CHALLENGES AND OPPORTUNITIES FOR IMPLEMENTING THE EWARS SYSTEM IN INDONESIA : LITERATUR RIVIEW

Authors

  • Aurelia Editha Lesmana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Putri Oktamaria Sihole Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Anis Lusiana Anggreini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Melda Julianti Kiswanto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Diva Latifah Rochmah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Riswandy Wasir Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28185

Keywords:

SKDR, IMPLEMENTASI, CHALLENGES, OPPORTUNITIES, INDONESIA

Abstract

Ancaman pada triple burden berpengaruh terjadinya KLB. Sehingga penggunaan sistem kewaspadaan dini dan respons (SKDR) merupakan sistem survaliens yang digunakan sebagai alat pendeteksi terjadinya ancaman sehingga dapat meminimalkan angka kejadian yang berhubungan dengan KLB. SKDR dapat meningkatkan kemampuan surveilans dan respons terhadap penyakit. Artikel ini memberikan gambaran tentang implementasi EWARS di Indonesia, menyoroti efektivitasnya, tantangan yang dihadapi, dan strategi untuk peningkatan. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka, dimana data dari enam studi yang dilakukan antara tahun 2018 dan 2022 dianalisis untuk mengevaluasi kinerja sistem SKDR. Hasil menunjukkan bahwa tingkat akurasi yang luar biasa, dengan akurasi laporan mencapai 96,32% dan kelengkapan laporan mencapai 99,43%, yang menunjukkan kemampuan sistem untuk mendeteksi dan merespons wabah penyakit dengan cepat. Namun, tantangan masih ada, termasuk kesenjangan dalam pelatihan staf surveilans, keterbatasan infrastruktur, dan pelaporan yang tidak lengkap. Tantangan-tantangan ini menghambat operasi yang lancar dari EWARS, terutama di daerah-daerah dengan sumber daya terbatas dan beban penyakit menular yang tinggi. Strategi untuk mengatasi tantangan ini meliputi perluasan akses internet, peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan, dan penguatan kebijakan dan regulasi terkait penggunaan teknologi digital dalam surveilans kesehatan. Selain itu, pemanfaatan teknologi digital, seperti big data dan kecerdasan buatan, menawarkan peluang yang menjanjikan untuk meningkatkan efektivitas surveilans penyakit dan mempercepat deteksi wabah. Kesimpulannya adalah perlunya mengakhiri dengan menekankan pentingnya mengatasi tantangan yang ada dan memanfaatkan peluang untuk memaksimalkan efektivitas EWARS dalam menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah wabah penyakit di Indonesia.

References

Fitriani, H., Hargono, A., & Atoillah Isfandiari, M. (2023). Perkembangan Pemanfaatan Teknologi Digital Surveilans Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR)/EWARS Di Indonesia Development of Use of Digital Technology Surveillance System Early Awareness and Response (SKDR)/EWARS In Indonesia. In MAJALAH SAINSTEKES (Vol. 10, Issue 2).

Hardhantyo, M., Djasri, H., Nursetyo, A. A., Yulianti, A., Adipradipta, B. R., Hawley, W., Mika, J., Praptiningsih, C. Y., Mangiri, A., Prasetyowati, E. B., & Brye, L. (2022). Quality of National Disease Surveillance Reporting before and during COVID-19: A Mixed-Method Study in Indonesia. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(5). https://doi.org/10.3390/ijerph19052728

Kadari, N. K. S. D., & Kardiwinata, M. P. (2020). Implementasi Register Berbasis Elektronik Pada Skdr Untuk Mencegah Penyakit Berpotensi Klb Di Kota Denpasar Dan Kabu-Paten Buleleng Tahun 2019. Archive of Community Health, 7(1), 30. https://doi.org/10.24843/ach.2020.v07.i01.p04

Marullyta, A. (n.d.). Multidisciplinary Journal Evaluasi Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon Penyakit (SKDR) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2022 Evaluation of Early Warning Alert Response System (EWARS) Province of Yogyakarta in 2022. In Multidisciplinary Journal (Vol. 5, Issue 1).

Mersi K manurung, Sarce En Reo, Jerico F Pardosi, & David J Muscatello. (2020). Evaluation of the Indonesian Early Warning Alert and Response System (EWARS) in West Papua, Indonesia. Public Health, 9(2).

Wikansari, N., Santoso, D. B., Pramono, D., Widarsih, D. W., Yogyakarta, S. A., Gadjah Mada, U., Kesehatan, D., & Salatiga, K. (2019). EVALUASI PROGRAM EARLY WARNING ALERT AND RESPON SYSTEM (EWARS) DALAM PELAKSANAAN SURVEILANS KLB KOTA SALATIGA PROVINSI JAWA TENGAH. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan (J-MIAK, 02(01).

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Lesmana, A. E., Sihole, P. O., Anggreini, A. L., Kiswanto, M. J., Rochmah, D. L., & Wasir, R. . (2024). CHALLENGES AND OPPORTUNITIES FOR IMPLEMENTING THE EWARS SYSTEM IN INDONESIA : LITERATUR RIVIEW . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 4878–4887. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28185

Issue

Section

Articles