HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN POLA TIDUR PADA PASIEN PRE OPERASI ODONTEKTOMI DI RUMAH SAKIT KHUSUS GIGI DAN MULUT PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN

Authors

  • Riko Sandra Putra Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES Mitra Adiguna Palembang
  • Asmila Asmila Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES Mitra Adiguna Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28512

Keywords:

Kecemasan, Odontektomi, Pola Tidur

References

Afdal, R. 2015. Hubungan antara nyeri dan kecemasan dengan kualitas tidur pada pasien post laparatomi di Irna Ruang Bedah Rsup dr. M. Djamil Padang. Fakultas keperawatan.

Arbani, F. A. 2015. Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi di RS PKU Muhammadiyah Sukoharjo. Skripsi tidak dipublikasi.

Annisa, D. F. & Ifdil, I. 2016. Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5, 93-99.

Apriansyah, A., Romadoni, S. & Andrianovita, D. 2015. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Pre-Operasi dengan Derajat Nyeri Post Sectio Caesarea di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang Tahun 2014. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 2, 1-7.

Asapuah, S. 2013. Kumpulan Kuesioner dan Instrumen Penelitian Kesehatan, Yogyakarta, Nuha Medika.

Badriah, D. L., Negara, A. P. & Nur, A. S. 2017. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas tidur pada klien post operasi bedah mayor di Ruang Bedah Kelas III RSUD 45 Kuningan tahun 2014. Jurnal kesehatan indra husada, 5, 1-6.

Damayanti, A., Kadrianti, E. & Ismail, H. 2017. Faktor-faktor yang berhubungan dengan gangguan pemenuhan kebutuhan tidurpasien yang dirawat di Ruang Baji Kamase Rsud Labuang Baji Makassar. Jurnal ilmiah kesehatan diagnosis, 5, 535-542.

Faridah, V. 2015. Penurunan Tingkat Nyeri Pasien Post Op Apendisitis Dengan Tehnik Distraksi Nafas Ritmik. Program Studi S1 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Lamongan.

Faridah, V. N. 2014. Penanganan Gangguan Kebutuhan Tidur pada Pasien Post Operasi Laparatomi dengan Pemberian Aromaterapi Lavender. Surya Vol 01 No. XVII.

Heriana, P. 2014. Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia, Tangerang Selatan, Binarupa Aksara.

Indri, U. V. 2014. Hubungan antara nyeri, kecemasan dan lingkungan dengan kualitas tidur pada pasien post operasi apendisitis. Jurnal online mahasiswa (jom) bidang ilmu keperawatan, 1, 1-8.

Khofidzoh, D. N. 2021. Hubungan Kecemasan Dengan Kualitas Tidur. Http://Stikesayani.

Kozier, et all, 2018. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, dan Praktik (7th ed.). Jakarta: EGC

Kustanto, Joko.2020.Hubungan Kecemasan Pre Operasi dengan Nyeri Paska Operasi dan Anestesi pada Pasien yang Dilakukan Open Reduction Interna Fixation (ORIF) di Ruang Melati 3 RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Skripsi tidak dipublikasi.

Lona,.Delvi.Treesia .2023. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Di Ruang Bedah Rsud Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2023. Skripsi tidak dipublikasi.

Lena Fitriani.2023. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi di Ruang Rawat Inap Bedah. Skripsi tidak dipublikasi.

Ndode, Y. N., Ardiyani, V. M. & Yasin, D. D. F. 2018. Pengaruh Terapi Musik Klasik Mozart Terhadap Kualitas Tidur Pada Pasien Post Operasi Di Rumah Sakit Baptis Batu. Nursing News: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keperawatan, 3.

Notoatmodjo, S.2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurarif, A. H. & Kusuma, H. 2015. Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA (North American Nursing Diagnosis Association) NIC-NOC, Jogjakarta, Media Action.

Nursalam. 2017. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Nurqodri, A., Sulastri, S., Widayati, A., & Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jl Tatabumi No, J. Perbedaan Tingkat Kecemasan Pasien Sebelum Dan Setelah Tindakan Odontektomi.

Rahman dkk, 2022. Hubungan Kecemasan Dengan Gangguan Tidur Pada Pasien Yang Akan Menjalani Operasi. Jurnal. Program Studi Keperawatan, Univeristas Indonesia

Riyadhi,N.F. 2014. Terapi Murattal Al-Qur’an Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji Provinsi Sulsel.

Safdinan, D., Sulisetyawati, D., Program, M., Program, S. K., Fakultas, S., Kesehatan, I., Kusuma, U., Surakarta, H., & Program, D. Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pada Pasien Pre Operasi Biopsi Excisi Di Rsud Dr. Moewardi Surakarta.

Saputra, L. 2013. Catatan Ringkas Kebutuhan Dasar Manusia, Tangerang Selatan, PT. Binarupa Aksara.

Setyaningsih, 2022. Ada Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Kualitas Tidur Pada Pasien Pre operasi Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal. Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Sutanto, A. V., & Fitriana, Y. 2017. Kebutuhan dasar manusia teori dan aplikasi dalam praktik keperawatan profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tinggi Ilmu Kesehatan Murni Teguh, S., & Handayani Siburian, C. 2021. Hubungan Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pada Pasien Pre Operasi Transurethral Resection Of The Prostate (Turp) Di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan. Trust Health Journal, 4(2).

Vivie Agustina Puspitasari, N., Sumaji, B., Pranata, N., Kedokteran Gigi, F., Kristen Maranatha, U., & Bedah Mulut, D.2018. Gambaran Komplikasi Post Odontektomi Gigi Impaksi Molar Ketiga Rahang Bawah Tahun 2018 Di Rsgm X Bandung. Dalam Sonde (Sound Of Dentistry (Vol. 4, Nomor 2).

Wahyudi,A.S.,&Wahid,A.2016. Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta:Mitra Wacana Medika.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Putra, R. S. ., & Asmila, A. (2024). HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN POLA TIDUR PADA PASIEN PRE OPERASI ODONTEKTOMI DI RUMAH SAKIT KHUSUS GIGI DAN MULUT PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 4263–4269. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28512

Issue

Section

Articles