LITERATURE RIVIEW : ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BPJS KESEHATAN PADA KLINIK KOTA MEDAN

Authors

  • Risky Andreansyah Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara Medan
  • Dellya Silfani Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara Medan
  • Rezki Safitri Harahap Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara Medan
  • Shopiah Auzi Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara Medan
  • Sri Hajijah Purba Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28178

Keywords:

BPJS, Kebijakan, Pelayanan Kesehatan

Abstract

Kebijakan diterapkan pada setiap pelayanan salah satunya pelayanan kesehatan. Pemerintah telah menetapkan suatu kebijakan didalam pelayanan kesehatan yaitu dengan membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sebelumnya pemerintah harus menerapkan prinsip good governance yaitu berisfat profesionalitas, efsisensi, efektivitas, serta transparansi didalam pelayanan kesehatan. BPJS diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat untuk melaksanakan pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang diberikan harus selalu dievaluasi agar terciptanya mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah kepuasan pasien BPJS dipengaruhi oleh pelayanan kesehatan yang ada di Klinik Kota Medan. Pada penulisan artikel ini menggunakan metode literature review yaitu dengan mengumpulkan penelitian terdahulu terkait kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan pada Klinik di Kota Medan. Penelitian yang dikutip dari 10 tahun terakhir yang diakses melalui google scholar. Penelitian yang diambil berjumlah 10  penelitian yang dijadikan subjek penelitian. Seluruh penelitian terdahulu yang telah dikutip kemudian dianalisis, dibahas, serta disimpulkan berdasarkan hasil yang ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terdapat perbedaan antara tingkat kepuasan pasien BPJS dan pasien umum mengenai kualitas pelayanan. Hal ini perlu dievaluasi agar tidak terjadi perbedaan tingkat kepuasan antara pasien BPJS dengan pasien umum tentang kualitas pelayanan. dan dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien dalam konteks layanan kesehatan.

References

Aditya, R., Saragih, A. N., Yasmin, P., & Ivanna, J. (2023). Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Antara Pasien Umum dengan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan:(Studi Kasus Medan Denai). JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 3(1), 762-771.

Athiyyah, A., & Pane, A. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Klinik Medan Medical Center. Jurnal Bisnis Corporate, 6(2), 86-93.

Chinintyas, D. P., & Manalu, P. (2020). Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Pada Pelayanan Kesehatan di Klinik Haji Medan Mabar. Jurnal Kesehatan Global, 3(1), 1–8.

Gunawan, R., & Juanita, J. (2019). Analysis of Kota Medan ’ S Health Service Readiness in JKN Policy.

Lubis, R. A., Putri, A. D., Ginting, T., & . D. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sei Mencirim Medan Tahun 2020. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 3(1), 13–20. https://doi.org/10.35451/jkf.v3i1.467

Malik, A. A. (2019). Implementasi kebijakan diskresi pada pelayanan kesehatan badan penyelenggara jaminan kesehatan (bpjs). Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 8(1), 1-8.

Oktaningtyas, D. S. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Pada Klinik Hc Pedurungan. Jurnal Visi Manajemen, 8(3), 149-158.

Sinurat, S., Pane, J. P., & Siahaan, J. B. (2024). Gambaran Tingkat Kepuasan Layanan Pasien BPJS Di Klinik Pratama Santa Elisabeth Medan Tahun 2023. Jurnal Riset Ilmu Kesehatan Umum dan Farmasi (JRIKUF), 2(2), 11-19.

Solechan, S. (2019). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sebagai Pelayanan Publik. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 686-696.

Suprapto, S., & Arda, D. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas (Journal of Community Health Service), 1(2), 77-87.

Widodo, J. (2021). Analisis kebijakan publik: Konsep dan aplikasi analisis proses kebijakan publik. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Wulandari, D. I., dkk. (2022). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Pasien Bpjs Dengan Pasien Mandiri Di Kota Medan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 1227-1234.

Yuditia, A., dkk. (2023). Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional Oleh BPJS Berdasarkan Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jurnal Magister Ilmu Hukum, 6(1), 43-61.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Andreansyah, R. ., Silfani, D. ., Harahap, R. S. ., Auzi, S., & Purba, S. H. . (2024). LITERATURE RIVIEW : ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BPJS KESEHATAN PADA KLINIK KOTA MEDAN. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 3349–3356. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.28178

Issue

Section

Articles