Desember). Level of Prevention Leavell & Clark. Retrieved November 15, 2021

Wijaya, A. i., & Mukramin, S. (2023). Peran Orang tua Dalam mencegah pergaulan bebas dikalangan pelajar. jurnal pendidikan anak usia dini.

Yarmaliza, Y., & Zakiyuddin, Z. (2019). Pencegahan Dini terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) melalui GERMAS. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 2(3), 93-100.

Yuningrum, H., Trisnowati, H., & Rosdewi, N. N. (2021, May). Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) pada Remaja: Studi Kasus pada SMA Negeri dan Swasta di Kota Yogyakarta. In Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati (Vol. 6, No. 1, pp. 41-50).

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Susanti, N. ., Nuraida, A. ., Amanda, I. A. ., & Khairunnisa, K. (2024). PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT TIDAK MENULAR PADA REMAJA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 4223–4233. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28636

Issue

Section

Articles