FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYAKIT JANTUNG KORONER : LITERATUR RIVIEW

Authors

  • Nofi Susanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Asni Zahara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Nanda Fadillah Darus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Zulaila Zulaila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28417

Keywords:

Faktor Risiko, Penyakit Jantung Koroner

Abstract

Di Indonesia sendiri, penyakit jantung koroner sudah sangat umum. Di seluruh dunia, penyakit ini merupakan yang paling berbahaya, terutama di Indonesia. PJK sangat serius bagi manusia. Banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa hal-hal sederhana seperti mengonsumsi makanan yang tidak sehat, pola hidup yang tidak sehat, iman kita, dan adat istiadat dan budaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Penyakit jantung koroner menyebabkan pengecilan atau penghalangan pembuluh darah yang diakibatkan oleh gangguan maupun kehancuran pada lapisan dalam arteri koroner. Banyak orang tidak menyadari bahwa pjk diakibatkan oleh banyak faktor risiko. Metode penelitian ini menggunakan literature review atau kajian pustaka dengan menggunakan buku dan artikel jurnal yang relevan guna mengetahui apa saja faktor risiko yang ada pada penyakit jantung koroner. Aktivitas fisik yang kurang, berat badan berlebih, diabetes, hipertensi, merokok, stress, dan kolesterol tinggi merupakan contoh dari faktor risiko yang bisa dimoifikasi. Di sisi lain usia, jenis kelamin, dan keturunan merupakan faktor risiko yang tidak bisa dimoifikasi. Penyakit jantung koroner sudah banyak ditemui, terlebih di Indonesia, tetapi faktor-faktor penyebabnya banyak yang belum diketahui oleh banyak orang.Penyakit jantung koroner dapat kita cegah dengan memperhatikan makanan yang masuk dalam tubuh kita ,melakukan aktivitas fisik yang cukup ,tidak merokok dan menghindari faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung koroner.

References

Bachtia, L., Gustaman, R. A., & Maywati, S. (2023). FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) (Analisis Data Sekunder di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Subang). Jurnal Kesehatan komunitas Indonesia, 19(1), 52-60.

Cahyono, E. A., Sutomo., & Hartono, A. (2019). Literature Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan . Jurnal Keperawatan, 4(1), 1-12.

Marniati., Notoatmodjo, S., Kasiman, S., Rochadi, K. R. (2021). Lifestyle of Determinant: Penderita Penyakit Jantung Koroner. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Sandi, M. R., Martini, S., Artanti, K. D., & Widati, S. (2019). The Description of Modifiable Risk Factors in Coronary Heart Disease At Dr. Soetomo Regional Public Hospital. Jurnal Berkala Epidemiologi, 7(2), 85-93.

Tampubolon, L. F., Ginting, A., Turnip, F. E. S. (2023). GAMBARAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK) DI PUSAT JANTUNG TERPADU (PJT). Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(3), 1043-1052.

Utami, N. L., & Azam, M. (2019). Kejadian Penyakit Jantung Koroner pada Penderita Diabetes Mellitus. HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH RESEARCH AND DEVELOPMENT, 3(2), 311-323.

Yanti. (2019). Faktor-faktor Risiko Kejadian Penyakit Jantung Koroner pada Penderita Diabetes mellitus Tipe 2 (Studi Kasus di RSUP Dr. Kariadi Semarang). Semarang: Universitas Diponogoro.

Zahrawardani, D., Herlambang, K. S., & Aggraheny, H. D. (2019). Analisis Faktor Risiko Kejadian Penyakit Jantung Koroner di RSUP Dr Kariadi Semarang. Jurnal Kedokteran Muhammadiyah, 1(2), 13-20.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Susanti, N. ., Zahara, A. ., Darus, N. F. ., & Zulaila, Z. (2024). FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYAKIT JANTUNG KORONER : LITERATUR RIVIEW. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 4127–4222. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28417

Issue

Section

Articles