PENGARUH RENDAMAN AIR JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA

Authors

  • Rama Agustina Program Studi Kebidanan STIK Bina Husada, Palembang, Indonesia
  • Juni Harista Program Studi Kebidanan STIK Bina Husada, Palembang, Indonesia
  • Deby Utami Siska Ariani Program Studi Kebidanan STIK Bina Husada, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28215

Keywords:

Lansia, Rendaman air jahe, Tekanan darah

Abstract

Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman rempah-rempah dari famili Zingiberaceae yang memiliki banyak manfaat salahsatunya untuk kesehatan bisa menurunkan risiko penyakit kronis. Jahe mengandung senyawa antiinflamasi seperti gingerol yang dapat membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah. Peradangan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menaikkan tekanan darah. Penyakit hipertensi di dunia terus meningkat setiap tahunnya, diperkirakan pada 2025 akan ada 1,5 miliar orang yang terkena hipertensi. Diperkirakan juga setiap tahun ada 9,4 juta orang meninggal akibat hipertensi dan komplikasi. Di Indonesia angka kejadian hipertensi 60% terjadi pada lansia. Penelitian ini bertujuan diketahuinya pengaruh rendaman air jahe (Zingiber officinale) terhadap penurunan tekanan darah pada lansia di PMB Desi Fitriani Tahun 2023. Desain penelitian menggunakan rancangan quasy eksperimen tanpa grup control dengan pretest dan postest. Populasi adalah semua lansia di PMB Desy Fitriani yang mengalami hipertensi. Sampel menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 31 responden. Analisa data menggunakan uji t dependent. Hasil penilitian menunjukkan bahwa karakteristik responden berdasarkan usia dengan hipertensi yang diperoleh dari pretest dan postest. Hasil uji t pada hipertensi dengan rendaman air jahe didapatkan nilai sebesar 0,001 <0,000=5. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh pembrian rendaman air jahe terhadap penurunan tekanan darah pada lansia di wilayah kerja PBM Desy Fitraini.

References

Arneliasih, N. W. (2022). Asuhan Keperawatan Pasien Hipertensi Dengan Manajemen Kesehatan Keluarga Tidak Efektif Pada Keluarga Bp. Ns Dengan Pemberian Rebusan Zingiber (Jahe) Di Banjar Delod Peken Kabupaten Tabanan [PhD Thesis, Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan 2022]. http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/8978/

Effendy, H. V., & Sari, S. M. (2021). Pengaruh Pemberian Rendaman Air Jahe Pada Kaki Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia. Journals of Ners Community, 12(1), 34–42.

Handajani, A., Roosihermatie, B., & Maryani, H. (2010). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pola kematian pada penyakit degeneratif di Indonesia. Buletin penelitian sistem kesehatan, 13(1), 21301.

Herlina, R., Murhananto, E. J., Listyarini, S. P., & Pribadi, S. T. (2002). Khasiat dan Manfaat Jahe Merah: Si Rimpang Ajaib. Jakarta: Agro Media Pustaka.

Kemenkes, R. I. (2019). Hipertensi membunuh Diam-Diam. Ketahui Tekanan Darah Anda.

Kristiani, R. B., & Ningrum, S. S. (2021). Pemberian Minuman Jahe Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi Di Posyandu Lansia Surya Kencana Bulak Jaya Surabaya. Adi Husada Nursing Journal, 6(2), 117–121.

Lalage, Z. (2019). Hidup Sehat Dengan Terapi Air.

Munaeni, W., Mainassy, M. C., Puspitasari, D., Susanti, L., Endriyatno, N. C., Yuniastuti, A., Wiradnyani, N. K., Fauziah, P. N., Achmad, A. F., & Rohmah, M. K. (2022). Perkembangan Dan Manfaat Obat Herbal Sebagai Fitoterapi. Tohar Media. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=q9SUEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA81&dq=PERKEMBANGAN+DAN+MANFAAT+OBAT+HERBAL+SEBAGAI+FITOTERAPI&ots=O_hoMNE9CC&sig=UuVR0Fk2ApY7M16wSgcxPHpMqdk

Nadia, E. A. N. (2020). Efek pemberian jahe terhadap tekanan darah pada pasien hipertensi. Jurnal Medika Hutama, 2(01 Oktober), 343–348.

Nurpratiwi, N., Hidayat, U. R., & Putri, S. B. (2021). Rendam kaki air hangat jahe dalam menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi. Khatulistiwa Nursing Journal, 3(1), 8–19.

Putri, R. (t.t.). Penerapan Terapi Minuman Jahe Merah Dalam Menurunkan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Gampong Geuceu Meunara Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Diambil 31 Mei 2024, dari https://jurnals.akimba.ac.id/index.php/2022/article/view/97

Rafika Ramadhanti Vidya, R. (2020). Efektifitas Pemberian Rebusan Jahe Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura [PhD Thesis, STIKes Kusuma Husada Surakarta]. https://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/70/

Sani, F. N., & Fitriyani, N. (2021). Rendam Kaki Rebusan Air Jahe Merah Berpengaruh terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Hipertensi. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(1), 67–67.

Satyanand, V., Reddy, C. B., RamaMohan, P., Kumar, M. R., Narayanaswamy, D. L., Seelam, A., Ramalingam, K., & Rao, P. S. (2013). Effects of Garlic extract (Allium sativum) in combination with Amlodipine in mild to moderate essential hypertensive patients: An Open randomized parallel group study. J Pharmace Res Dev, 2(4), 181–188.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Agustina, R. ., Harista, J. ., & Ariani, D. U. S. . (2024). PENGARUH RENDAMAN AIR JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 3621–3625. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28215

Issue

Section

Articles