PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA MENISKUS KNEE DEKSTRA DENGAN MODALITAS ULTRASOUND DAN TERAPI LATIHAN

Authors

  • sri Rahayu politeknik piksi ganesha
  • shelly novianti ismanda politeknik piksi ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v2i4.2730

Abstract

Meniskus merupakan suatu kondisi dimana terjadi robek atau pecahnya tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan  atau peredam tekanan pada sendi lutut, cedera meniskus memiliki dua jenis penyebab yaitu traumatik dan faktor degenerativ. Cedera meniskus diakui sebagai penyebab morbiditas muskuloskeletal yang signifikan. Meniskus sangat penting untuk fungsi normal dan kesehatan jangka panjang dari sendi lutut. Tanda dan gejala yang sering terjadi  pada meniskus diantaranya terdapat pembengkakan terutama pada bagian lutut, nyeri di sepanjang garis sendi lutut dan lutut terasa seperti terkunci. Cedera meniskus sering terjadi akibat beban berlebih ketika beraktifitas dan berolahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat ultrasonik dan terapi latihan dalam mengurangi nyeri, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan lingkup gerak sendi serta meningkatkan fisiologis lutut pada kondisi meniskus. Penelitian dengan metode analisis deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan metode auto anamnesis. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan subjek penelitian ini adalah pasien dengan diagnosa meniskus knee dekstra yang menggunakan modalitas ultrasound dan terapi latihan yang dilakukan selama 6 kali pertemuan. Setelah dilakukan terapi sebanyak 6 kali (T1–T6) didapatkan hasil adanya penurunan nyeri gerak pada lutut dari 3 menjadi 0 dengan menggunakan VAS. Peningkatan kekuatan otot lutut dengan MMT,  kekuatan otot fleksor dari 3 menjadi 5 dan kekuatan dan otot exstensor  dari 3 menjadi 5. Peningkatan kemampuan fungsional, dengan  Lysholm Knee Scoring Scale dari skor 61 menjadi 95. Terapi dengan menggunakan modalitas ultrasound serta terapi latihan dapat mempercepat penururnan nyeri, peningkatkan kekuatan otot, peningkatkan lingkup gerak sendi serta peningkatkan fisiologis lutut pada kondisi meniskus.

Author Biographies

sri Rahayu, politeknik piksi ganesha

d3 fisoterapi

shelly novianti ismanda, politeknik piksi ganesha

Arsitektur Kesehatan D3 Fisioterapi

References

beaufis, p & verdonk R. 2010 the meniscus.

Brukner Peter & Kahn Karim (2011) Clinical Sports Medicine (3rd edition) Australia:McGraw Hill

Elsevier Health Sciences (2008) Electrotherapy E-Book: evidence-based practice, Edition 12. twelfth. Edited by Tim watson. 22 februari 2008.

Frizziero, A. et al. (2012) ‘The meniscus tear: State of the art of rehabilitation protocols related to surgical procedures’, Muscles, Ligaments and Tendons Journal, 2(4), pp. 295–301.

Kisner C & Colby L.A (2016) Terapi Latihan:dasar dan Teknik Vol 1 (edisi 6)

(Ghani Nur Aisyah) Jakarta :EGC

Kisner C & Colby L.A (2016) Terapi Latihan:dasar dan Teknik Vol 3 (edisi 6)

(Ghani Nur Aisyah) Jakarta :EGC

Makris, E. A., Hadidi, P. and Athanasiou, K. A. (2011) ‘The knee meniscus: Structure-function, pathophysiology, current repair techniques, and prospects for regeneration’, Biomaterials, pp. 7411–7431. doi: 10.1016/j.biomaterials.2011.06.037.

Novitasari, A. (2016) ‘Definisi Atlet’, Definisi Atlet, (3), pp. 1–12. Available at: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/125443-S-5720-Hubungan karakteristik-Literatur.pdf.

Rahmaniar, A. (no date) Adinda Rahmaniar: Identifikasi Cedera Olahraga Pada Atlet Sepakbola Freedom FC Makassar IDENTIFIKASI CEDERA OLAHRAGA PADA ATLET SEPAK BOLA FREEDOM FC MAKASSAR.

Rofifah, D. (2020)’, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, pp. 12–26.

Santoso (2018) sport Injury.

Satria, ALi dan Priyonoadi, B. (2012) ‘Terapi Massage Frirage’, pp. 1–95.

Downloads

Published

2021-12-31