ANALISIS KADAR ELEKTROLIT (NATRIUM, KALIUM, KLORIDA) DARAH PADA PASIEN DIARE DI RUMAH SAKIT

Authors

  • Hendri D4 Teknologi Laboratorium Medis, Universitas Binawan Jakarta
  • Wulan Fitriani Safa Program Studi Teknologi Laboratorium Medis, Universitas Binawan Indonesia
  • Apriani Riyanti Program Studi Teknologi Laboratorium Medis,Universitas Binawan Indonesia

Abstract

Diare adalah pengeluaran feses yang konsistensinya lembek sampai cair dengan frekuensi pengeluaran feses sebanyak 3 kali atau lebih dalam sehari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kadar elektrolit darah (natrium, kalium, klorida) pada pasien diare usia balita, anak-anak dan dewasa di RS Gandaria. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data skunder berupa rekam medis 68 pasien diare di RS Gandaria. Berdasarkan hasil pemeriksaan elektrolit darah (natrium, kalium, klorida) terhadap 68 pasien diare di RS Gandaria  dapat disimpulkan bahwa sebanyak 18 pasien (26,5%) memiliki kadar natrium rendah dan 50 pasien (73,5%) normal, sebanyak 20 pasien (29,4%) memiliki kadar kalium rendah, dan 48 pasien (70,6% )memiliki kadar kalium normal, sebanyak 11 pasien (16,2%) memiliki kadar klorida rendah dan 57 pasien (83,8%) memiliki kadar klorida normal. Secara umum nilai rata-rata kadar natrium, kalium dan klorida tidak berbeda pada pasien diare dengan jenis kelamin dan kelompok usia yang berbeda.

References

Adhiningsih YR, Athiyyah AF,Juniastuti J.Diare Akut pada balita di puskesmas kali kedinding Surabaya.Jurnal Ilmu Kesehatan 2019

Utami N, Luthfiana N.Faktor-Faktor yang mempengaruhi kejadian diare pada anak.2016

Kementrian kesehatan RI 2019

Wololi c V,Manopo JIC, Rampengan NH.Gambaran elektrolit serum pada anak dengan diare akut.e-Clinic.2016.

Wija IBEU,Mildi F, Monica SG. Kapita selekta dalam praktik disiplin ilmu kedokteran.Fakultas kedokteran Universitas Kristen Indonesia.2018

Tyas et al.Prevalensi Gangguan elektrolit serum pada pasien diare dengan dehidrasi usia kurang dari 5 tahun di RSUP Dr.Sardjito Tahun 2013-2016.2018.

Sumolang et al.Analisis air minum dan perilaku higienis dengan kejadian diare pada lansia di indonesia.Media penelitian dan pengembangan kesehatan.2019.

Wibisono et al.Analisis faktor resiko kejadian diare berulang pada balita di puskesmasSumberjambe kabupaten Jember.Journal of agromedicine and medical science.2020.

Downloads

Published

2021-12-30