PENGARUH PERSEPSI WARNA TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK

Authors

  • Nurfitriany Fakhri Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Amirah Aminanty Agussalim Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Sahril Buchori Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Fatimah Az-zahrah Syaifullah Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nursyikin Bte Ridduan Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Sitti Rahmah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28502

Keywords:

Memori Jangka Pendek, Persepsi, Warna, Fungsi Kognitif

Abstract

Memori merupakan fungsi kognisi yang memiliki hubungan erat dengan kesehatan manusia. Penurunan kemampuan mengingat dapat memengaruhi perilaku individu dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh warna terhadap kemampuan memori jangka pendek mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan 16 partisipan dengan kriteria mahasiswa yang tidak mengalami buta warna, baik buta warna parsial maupun total. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen-kuasi dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan eksperimen. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi warna terhadap daya ingat memori jangka pendek. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat menjadi dasar dalam melakukan penerapan praktis persepsi warna dalam meningkatkan memori jangka pendek di berbagai aspek layanan kesehatan.

References

Brown, C. (2007). Cognitive psychology. California: Sage Publication Ltd.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning. Bandung: Kaifa Learning.

Dijkstra, K., Pieterse, M. E., & Pruyn, A. (2008). Individual differences in reactions towards color in simulated healthcare environments: The role of stimulus screening ability. Journal of Environmental Psychology, 28(3), 268-277.

Dzulkifli, M. A., & Mustafar, M. F. (2013). The influence of colour on memory performance: A review. Malaysian Journal of Medical Sciences, 20(2), 3-9.

Harianti, W. S., Syani, N. K., Purnawan, S. D. P., Syafitri, N., Eksiareh, C. H. P., Maulana, M. H., ... & Qudsyi, H. (2021). The Effect of Color Perception on Short-Term Memory. JPPP-Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 10(2), 75-84.

Has, M. (2022). Hubungan antara Fungsi Kognitif dan Tingkat Ansietas terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMA Islam Terpadu Pondok Pesantren Putri Darul Istiqamah= Correlations Between Cognitive Function And Anxiety Rate Of Achievement In Learning On Students Islamic Senior High School At Darul Istiqamah Girls' Boarding School (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Hitch, G. J. (2005). Working memory. Dalam Braisby, N., & Gellatly, A (Eds), Cognitive psychology. New York: Exford University Press.

Houts, P. S., Doak, C. C., Doak, L. G., & Loscalzo, M. J. (2006). The role of pictures in improving health communication: A review of research on attention, comprehension, recall, and adherence. Patient Education and Counseling, 61(2), 173-190.

Limyati, Y., Wahyudianingsih, R., Maharani, R. D., & Christabella, M. T. (2019). Mozart’s Sonata for two pianos K448 in D-Major 2nd movement improves short-term memory and concentration. Journal of Medicine and Health, 2(4).

Nasution, N., Sari, P. R., & Sastra, S. (2021). Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Anggota UKM Creative Minority. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 1-7.

Paivio, A. (1991). Dual coding theory: Retrospect and current status. Canadian Journal of Psychology/Revue canadienne de psychologie, 45(3), 255.

Patel, K., Pilcher, D., & Cortes, T. (2014). Color-coded pill organizers increase medication adherence in older adults. Journal of the American Geriatrics Society, 62(3), 573-574.

Radvansky, G. (2006). Memory. Boston (MA): Pearson Education Group.

Rais, M. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia presentasi berbasis Prezi dan gaya belajar terhadap kemampuan mengingat konsep. Jurnal Mekom, II.

Rohayati, E. (2018). Efektivitas penerapan model pembelajaran Advance Organizer berbasis peta konsep untuk mata kuliah Qawaid terhadap daya ingat mahasiswa. TAPIS, II.

Rothen, N., Meier, B., & Ward, J. (2017). Enhanced memory: Insights from color synesthesia. Neuroscience & Biobehavioral Reviews, 77, 162-173.

Santrock, J. W.(2009). Perkembangan Anak (11nd ed.). Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Salemba Humanika.

Schnall, R., Rojas, M., Bakken, S., Brown, W., Carballo-Dieguez, A., & Larson, E. (2012). A user-centered model for designing consumer mobile health (mHealth) applications (apps). Journal of Biomedical Informatics, 44(6), 897-903.

Spence, I., Wong, P., Rusan, M., & Rastegar, N. (2006). How color enhances visual memory for natural scenes. Psychological Science, 17(1), 1-6.

Sujarwo, S & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh warna terhadap short-term memory pada siswa kelas VII SMP N 37 Palembang. Psikis, 3.

Sujarwo, S., & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh warna terhadap short term memory pada siswa Kelas VIII SMP N 37 Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 33-42.

Swallow, K. M., & Jiang, Y. V. (2010). The attentional boost effect: Transient increases in attention to one task enhance performance in a second task. Cognition, 115(1), 118-132.

Wichmann, F. A. (2002). The contributions of color to recognition memory for natural scenes. Jurnal Exp. Psychol Learn, Vol.28 (3), 509–520.

Wiswede, D., Rüsseler, J., Hasselbach, B., & Münte, T. F. (2007). Memory recall in arousing situations: An event-related potential study. BMC Neuroscience, 8, 18.

Wogalter, M. S., DeJoy, D. M., & Laughery, K. R. (2002). Warnings and Risk Communication. CRC Press.

Zhang, H., Tian, J., Liu, J., Li, J., Lee, K., & Wang, S. (2016). Neural mechanisms of face perception in children and adults: Evidence from ERP and fMRI. NeuroImage, 138, 231-240.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Fakhri, N., Agussalim, A. A. ., Buchori, S., Syaifullah, F. A.- zahrah ., Ridduan, N. B., & Rahmah, S. (2024). PENGARUH PERSEPSI WARNA TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 5374–5382. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28502

Issue

Section

Articles